Soal BIN kelas 9
Semester Genap 2015-2016 (paket 1)
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca Sastra
|
Menulis Terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
Paragraf
|
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
|
Siswa mampu
- menentukan makna kata/kalimat pada teks (43)
- menentukan informasi tersurat teks (3, 4)
- menentukan bagian teks (41, 46)
|
Siswa mampu
-
menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel (13)
- menentukan bagian cerpen dan fabel (19)
|
Siswa mampu
- melengkapi teks
dengan kata atau
kalimat (33, 45)
|
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan
penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf (11)
|
Siswa mampu
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
atau tanda baca (15, 35, 36,
40)
|
Aplikasi
· Menunjukkan bukti
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasikan
· Menggunakan
· Menyusun
|
Siswa mampu
- menentukan ide pokok teks (1, 2)
- menyimpulkan isi teks (5)
- menyimpulkan pendapat (pro/kontra) (6)
- meringkas isi teks (7)
|
Siswa mampu
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel (42)
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel (10, 14,
16)
- menyimpulkan sebab/akibat konflik (12, 20, 21)
|
Siswa mampu
- menyusun urutan
kalimat berbagai jenis
teks (30,32)
- melengkapi kata,
kalimat, paragraf (23,24)
|
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat (50)
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata) (48)
|
Siswa mampu
- menggunakan ejaan (29)
- menggunakan tanda
baca
|
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
|
Siswa mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis teks (8)
- menilai keunggulan/kelemahan karya sastra (37)
|
Siswa mampu
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel (44)
- membandingkan penggunaan bahasa
cerpen dan fabel
- mengomentari isi, pola pengembangan/ bahasa (17)
|
Siswa mampu
- mengubah teks ke
dalam bentuk lain (28)
- menulis teks singkat
sesuai dengan
konteks (34)
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
(40, 49)
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf (27,
39)
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca (18, 25, 31, 38)
- menentukan alasan
Kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca (22)
|
Keterangan
Jenis teks yang digunakan
adalah:
Teks laporan (berita), eksposisi, ulasan (resensi),
biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabeL
1.
Begitu banyak
sekolah dan universitas tak memiliki buku yang memadai. Penerbit-penerbit buku
umumnya miskin karena kebiasaan masyarakat rendah. Padahal, orang berkata, maju
mundurnya sebuah bangsa/lembaga bergantung pemimpinnya. Celakanya, para
pemimpin negeri ini nyaris tak pernah bicara tentang buku-buku, kecuali
Presiden Sukarno (Bung Karno) yang dikenal kutu buku.
Masalah-masalah
yang dihadapi negara dan bangsa ini makin hari akan makin pelik. Kita jelas
membutuhkan para pemimpin yang tegas, berwibawa, dan makin luas pengetahuannya.
Para
pemimpin yang taktis bertindak dan memiliki banyak pemikiran alternatif dan visioner dierlukan untuk memimpin Indonesia.
Makna kata bercetak miring pada paragraf ke-2 tersebut adalah….
A. berjiwa yang tangguh
B.berwawasan ke depan
C.berhayal yang baik
D. bermimpi yang indah
2.
Ternyata tidak sulit untuk menyegarkan mulut, cukup
dengan mengandalkan garam dan jeruk nipis maka mulut tidak hanya segar tapi
juga sehat. Demikian pernyataan pakar tumbuhan dan obat tradisional Dr.
Setiawan Dalimartha. Baginya pola
hidup back to nature semakin digemari dewasa ini.
Pernyataan yang sesuai dengan kalimat yang bercetak
miring di atas adalah …
A.
Kembali
pada pola hidup alami banyak disuka orang sekarang.
B.Kebiasaan pola makan yang baik bermanfaat
bagi manusia.
C.Pola hidup yang asli banyak diikuti orang sekarang.
D. Pola hidup menentukan kesehatan hidup
manusia.
3.
Bacalah teks biografi tokoh berikut ini!
Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan muslim yang
terkenal di dunia. Ibnu Sina lahir pada bulan Shafar 370 H atau di bulan
Agustus 985 M. Keluarga Ibnu Sina kebanyakan bekerja dengan mengabdi pada
negara. Ayahnya bekerja di pemerintahan, selain itu juga sebagai pendidik.
Sejak kecil sang ayah mengajarinya untuk cinta ilmu. Oleh sang ayah, Ibnu Sina
diajari quran dan sastra. Seorang guru pun didatangkan khusus untuk mengajari
Ibnu Sina menghafal Alquran di usia 10 tahun Ibnu Sina telah berhasil menghafal
isi Alquran dan mendalami berbagai karya sastra. Di samping itu Ibnu Sina juga
tekun dalam mempelajari ilmu fiqih dan filsafat. Dengan semangat yang tinggi,
Ibnu Sina tidak keberatan harus bolak-balik ke rumah gurunya.
Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf di atas
adalah….
A. Ibnu Sina bekerja dengan mengabdi pada negara
dan pendidikan.
B.Ibnu Sina memiliki kecerdasan luar biasa dalam menghafal Alquran.
C.Ibnu Sina belajar ilmu fiqih dan filsafat
kepada ayahandanya sendiri.
D. Ibnu Sina dan ayahnya dikenal sebagai ilmuwan
muslim di dunia.
4.
Cermati paragraf berikut!
Ahmad
Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang,
Banyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari berasal dari keluarga santri. Ayahnya
seorang kiai dan ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga
Ahmad Tohari tidak kekurangan. Namun lingkungan, masyarakat di sekitarnya
mengalami kelaparan.
Ahmad
Tohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jantera Bianglala (1986). Karya-karyanya
mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Bekisar Merah, Ahmad Tohari meraih
hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.
Keistimewaan
tokoh tersebut adalah....
A. sastrawan yang tanggap terhadap bencana
kelaparan
B. pernah mendapat julukan dan penghargaan
C. penulis novel dari keluarga santri di
pedesaan
D.
penulis
novel yang terkenal dengan karya triloginya
5.
Konon
dalam kelakarnya, Gus Dur berkata, “Hanya ada 3 polisi jujur di Indonesia:
patung polisi, polisi tidur, dan Hoegeng.
Nama lengkapnya Hoegeng Imam Santoso, lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921. Ia dikenal sebagai tokoh kepolisian yang sangat
jujur. Namanya kerap dijadikan simbol teladan kejujuran di kepolisian. Ia
menjadi Kapolri tahun 1968--1971. Banyak perubahan besar dilakukan pada institusinya.
Hal
yang patut diteladani dari tokoh kutipan teks biografi tersebut adalah....
A. mengajarkan kejujuran pada polisi
B. simbol keteladanan bagi semua
C.
menegakkan
kejujuran
D. melakukan perubahan di kepolisian
6.
Bacalah bagian teks ulasan berikut !
Novel Surat Kecil Untuk Tuhan ini
didasarkan pada kisah nyata. Sang penulis mengemas perjuangan Keke melawan
kanker dengan baik. Meskipun pada beberapa bagian, ia terlalu memaksakan pesan
moral masuk pada dialog sehingga mengacaukan latar. Walaupun demikian, buku ini tetap memberi spirit bagi generasi
muda untuk selalu tegar dan berani
menghadapi kesulitan dalam kehidupan.
Kutipan
teks ulasan tersebut merupakan bagian ….
A.
pendahuluan
B. sinopsis
C.
identitas buku
D. simpulan
7.
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Di saat berlari-lari seperti itu, tiba-tiba
Amir tersungkur. Kepalanya membentur bangku taman. Sambil memekik kesakitan ia memegang
kepalanya. Matanya berkunang-kunang. Mungkin obsesi masa
kecilnya yang begitu mendalam yang akhir-akhir ini muncul menguasai dirinya. Setelah
di rumah sakit, ia baru menyadari sesuatu telah terjadi menimpa dirinya.
Makna kata bercetak miring dalam kutipan
cerpen tersebut adalah…
A.
Perasaan yang
merasuki pikiran
B. keinginan
untuk memiliki sesuatu
C.
keinginan
untuk berbuat sesuatu
D. perasaan
yang ada di masa lalu
8.
Bacalah kutipan fabel berikut!
Di
dalam lubang itu ada tiga ekor anak harimau yang terjebak. Mereka tak bias
keluar. Melihat binatang yang dia temukan bias membahayakannya, dia pun
tertegun sejenak. Terjadilah pergulatan
dalam batinnya. Satu sisi dia kasihan pada hewan itu dan ingin menolongnya,
tetapi di sisi lain ketakutan juga menyelimuti hatinya.
Kata yang bercetak tebal di
atas mengandung makna….
A.
perselisihan
B. pergumulan
C.
perhatian
D.
perasaan
9.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
”Kalian ini mau jadi apa? Ini lagi ada yang manjangin rambutnya.
Kamu mau jadi cewek hah!” katanya dengan tatapan tajam. Aku dan beberapa
temanku menjadi diam terpaku. Keringat dingin bercucuran di keningku hingga
membasahi kerah bajuku. Setelah dimarahi dan diberi peringatan, kami disuruh
untuk memotong rambut. Besok kami harus melapor kembali ke guru yang
bersangkutan tadi.
Keesokan harinya, aku datang dengan potongan
rambut baru. Aku sudah memotong rambutku dengan potongan mohak tren masa itu.
Kemudian, aku melapor kepada guru BP. Beliau mengatakan bahwa rambutku masih
kurang pendek. Beliau menyuruhku memendekkan rambutku lagi. Dengan hati kesal,
aku mengiyakan saja sambil tertunduk takut. Sepulang sekolah, aku langsung pergi
ke salon untuk memotong rambut lagi. Kali ini aku akan mengejutkannya biar
beliau puas.
Pernyataan yang menunjukkan tokoh aku patuh
adalah…
A.
Tokoh
aku memotong rambutnya hingga dua kali atas permintaan guru BP.
B. Tokoh aku diam/kesal terpaku dengan keringat dingin bercucuran di
keningnya.
C. Tokoh aku memotong rambutnya dengan potongan
mohak yang sedang tren.
D. Tokoh aku dimarahi dan diperingatkannya oleh
guru BP agar memotong rambutnya.
10. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Pada waktu
istirahat sekolah Aqila bersama kedua temannya, Zakiy dan Lely, berjalan menuju
ke kantin. Sesampainya di kantin Aqila seperti biasanya membeli jajanan. Aqila
tidak sempat berpikir akan keputusannya yang dibuat kemarin. Aqila diingatkan
oleh Lely dan menurutinya. Hati riuh sedang menggelayuti hatinya. Sikap yang
Aqila pilih ternyata memberikan hikmah tersendiri baginya.
Watak tokoh Aqila digambarkan melalui ….
A.
penjelasan langsung oleh
penulis
B. dialog dengan tokoh lain
C. pelukisan tindakan
D. diceritakantokoh lain
11. Bacalahkutipanfabelberikut!
Pelajaran untuk Anak Tupai
Ibu Tupai mempunyai dua anak. Ia sangat khawatir karena
binatang-binatang seperti ular dan elang ingin memangsa anaknya.
“Dengar anakku sayang.Kamu jangan pernah keluar sarang saat ibu tidak ada di sekitar sini! Ujar Ibu Tupai kepada anaknya.
“Baik, Bu. Saya akan mengikuti nasihatmu. Saya
berjanji untuk tidak keluar sarang ketika tidak ada ibu,” kata anak tupai.
Pada awalnya, anak tupai agak enggan. Namun, tak lama
kemudian, ia setuju. Ia tidak mematuhi ibunya. Keduanya mulai bermain dengan
gembira. Mereka tidak mengetahui kedatangan seekor elang yang kelaparan. Elang
itu bermaksud menyerang dan memangsa anak tupai.
Tiba tiba ibu tupai kembali pulang dan melihat anaknya
dalam bahaya. Ibu Tupai menaiki kepala elang dan mencakar matanya.
Pelajaran
yang dapat dipetik dari kutipan fabel tersebut adalah
….
A. Tetaplah di dalam rumah jika orang tua sedang bekerja keluar
rumah.
B. Jangan membantah perkataan orang tua karena orang tua lebih
mengerti
C. Jangan melanggar larangan orang tua jika tidak ingin terkena
bahaya.
D. Orang tua pasti akan melindungi anaknya sekalipun harus bertaruh
nyawa
12. Junk food adalah
sebutan lain bagi[...] cepat saji, yang mungkin sudah tidak asing lagi di
telinga kita. Makanan ini disebut makanan
siap saji karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk disajikan. Makanan
cepat saji umumnya memiliki [...] menggoda. Makanan
ini paling sering membuat [...] setelah makan
pertama kali terutama anak-anak. Anak-anak akan minta dibelikan makanan junk food terus-menerus. Anak-anak biasanya juga suka
meniru teman-teman mereka yang makan makanan seperti itu.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut berturut-turut
adalah....
A. minuman, bau, kecanduan
B. pangan, rasa, lapar
C. camilan, aroma, sakit
D.
makanan,
rasa, ketagihan
13. (1) Seorang
manager harus mengetahui pentingnya
manajemen kinerja.(2) Bagian terpenting dalam tata kelola tmanajemen kinerja adalah perencanaan. (3) Sikap pertama yang
harus dilakukan dalam tata kelola manajemen kinerja ini
adalah menetapkan tujuan atau sasaran.
(4) Bentuk paling umum manajemen kinerja ini adalah produktifitas sumber daya manusia.
Penggunaan kata yang
tidak tepat terdapat pada kalimat ….
A.
(1) dan (2)
C.
(1) da (4)
B.
(1) dan (3)
D.
(2) dan (3)
14. Penggunaan ejaan yang kurang tepat terdapat
pada kalimat …
A.
Saya suka
menonton tayangan film Sang Penari
B. Film
Surga yang
Tak Dirindukan dibintangi oleh oleh Ludya Chintya Bella
C. Tokoh
film Bulan Terbelah Di Langit Amerika adalah Hanum
D. Film
Cinta Suci Zahrana diangkat dari
novel karangan Habiburrahman El Shirazy
15. Penggunaan
tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat...
A.
Para
pengungsi memerlukan: sembako, obat-obatan, dan selimut.
B. Hanya
ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan:
hidup atau mati.
Hanya
ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan,
yaitu hidup atau mati.
C. Fakultas
itu mempunyai dua jurusan: Jurusan Ekonomi Akuntansi dan Jurusan Ekonomi
Perusahaan.
D. Tata
membawa keperluan mandi: handuk, sabun, pasta gigi, dan sikat gigi.
16. Bacalah paragraf berikut!
Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Proses berkembang biak amoeba tidak membutuhkan perkawinan.
Dengan kata lain, amoeba tidak perlu amoeba lain untuk berkembang biak karena
hewan ini memiliki sebuah sel yang disebut inti sel. Sel inilah yang
nantinya akan membelah menjadi dua. Sel tersebut akan memisah dan membentuk dua
kutub yang saling menjauh. Pada sel inti hampir benar-benar terpisah,
terbentuklah dua buah amoeba yang akan saling melepas astu sama lain. Proses
pembelahan sel ini memerluan waktu yang relatif lama.
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah….
A.
proses
perkembangbiakan amoeba
B.
pembelahan
sel menjadi dua
C.
cara
perkembangbiakan amoeba
D.
perkembangbiakan
dengan belah diri pada amoeba
17.
Bacalah paragraf
berikut!
Seiring perkembangan zaman banyak budaya
dari berbagai negara lain masuk ke Indonesia. Budaya yang masuk tersebut tidak
akan mudah diterima oleh masyarakat sekitar. Mereka akan saling bergesekan.
Mereka masih membutuhkan proses dan kecocokan pada budaya tersebut. Inilah
pengaruh positifnya.
Dengan masuknya budaya asing, terjadilah
percampuran budaya di antara dua budaya tersebut. Budaya yang masuk akan
bercampur dengan budaya setempat. Terciptalah budaya baru. Kemunculan budaya
baru ini memungkinkan pengaruh negatif bagi masyarakat sekitarnya.
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah…
A. Masyarakat membutuhkan proses panjang untuk menerima
kecocokan pada budaya asing.
B. Budaya yang masuk akan bercampur dengan budaya
setempat sehingga terciptalah budaya baru.
C. Budaya asing yang diterima masuk ke
Indonesia memberikan dampak positif dan negatif pada budaya setempat.
D. Budaya yang masuk sesuai dengan budaya setempat dapat
memberikan dampak positif pada budaya setempat.
18. Bacalah
paragraf berikut dengan cermat!
Merokok di kalangan pelajar sudah menjadi perilaku yang sangat
memprihatinkan bagi negara Indonesia. Perilaku ini disebabkan pengaruh
lingkungan sekitar. Hampir sebagian perokok di
Indonesia adalah kalangan pelajar, baik di tingkat SMP maupun SMA. Perilaku
ini disebabkan faktor kebiasaan yang dijalaninya sejak lama. Merokok di
kalangan pelajar tentu membawa dampak dan pengaruh bagi pelajar tersebut dan
lingkungn mereka. Oleh karena itu, langkah antisipasi harus kita siapkan. Kita
bisa mulai dari lingkungan sekolah. Antisipasi tersebut dapat dimulai dengn
tidak memberi contoh kebiasaan merokok di sekolah.
Tanggapan kritis
positif berdasarkan teks tersebut adalah…
A. Saya setuju bahwa merokok membawa dampak
buruk bagi pelajar. Kita harus segera mengantisipasinya. Salah satunya dengan
memberikan contoh tidak merokok di lingkungan sekolah.
B. Saya setuju bahwa merokok tidak menguntungkan kita
semua. Kita seharusnya menggunakan uang
untuk membeli sesuatu yang bermanfaat daripada menggunakannya untuk
membeli rokok.
C. Saya setuju jika merokok di kalangan pelajar
memberikan dampak negatif di kalangn pelajar. Akan tetapi, jika pabrik rokok
ditutup, dampaknya akan begitu luas.
D. Saya setuju jika merokok memberikan dampak negatif.
Sebaiknya pemerintah membuat peraturan tegas mengenai larangan merokok agar
masyarakat bisa menghentikan kebiasaan merokok.
19. Cermatilah
kutipan teks laporan berikut!
Pengembiakan tanaman dapat dilakukan melalui
pencangkokan. Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya.
Pencangkokan untuk mendapatkan keturunan yang lebih pada suatu tumbuhan
sehingga pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut kurang maksimal. Misalnya,
pencangkokan tumbuhan mangga dapat menghasilkan kualitas buah mangga yang lebih
baik daripada mangga yang tidak dicangkok. Selain itu, hasil pencangkokkan
memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat.
Ringkasan isi
teks tersebut adalah … .
A. Pengembangbiakan tanaman dapat dilakukan
dengan mencangkok
B.
Pemanfaat lebih maksimal dengan cara
mencangkok?
C.
Pengembangbiakan tanaman mangga lebih baik
dengan mencangkok
D.
Pengembangbiakan
tanaman dengan mencangkok memiliki banyak kelebihan.
20. Cermatilah
kutipan cerpen berikut.
(1)Samar-samar
Sersan Kasim mendengar suara derau sungai
di bawah. (2) Dia bayangkan kesunyian malam yang aman dirobek-robek oleh
letusan senjata. (3) Dia bayangkan kompinya terjebak di tengah-tengah sungai,
tak berdaya. (4) Tatkala itu Acep bergerak=gerak dalam gendongan bapaknya. (5)
Kasim merasa anaknya menyusup-nyusupkan kepala di dadanya, ke ketiaknya,
seakan-akan mencari perlindungan yang lebih aman.
Makna kata simbol suara derau sungai pada kalimat pertama adalah….
A.
kesal C. risau
B.
sedih D. cemburu
21. Cermatilah
kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomo 21dan 22
Saat pertengahan keledai dengan santainya
berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat
rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan
itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi.
Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda
pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau
meminumnya. “Kenapa kamu tidak mau
meminum air ini saja?” kata kuda
“Aku
tidak haus,” jawab keledai
Kuda
memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun
jatuh tertidur. “Hmmm…benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku,” batin
Kuda.
Simpulan makna simbul dalam fabel di atas
adalah ….
A. Jangan
mudah percaya terhadap orang lain
B.
Jangan
menganggap siapa pun lemah
C.
Berhati-hatilah
terhadap orang yang baru dikenal
D.
Berbuat
baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.
22.
Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang
yang ….
A.
tangkas
B.
hebat
C.
kuat
D.
waspada
23. Singa
pergi berburu bersama tiga binatang lain. Bersama-sama mereka mengepung dan
menangkap rusa. Dengan kesepakatan bersama tiga binatang lainnya, singa membagi
hasil buruan menjadi empat. Ketika setiap hewan mau mengambil bagiannya singa
menghentikan mereka.” Tunggu. Karena aku anggota tim perburuan aku mengambil
satu. Dan karena aku dianggap menjadi raja hutan maka aku juga menerima bagian
yang kedua. Dan karena aku yang paling berani dan kuat aku mengambil lagi
bagian ketiga. Dan yang bagian ke empat kamu bagi bertiga.”
Isi cerita fabel di atas adalah ....
A.
Singa pemimpin
pemberani dan kuat
B.
Singa
raja hutan
C.
Keserakahan jika sudah
berhubungan dengan pembagian keuntungan
D.
Seorang
pemimpin memiliki hak penuh untuk mengatur
24. Sekarang kami
tepat di bawah pohon beringin. Suasana
semakin menambah seram.Aku mendonngak ke atas,terlihat sinar matahari mulai
berkurang karena terhalangi oleh dahan
dedaunan beringin yang menjulang tinggi. Ku amati sekeliling jalan yang membuat
bulu kuduk ku berdiri. Mimik muka kami berubah katakutan. Jalan aspal sudah
tidak terasa mulus lagi. Karena banyak jalan yang rusak. Lalu kami putuskan
untuk menuntun sepeda. Karena takut terjatuh.
Dedaunan
yang kering maupun basah sudah tidak bisa di bedakan lagi .Semua berbaur
menjadi satu di jalanan. Banyak batu-batu besar yang sudah berlumut di tepi
jalan. Tiba-tiba ada seekor kucing hitam
polos berlari menyeberang di depan kami. Kami menjerit keras. Jantung kami
serasa ingin meloncat keluar. Nafas ku mulai tersenggal-senggal tidak karuan.
Ku coba mengatur nafas ku terlebih dahulu sebelum meneruskan perjalan.
“Aku
takut..kenapa jalan nyapanjang sekali? dari tadi belum sampai” Keluh Sekar yang
masih ketakutan .
Penyebab
konflik dalam kutipan cerpan tersebut adalah....
A. Pergi ke rumah teman untuk menjenguk dan
mengerjakan tugas
B.
Melewati
pohon beringin di tengah jalan yang jauh dari penduduk
C. Beberapa anak ketakutan melewati pohon
beringin di jalan yang rusak
D. Ketegangan dan kegembiraan terhadap
petualangan pohon beringin
25. Cermati kalimat-kalimat berikut.
1. Tali dipotong menjadi dua bagian. Tiap bagian
dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali.
2. Buatlah simpul datar.
3. Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah
simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
4. Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan
simpul. Buatlah fariasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu gunakan tambahan
aksesori lain.
5. Ikat rambut siap di di gunakan.
Urutan kalimat kalimat tersebut agar menjadi teks
prosedur cara membuat ikat rambut yang baik adalah....
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (1), (3), (2), (4), (5)
C. (1), (4), (2), (3), (5)
D. (3), (1), (2), (4), (5)
26. Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Tertib lalu lintas seharusnya sudah diterapkan sejak dini kepada generasi
penerus. Di Bandung bisa dipastikan jarang sekolah taman kanak-kanak (TK)
yang menyediakan fasilitas itu. Polwitabes Bandung mencoba menerapkan konsep
tersebut di TK 36 Yayasan Kemala Bhayangkari. Penerapan tersebut berupa
pembuatan Taman Mini Lalu Lintas (TMLL) berukuran 5x10 m2 yang dilengkapi
rambu-rambu, jembatan, persimpangan lampu merah dan lain-lain. Oleh karena
itu, ( … )
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah …
A.
Kita
dukung pembangunan Taman Mini Lalu Lintas di TK.
B.
Langkah
Polwiltabes Bandung perlu dijadikan percontohan.
C.
TMML
tidak cukup hanya disediakan di TK Kemala Bhayangkari.
D.
Keberadaan
Taman Mini Lalu Lintas di TK sangat diperlukan.
27. Perhatikan teks berikut dengan saksama!
Selain akibat
sebagian besar rumahnya yang masih terbuat dari bahan-bahan yang mudah
terbakar seperti kayu dan tripleks, ancaman kebakaran di kawasan-kawasan kumuh
juga terjadi akibat kekurangpengertian warganya akan bahaya api. Sementara
itu di pasar-pasar tradisional sumber bahaya berasal dari bangunan yang
umumnya sudah tua dan kurang terpelihara. Sementara itu, pengawasan oleh
aparat pemerintah maupun instalasi listrik kurang memadai. Untuk itu, ( … )
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah…
A. Kita harus
memberitahu supaya warga di kawasan
kumuh itu pindah ke rumah susun.
B.
Rumah
yang terbuat dari kayu dan tripleks perlu diperbaiki agar tidak mudah terbakar.
C. Timbulnya kebakaran
karena ulah mereka sendiri.
D. Dari pihak pemerintah
tidak perlu ada pemantauan.
28. Cermatilah
kutipan teks berikut!
Meutia
Hatta, anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013
ini bertujuan membentuk [...] generasi berkualitas, cinta tanah air dan
bangsanya. Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran [...] siswa
dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai
[...] bangsa Indonesia dan berkualitas.
Istilah-istilah
yang tepat untuk melengkapi secara urut bagian rumpang teks tersebut adalah ...
A.
sosok,
sebagian, kepribadian
B.
karakter,
semua, gaya
C.
karakter, aktif, jati diri
D.
sosok,
aktif, gaya
29. Kebakaran
hutan berskala besar cukup sulit [...]. Kadang-kadang [...] waktu hingga
berminggu-minggu agar semua titik api bisa padam. Pada kondisi tertentu,
kebakaran masih terus berlangsung di dalam tanah meskipun api di permukaan
telah berhasil dipadamkan. Tanah tetap [...] asap pekat dan sewaktu-waktu api
bisa meletup kembali ke permukaan. Kebakaran hutan menjadi penyumbang terbesar
laju deforestasi.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.
memadamkan,
dibutuhkan, pengeluaran
B.
memadamkan,
membutuhkan, dikeluarkan
C.
dipadamkan,
dibutuhkan, dikeluarkan
D.
dipadamkan, membutuhkan, mengeluarkan
30. Seorang atlit
terjatuh dari ketinggian. Terpaksa dia harus meninggalkan jadwal berlatih.
Dia berobat dan harus antre obat di apotek.
Kata bercetak miring
yang benar adalah ...
31. Penggunaan tanda baca yang benar terdapat pada
kalimat ...
A. Contoh kenakalan remaja, antara lain:
minum-minuman keras, narkoba, pergaulan bebas, dan lain-lain.
B.
Bunglon tidak hanya berjenis
hewan reptil tapi, juga termasuk carnivora.
C.
Akibat kerusuhan “Sarinah
Jakarta” membuat dolar capai Rp. 14.000,00
D.
Metode dalam berpidato adalah
membaca; menghapal; impromtu; dan ekstemporan.
32. Cermatilah kutipan teks prosedur dan teks
laporan berikut!
Teks prosedur
Cara
membuat jamur krispi
1) Suwir
jamur dengan lebar 2-3 cm, rebus selama 3-5 menit
2) Tambahkan
sedikit garam, angkat dan tiriskan.
3) Campurkan
tepung bumbu dan lada aduk jadi satu dan sisihkan.
4) Masukkan
dan baluri jamur dengan tepung yang sudah dicampur sebelumnya.
5) Setelah
dibaluri tepung, goreng hingga kecoklatan dan tiriskan.
6) Jamur
krispi siap dihidangkan.
Teks laporan
Disebut Ketep Pass karena terletak di sebuah bukit di
Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Ketep
Pass terletak di antara Gunung Merapi dan Merbabu pada ketinggian 1.200 m.
lokasinya yang berada di antara kedua gunung itu menjadi kian strategis karena
dari tempat itu kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah..
Teks prosedur
|
Teks laporan
|
|
A.
|
kalimat
tunggal
|
kalimat
majemuk
|
B.
|
menggunakan kalimat inversi
|
adanya frase atau kelompok kata
|
C.
|
menggunakan istilah ilmiah
|
menggunakan kalimat perintah
|
D.
|
menggunakan kata kiasan
|
menggunakan kata hubung
|
33. Cermatilah kutipan teks ulasan dan teks
eksposisi berikut!
Teks ulasan
Film” Ayat-Ayat Cinta yang disutradarai Hanung Bramantyo
ini menceritakan tentang kisah bagaimana seharusnya memperlakukan wanita dan
bagaimana seharusnya kita bersikap dalam kehidupan sehari-hari.Sikap Fachri
yang selalu menerapkan nilai-nilai keimanan dalam kehidupannya perlu kita ikuti,
apalagi sikap Maria yang sopan, lembut, beretika. Selain itu, sikap Aisa yang
tulus ikhlas juga merupakan sikap-sikap yang perlu kita teladani sebagai orang
beragama.
Pada film Ayat-Ayat Cinta sutradara Hanung Bramantyo ini terdapat
nilai-nilai budaya yang meliputi nilai pendidikan, agama, status sosial,
kebiasaan sehari-hari, dan seni budaya yang dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan
yang bernilai positif yang dapat diteladani dalam kehidupan sehari-hari.
Teks eksposisi
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal
dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai 21 tahun. Pada masa
itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada
kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter ini dapat membentuk mereka menjadi
remaja yang berprestasi.
Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius,
toleransi, dan nilai cinta damai. Diharapkan remaja dapat tumbuh sebagai manusia
yang peka pada lingkungan sosial, mempunyai sifat pengasih, berbudiluhur, dan cinta
damai. Selain itu mereka diajari nilai suka
bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang dapat menjadikan
remaja berprestasi.
Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter
itu dapat membentuk remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik,
stabil dalam emosi, dan intelektual yang berkembang baik.
Perbedaan penyajian struktur kedua teks pada kutipan di
atas adalah...
Teks ulasan
|
Teks eksposisi
|
|
A.
|
tafsiran, orientasi, evaluasi, rangkuman.
|
argumentasi, tesis, penegasan ulang
|
B.
|
tesis, argumentasi, penegasan ulang
|
orientasi,
tafsiran, evaluasi, rangkuman
|
C.
|
orientasi, tafsiran, evaluasi, rangkuman
|
tesis, argumentasi, penegasan ulang
|
D.
|
rangkuman, orientasi, tafsiran, evaluasi
|
tesis, penegasanulang, argumentasi
|
34. Bacalah
identitas buku berikut !
Judul Buku : Laskar Pelangi
Penulis
: Andrea Hirata
Penerbit
: Bentang Pustaka
Tahun : 2005
Halaman : 529 halaman
ISBN
: ISBN 979-3062-79-7
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A.
buku
ini menceritakan tentang persahabatan dan setia kawanan yang erat dan juga
mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam. Serta kisahnya yang
mengharukan.
B.
cerita-cerita dalam Laskar Pelangi
ini alur waktunya dibolak-balik sehingga membingungkan pembaca. Apalagi tidak
disebutkan tahun berapakah tiap-tiap peristiwa itu terjadi.
C.
Dari novel yang di buat oleh Andre
Hirata ini, ada beberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita harus
benar-benar menghargai hidup, menghargai semua pemberian Tuhan, tidak pantang menyerah bila menginginkan sesuatu,
dan tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau dan berusaha.
D.
Laskar Pelangi
adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka
pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga
miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau
Belitong yang penuh dengan keterbatasan.
35. Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Teks I
“Aku sedang mencari sumber penghidupan,” jawab si
kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura-
kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber
penghidupan!”
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap
marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura.
Teks II
Setelah sang keledai mengumpulkan teman berburunya yaitu Anjing gunung dan
Macan Tutul, kini mereka pergi bersama-sama memasuki hutan lebat untuk berburu
bersama, mereka menangkap hewan-hewan dengan kerjasama yang baik, hewan apapun
bisa mereka tangkap dengan mudah, mereka berburu mulai dari pagi hari sampai
dengan sore hari.
Perbedaan pola pengembangan pada kutipan fabel tersebut
adalah ....
Kutipan
fabel I
|
Kutipan
fabel II
|
|
A
|
Menggunakan alur
maju
|
Menggunakan
alur mundur
|
B
|
Menggunakan bentuk dialog
|
Menggunakan paparan
|
C
|
Menggunakan paparan
|
Menggunakan
dialog
|
D
|
Menggunakan alur
campuran
|
Menggunakan
alur maju
|
36. Bacalah kedua kutipan
cerpen berikut!
Kutipan cerpen 1
Dari kamar ibu yang
tertutup melata kabut. Kabut itu berjelanak dari celah bawa pintu. Merangkak
memenuhi ruang tengah, ruang tamu, dapur, kamar mandi, hingga merebak ke teras
depan.
Awalnya, orang-orang mengira bahwa rumah kami tengah sesak dilalap api.
Tapi kian waktu mereka kian bosan membicarakannya, karena mereka tak pernah
melihat api sepercik pun menjilati rumah kami. Yang mereka lihat hanya asap
tebal yang menggulung-gulung. Kabut. Pada akhirnya, mereka hanya akan saling
berbisik, “Begitulah rumah pengikut setan, rumah tanpa Tuhan, rumah itu pasti
sudah dikutuk”.
Kutipan Cerpen 2
Sebenarnya tidak ada
keistimewaan khusus mengenai keahlian Darko dalam memijat. Standar tukang pijat
pada layaknya. Namun, keramahannya yang mengalir menambah daya pikat
tersendiri. Kami menemukan ketenangan di wajahnya yang membuat kami senantiasa
merasa dekat. Mungkin oleh sebab itu kami terus membicarakannya.
Entah dari mana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba-tiba saja
datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat menganggap dia
adalah pengemis yang diutus kitab suci. Dia bertubuh jangkung, tetapi terkesan
membungkuk, barangkali karena usia. Peci melingkar di kepala. Jenggot lebat
mengitari wajah. Tanpa mengenakan kacamata, membuat matanya yang hampa terlihat
lebih suram, dia menawarkan pijatan dari rumah ke rumah. Kami melihat mata yang
bagai selalu ingin memejam, hanya selapis putih yang terlihat.
Perbedaan penggunaan bahasa pada
kutipan cerpen tersebut adalah …
Kutipan Cerpen 1
|
Kutipan Cerpen 2
|
|
A.
|
Menggunakan
Ungkapan
|
Tidak Menggunakan
Ungkapan
|
B.
|
Bahasa Lugas
|
Bahasa Kias
|
C.
|
Kalimat menggunakan majas
|
Kalimat tidak menggunakan majas
|
D.
|
Bahasa mudah
dipahami
|
Bahasa sulit
dipahami
|
37. Bacalah kutipan data buku berikut!
Judul :
Edensor
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Terbit :
2008
Halaman :
xii + 290 halaman
Paragraf yang menyatakan
kelemahan buku adalah ....
A.
Buku ini menceritakan perjalanan
seorang Andrea yang menyuguhkan cerita ringan, tetapi mempunyai nilai semangat
yang tinggi. Buku ini menggambarkan betapa kuatnya cita-cita itu mempengaruhi,
member semangat, dan optimisme seseorang.
B.
Hidup dilihat sekilas tampak
sporadis, berantakan tidak beraturan. Jika tiba pada waktunya, apa yang dilihat
jarang tampaktertata begitu tersistematis. Tidak jauh berbeda dengan mimpi.
Secara nalar mimpi seseorang tidak masuk akal.
C. Kekurangan novel Edensor ini ialah
banyaknya penggunaan bahasa Melayu sehingga pembaca nan tinggal di Pulau Jawa
harus belajar dengan bahasa tersebut sebab tak terbiasa dengan itu semua.
D.
Sedikit adanya perubahan, inilah
yang menjadi daya tarik Andrea menuliskan karya sastra novelnya. Gaya bahasanya
bagus dan meletup-letup. Buku ini cocok dibaca oleh berbagai golongan.
38. Bacalah
data buku berikut !
Judul :
Sebelas Patriot
Pengarang :
Andrea Hirata
Penerbit :
Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun :
2011, Cetakan Pertama
Jumlah Halaman :
112 halaman
Harga :
Rp39. 000,00
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah....
A.
Novel ini layak
dibaca dan dimiliki semua kalangan terutama untuk para pemuda Indonesia
khususnya pecinta bola. Buku ini dapat menginspirasi para pemuda untuk
memperjuangkan mimpi-mimpi sepak bola Indonesia.
B. Cerita
ini dimulai dari masa kecil Ikal, yang tidak lain adalah Andrea Hirata ketika
di Pulau Belitong. Ikal menaruh kecurigaan kepada ayahnya, yang tidak banyak
bicara. Pandangan tersebut hilang setelah dia menemukan sebuah foto misterius,
yaitu foto ayahnya sedang memegang piala.
C. Sampul
yang dipilih juga sangat bagus sehingga menarik perhatian. Novel ini
menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Dari segi sastra sangat
sederhana, ringan, dan sangat mudah dicerna oleh para pembaca.
D. Jika dibandingkan dengan novel karyanya yang lain, novel Sebelas Patriot ini terlalu tipis, hanya
112 halaman. Selain itu, dalam novel ini terdapat beberapa kalimat yang tidak
dimengerti sehingga membuat bingung para pembacanya.
39. Bacalah petunjuk
berikut!
Cara Membuat Jus Avokad
1)
Ambilah buah
avokad, lalu dibelah menjadi dua bagian.
2) Buang
biji avokad dan ambil dagingnya, lalu dimasukkan ke dalam blender.
3) Tambahkan
susu kental manis, gula, dan es batu.
4) Blender
buah avokad dengan kecepatan sedang hingga halus.
5) Tuang
jus avokad ke dalam gelas.
6)
Jus avokad siap
untuk dinikmati.
Teks eksposisi yang tepat berdasarkan petunjuk tersebut
adalah....
A.
Membuat jus
avokad sangat mudah. Bahan berupa buah avokad, susu kental manis putih, dan
gula. Jus avokad merupakan minuman yang mengandung banyak vitamin. Jus avokad
baik dikonsumsi setiap hari, terutama para remaja. Jus ini dapat menghaluskan
kulit. Jus avokad bisa dibawa untuk bekal di sekolah.
B. Jus avokad dapat dibuat dengan mudah. Pertama ambil buah avokad, lalu dibelah menjadi dua bagian.
Kedua, ambil dagingnya dan dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit air,
susu kental manis, dan gula yang sudah dicairkan. Ketiga, blender bahan
tersebut dengan kecepatan sedang hingga halus. Masukkan es batu ke dalam gelas
lalu tuang jus avokad ke dalamnya, jus avokad siap dinikmati.
C. Pernahkah
Anda membuat jus avokad? Jus avokad mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu
lama untuk membuatnya. Bahannya pun sangat mudah didapat. Buah avokad dapat
dibeli di pasar atau kios buah. Bagi yang menyukai jus ini,rasanya sangat
lembut. Selain mengandung banyak vitamin,jus avokad mengandung lemak tak jenuh
yang baik untuk tubuh. Silahkan mencoba membuat jus avokad.
D. Menurut
saya, jus avokad adalah minuman yang menyehatkan. Jus ini terbuat dari buah
avokad yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bermanfaat menurunkan
kolesterol LDL sehingga dapat mencegah stroke,penyakit
jantung,darah tinggi, dan kanker. Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah
dicerna.
40. Cermati
ilustrasi berikut !
Siswa
kelas IX-1 SMP Bhakti mengadakan kunjungan industri ke PT Sinar Sosro Mojosari,
Mojokerto. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 28
September 2015. Mereka menonton sesi pemutaran film mulai dari sejarah
berdirinya PT Sinar Sosro, proses awal pembuatan teh botol Sosro sampai proses
pengolahan limbah, baik limbah cair maupun limbah padat.
Laporan
tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah....
A. Pada tanggal 28 September 2015, kami mengunjungi PT Sinar Sosro.
Kami menonton pemutaran film sejarah berdirinya PT Sinar Sosro. Proses awal
pembuatan teh botol sosro, sampai pada proses pengolahan limbah cair atau
padat.
B. Setibanya
kami disuguhi beraneka jenis minuman segar produk PT Sinar Sosro. Kami sangat
menikmati minuman itu karena cuaca begitu panas. Untung saja kami boleh
mengambil minuman lebih dari satu. Jadi kami senang bisa menikmatinya.
C. Sewaktu
kunjungan ke PT Sinar Sosro, kami diajak jalan-jalan mengelilingi areal pabrik
yang luasnya mencapai lebih kurang 12-360 hektar. Kami menyaksikan langsung
proses pembuatan teh mulai dari awal tempat penyimpan bahan baku teh.
D. Guru
Bahasa Indonesia mengajak kami mengunjungi industri PT Sinar Sosro, kami
berkumpul di halaman sekolah pukul 07.00 WIB. Setelah beberapa saat menunggu,
akhirnya rombongan kami berangkat, perjalanan menuju PT Sinar Sosro sungguh
menyenangkan.
41. Perhatikan
kalimat berikut !
Kalian
harus berkaitan orang yang bersangkutan bila ingin mengetahui perdebatannya
lebih jelas lagi.
Penggunaan kata
yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut
adalah....
A. bertalian,
pembahasannya
B. bersambung,
perbincangannya
C.
menghubungi,
persoalannya
D. menghampiri,
perselisihannya
42. Rumah yang mana menghadap ke arah selatan itu
dalam waktu dekat akan segera dibongkar karena menyalahi aturan daripada Pemerintah.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif
adalah....
A. Rumah yang mana menghadap selatan itu dalam
waktu dekat akan dibongkar karena menyalahi aturan Pemerintah
B. Rumah yang mengahadap selatan itu akan
dibongkar karena menyalahi aturan Pemerintah
C.
Rumah
yang menghadap selatan itu akan segera dibongkar karena menyalahi aturan
Pemerintah
D. Rumah yang menghadap arah selatan itu akan
dibongkar karena mneyalahi aturan daripada Pemerintah
43. Untuk mencangkok tanaman diperlukan
alat dan bahan (1) satu bilah pisau, (2) tali plastik/tali bambu, (3) plastik
transparan/sabut kelapa/ijuk, dan (4) tanah yang agak basah dan subur. Pisau merupakan alat yang dapat digunakan
sebagai alat untuk memotong dan mengiris makanan. Tali plastik digunakan
untuk mengikat plastik transparan ke batang atau dahan pohon yang dicangkok. Tali plastik dapat diganti dengan tali bambu atau
jenis tali lain yang kuat. Plastik transparan dapat diganti dengan sabut kelapa
atau ijuk pohon enau. Tanah yang agak basah digunakan sebagai tempat tumbuhnya
hasil pencangkokan.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring
pada teks tersebut agar menjadi paragraf padu adalah
A.
Pisau dapat digunakan untuk memotong batang tumbuhan yang
akan dicangkok serta memotong tali dan plastik.
B.
Pisau digunakan untuk mengelupaskan kulit tumbuhan yang
sudah dicangkok serta memotong tali dan plastik.
C.
Pisau digunakan untuk mengiris daging buah hasil tumbuhan
yang dicangkok serta memotong-motong tali cangkokan.
D.
Pisau digunakan untuk mengelupaskan kulit tumbuhan
yang akan dicangkok serta memotong tali dan plastik.
44. Norma kesopanan mengajarkan setiap warga
negara untuk menghormati hak-hak orang lain. Norma ini selalu mengatur tingkah
laku kita dalam pergaulan hidup sehari-hari. Norma ini merupakan aturan yang berasal dari hati nurani mengenai
perilaku baik dan buruk. Sebagai contoh orang yang meludah di tempat umum
akan dicela dan dinilai tidak sopan.
Perbaikan kalimat yang becetak miring dalam
paragraf tersebut agar menjadi paragraf padu adalah....
A. Jika tidak diatur dengan baik, kemungkinan
akan terjadi penyimpangan terhadap norma kesopanan tersebut.
B. Negara menyadari bahwa setiap warganya
memiliki perbedaan dalam memenuhi kebutuhan hidup.
C.
Pelanggaran
terhadap norma kesopanan akan mengakibatkan seseorang dicela atau dicemooh oleh
masyarakat.
D. Norma kesopanan mengatur, melarang, serta
memaksa warga masyarakat untuk bertingkah laku sesuai undang-undang
45. (1)
Olahraga sepeda gunung amat sangat membutuhkan kemampuan fisik dan
mental karena adanya tantangan alam. (2) Olahraga ini juga memiliki
aspek rekreasi. (3) Karena lokasinya berada di daerah pegunungan berbatu dengan
pemandangan alam yang eksotis. (4) Anda bisa menikmati suasana yang tenang.
Kalimat
yang tidak efektif terdapat pada nomor.....
A.
Pada kalimat nomor (1) penggunaan kata amat sangat mubazir
karena mempunyai makna yang sama.
B. Pada kalimat nomor (2) penggunaan kata aspek
tidak efektif karena kata aspek
tidak padu pada kalimat tersebut.
C. Pada kalimat nomor (3) kata yang seharusnya
tidak digunakan karena kata yang tidak padu pada kalimat tersebut.
D. Pada kalimat nomor (4) kata paradigma
seharusnya diganti karena susah dipahami
46.
Saat ini, banyak
pabrik yang memperkerjakan tenaga asing sehingga tenaga kerja
kita kurang terserap. Namun, sebagian besar tenaga yang terampil masih diburu pabrik. Seharusnya masyarakat berserta pemerintah menjembataninya.
Kata
memperkerjakan dan berserta pada kalimat tersebut
tidak baku karena......
A.
Apabila imbuhan per- melekat pada kata dasar dengan suku awal er , maka akan mengalami perubahan menjadi pe- , begitu juga pada
awalan ber-
B. Apabila imbuhan per- melekat pada kata
dasar dengan suku awal er ,
maka akan tetap menjadi per- , begitu juga pada awalan ber-
C. Apabila imbuhan ber- melekat pada kata
dasar dengan awal huruf k
maka imbuhan ber- diganti dengan imbuhan
yang lain
D. Apabila imbuhan ber- melekat pada kata
dasar dengan awal huruf er maka diabaikan saja
47. Perhatikan
kalimat berikut!
kami sekeluarga akan bertamasya ke danau
toba saat liburan pada hari lebaran.
Penggunaan ejaan yang tepat dari kalimat tersebut di atas adalah …
A. Kami
sekeluarga akan bertamasya ke danau Toba saat liburan pada hari lebaran.
B. Kami
sekeluarga akan bertamasya ke Danau toba saat liburan pada Hari Lebaran.
C. Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau Toba saat liburan pada hari
Lebaran.
D. Kami
sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat liburan pada Hari Lebaran.
48. Andri
membeli, buku, pensil dan ,penggaris.
Penggunaan tanda baca dalam kalimat
tersebut salah karena...
A.
Setelah
kata membeli seharusnya diberi tanda baca titk dua (:) dan setelah kata pensil
diberi tanda baca koma (,).
B.
Setelah kata membeli seharusnya diberi tanda baca titk koma (;) dan
setelah kata pensil diberi tanda baca koma (,).
C.
Setelah
kata Andri seharusnya diberi tanda baca titk koma (;) dan setelah kata pensil
diberi tanda baca koma (,).
D.
Setelah
kata membeli seharusnya diberi tanda
baca titk koma (;) dan setelah kata pensil diberi tanda baca titik (.).
49. Penyebaran
firus flu burung sudah sangat mengkhawatirkan. Masyarakat perlu memiliki
pemahaman tentang pencegahan penyebaran firus
flu burung.
Penulisan kata firus pada kalimat
tersebut salah, karena …
A. Kata
firus berasal dari kata asing.
B. Penulisan kata firus menggunakan huruf v, bukan f.
C. Penulisan
kata firus yang benar adalah vyrus.
D. Penulisan
kata firus yang benar adalah fyrus.
50. Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis
makanan, seperti: tahu, tempe, susu dan
lain-lain. Makanan dari bahan dasar
kedelai banyak disukai orang, karena tidak mengandung kolesterol.
Penulisan
tanda baca titik dua (:) pada kalimat tersebut salah, seharusnya …
A.
Titik dua dihilangkan, diganti titik koma.
B.
Titik
dua dihilangkan karena sudah ada ‘seperti’
C.
Titik
dua diganti tanda koma.
D.
Titik
dua dihilangkan, diganti titik
Terima kasih contoh soalnya, semoga barokah. Amin.
BalasHapusMohon panjenengan beri fariasi soal lain, jika tidak keberatan. Ter