Selasa, 22 Maret 2016

Soal BIN 9 UAS Genap 2015-2016


Soal BIN kelas 9 Semester Genap 2015-2016 (paket 1)

Level Kognitif
Membaca Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
Siswa mampu
- menentukan makna kata/kalimat  pada teks (43)
- menentukan informasi tersurat teks (3, 4)
- menentukan bagian teks (41, 46)
Siswa mampu
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel (13)
- menentukan bagian cerpen dan fabel (19)
Siswa mampu
- melengkapi teks
dengan kata atau
kalimat (33, 45)
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan
penggunaan kata, kalimat, kepaduan paragraf (11)
Siswa mampu
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
atau tanda baca (15, 35, 36, 40)
Aplikasi
· Menunjukkan bukti
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasikan
· Menggunakan
· Menyusun
Siswa mampu
- menentukan ide pokok teks (1, 2)
- menyimpulkan isi teks (5)
- menyimpulkan pendapat (pro/kontra) (6)
- meringkas isi teks (7)
Siswa mampu
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel (42)
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel (10, 14, 16)
- menyimpulkan sebab/akibat konflik (12, 20, 21)

Siswa mampu
- menyusun urutan
kalimat berbagai jenis
teks (30,32)
- melengkapi kata,
kalimat, paragraf (23,24)
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat (50)
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata) (48)
Siswa mampu
- menggunakan ejaan (29)
- menggunakan tanda
baca
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
· Menanggapi
· Merefleksi
Siswa mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis teks (8)
- menilai keunggulan/kelemahan karya sastra (37)
Siswa mampu
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel (44)
- membandingkan penggunaan bahasa
cerpen dan fabel
- mengomentari isi, pola pengembangan/ bahasa (17)
Siswa mampu
- mengubah teks ke
dalam bentuk lain (28)
- menulis teks singkat
sesuai dengan
konteks (34)
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf (40, 49)
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf (27, 39)
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca (18, 25, 31, 38)
- menentukan alasan
Kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca (22)





























 Keterangan
Jenis teks yang digunakan adalah:
Teks laporan (berita), eksposisi, ulasan (resensi), biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabeL

1.        Begitu banyak sekolah dan universitas tak memiliki buku yang memadai. Penerbit-penerbit buku umumnya miskin karena kebiasaan masyarakat rendah. Padahal, orang berkata, maju mundurnya sebuah bangsa/lembaga bergantung pemimpinnya. Celakanya, para pemimpin negeri ini nyaris tak pernah bicara tentang buku-buku, kecuali Presiden Sukarno (Bung Karno) yang dikenal kutu buku.
Masalah-masalah yang dihadapi negara dan bangsa ini makin hari akan makin pelik. Kita jelas membutuhkan para pemimpin yang tegas, berwibawa, dan makin luas pengetahuannya.

Para pemimpin yang taktis bertindak dan memiliki banyak pemikiran alternatif dan visioner dierlukan untuk memimpin Indonesia.
Makna kata bercetak miring pada paragraf ke-2 tersebut adalah….


A.  berjiwa yang tangguh
B.berwawasan ke depan
C.berhayal yang baik
D.  bermimpi yang indah



2.        Ternyata tidak sulit untuk menyegarkan mulut, cukup dengan mengandalkan garam dan jeruk nipis maka mulut tidak hanya segar tapi juga sehat. Demikian pernyataan pakar tumbuhan dan obat tradisional Dr. Setiawan Dalimartha.  Baginya  pola hidup back to nature semakin digemari dewasa ini.

Pernyataan yang sesuai dengan kalimat yang bercetak miring di atas adalah …

A.  Kembali pada pola hidup alami banyak disuka orang sekarang.
B.Kebiasaan pola makan yang baik bermanfaat bagi manusia.
C.Pola hidup yang asli  banyak diikuti orang sekarang.
D.  Pola hidup menentukan kesehatan hidup manusia.
3.        Bacalah teks biografi tokoh berikut ini!
Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan muslim yang terkenal di dunia. Ibnu Sina lahir pada bulan Shafar 370 H atau di bulan Agustus 985 M. Keluarga Ibnu Sina kebanyakan bekerja dengan mengabdi pada negara. Ayahnya bekerja di pemerintahan, selain itu juga sebagai pendidik. Sejak kecil sang ayah mengajarinya untuk cinta ilmu. Oleh sang ayah, Ibnu Sina diajari quran dan sastra. Seorang guru pun didatangkan khusus untuk mengajari Ibnu Sina menghafal Alquran di usia 10 tahun Ibnu Sina telah berhasil menghafal isi Alquran dan mendalami berbagai karya sastra. Di samping itu Ibnu Sina juga tekun dalam mempelajari ilmu fiqih dan filsafat. Dengan semangat yang tinggi, Ibnu Sina tidak keberatan harus bolak-balik ke rumah gurunya.

Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah….

A.  Ibnu Sina bekerja dengan mengabdi pada negara dan pendidikan.
B.Ibnu Sina memiliki kecerdasan luar biasa dalam menghafal Alquran.
C.Ibnu Sina belajar ilmu fiqih dan filsafat kepada ayahandanya sendiri.
D.  Ibnu Sina dan ayahnya dikenal sebagai ilmuwan muslim di dunia.
4.        Cermati paragraf berikut!
Ahmad Tohari lahir tanggal 13 Juni 1948 di Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah. Ahmad Tohari berasal dari keluarga santri. Ayahnya seorang kiai dan ibunya pedagang kain. Dari segi ekonomi, kehidupan keluarga Ahmad Tohari tidak kekurangan. Namun lingkungan, masyarakat di sekitarnya mengalami kelaparan.

Ahmad Tohari adalah seorang sastrawan yang terkenal sebagai pengarang trilogi Ronggeng Dukuh Paruk (1982), Lintang Kemukus Dinihari (1985), dan Jantera Bianglala (1986). Karya-karyanya mendapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Melalui novel Bekisar Merah, Ahmad Tohari meraih hadiah Sastra ASEAN tahun 1995.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah....
A.    sastrawan yang tanggap terhadap bencana kelaparan
B.     pernah mendapat julukan dan penghargaan
C.     penulis novel dari keluarga santri di pedesaan
D.    penulis novel yang terkenal dengan karya triloginya
5.        Konon dalam kelakarnya, Gus Dur berkata, “Hanya ada 3 polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur, dan Hoegeng. Nama lengkapnya Hoegeng Imam Santoso, lahir di Pekalongan, 14 Oktober 1921. Ia dikenal sebagai tokoh kepolisian yang sangat jujur. Namanya kerap dijadikan simbol teladan kejujuran di kepolisian. Ia menjadi Kapolri tahun 1968--1971.  Banyak perubahan besar dilakukan pada institusinya.  

Hal yang patut diteladani dari tokoh kutipan teks biografi tersebut adalah....


A.    mengajarkan kejujuran pada polisi
B.     simbol keteladanan bagi semua
C.     menegakkan kejujuran
D.    melakukan perubahan di kepolisian



6.        Bacalah bagian teks ulasan berikut !
Novel Surat Kecil Untuk Tuhan  ini didasarkan pada kisah nyata. Sang penulis mengemas perjuangan Keke melawan kanker dengan baik. Meskipun pada beberapa bagian, ia terlalu memaksakan pesan moral masuk pada dialog sehingga mengacaukan latar. Walaupun demikian, buku ini tetap memberi spirit bagi generasi muda untuk selalu tegar dan berani  menghadapi kesulitan dalam kehidupan.

Kutipan teks ulasan tersebut merupakan bagian ….


A. pendahuluan
B. sinopsis           
C.  identitas buku
D.  simpulan



7.        Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Di saat berlari-lari seperti itu, tiba-tiba Amir tersungkur. Kepalanya membentur bangku taman. Sambil memekik kesakitan ia memegang kepalanya. Matanya berkunang-kunang. Mungkin obsesi masa kecilnya yang begitu mendalam yang akhir-akhir ini muncul menguasai dirinya. Setelah di rumah sakit, ia baru menyadari sesuatu telah terjadi menimpa dirinya.
Makna kata bercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut adalah…


A.    Perasaan yang merasuki pikiran
B.     keinginan untuk memiliki sesuatu
C.     keinginan untuk berbuat sesuatu
D.    perasaan yang ada di masa lalu



8.         Bacalah kutipan fabel berikut! 
      Di dalam lubang itu ada tiga ekor anak harimau yang terjebak. Mereka tak bias keluar. Melihat binatang yang dia temukan bias membahayakannya, dia pun tertegun sejenak. Terjadilah pergulatan dalam batinnya. Satu sisi dia kasihan pada hewan itu dan ingin menolongnya, tetapi di sisi lain ketakutan juga menyelimuti hatinya.

Kata yang bercetak tebal di atas mengandung makna….


A.    perselisihan
B.     pergumulan
C.     perhatian
D.    perasaan



9.        Bacalah kutipan cerpen berikut! 
”Kalian ini mau jadi apa? Ini lagi ada yang manjangin rambutnya. Kamu mau jadi cewek hah!” katanya dengan tatapan tajam. Aku dan beberapa temanku menjadi diam terpaku. Keringat dingin bercucuran di keningku hingga membasahi kerah bajuku. Setelah dimarahi dan diberi peringatan, kami disuruh untuk memotong rambut. Besok kami harus melapor kembali ke guru yang bersangkutan tadi.

Keesokan harinya, aku datang dengan potongan rambut baru. Aku sudah memotong rambutku dengan potongan mohak tren masa itu. Kemudian, aku melapor kepada guru BP. Beliau mengatakan bahwa rambutku masih kurang pendek. Beliau menyuruhku memendekkan rambutku lagi. Dengan hati kesal, aku mengiyakan saja sambil tertunduk takut. Sepulang sekolah, aku langsung pergi ke salon untuk memotong rambut lagi. Kali ini aku akan mengejutkannya biar beliau puas.

Pernyataan yang menunjukkan tokoh aku patuh adalah…
A.       Tokoh aku memotong rambutnya hingga dua kali atas permintaan guru BP.
B.       Tokoh aku diam/kesal  terpaku dengan keringat dingin bercucuran di keningnya.
C.       Tokoh aku memotong rambutnya dengan potongan mohak yang sedang tren.
D.       Tokoh aku dimarahi dan diperingatkannya oleh guru BP agar memotong rambutnya.

10.    Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Pada waktu istirahat sekolah Aqila bersama kedua temannya, Zakiy dan Lely, berjalan menuju ke kantin. Sesampainya di kantin Aqila seperti biasanya membeli jajanan. Aqila tidak sempat berpikir akan keputusannya yang dibuat kemarin. Aqila diingatkan oleh Lely dan menurutinya. Hati riuh sedang menggelayuti hatinya. Sikap yang Aqila pilih ternyata memberikan hikmah tersendiri baginya.

Watak tokoh Aqila digambarkan melalui ….


A.    penjelasan langsung oleh penulis
B.     dialog dengan tokoh lain
C.     pelukisan tindakan
D.    diceritakantokoh lain



11.    Bacalahkutipanfabelberikut!
Pelajaran untuk Anak Tupai
Ibu Tupai mempunyai dua anak. Ia sangat khawatir karena binatang-binatang seperti ular dan elang ingin memangsa anaknya.
“Dengar anakku sayang.Kamu jangan pernah keluar sarang saat ibu tidak ada di sekitar sini! Ujar Ibu Tupai kepada anaknya.
“Baik, Bu. Saya akan mengikuti nasihatmu. Saya berjanji untuk tidak keluar sarang ketika tidak ada ibu,” kata  anak tupai.
Pada awalnya, anak tupai agak enggan. Namun, tak lama kemudian, ia setuju. Ia tidak mematuhi ibunya. Keduanya mulai bermain dengan gembira. Mereka tidak mengetahui kedatangan seekor elang yang kelaparan. Elang itu bermaksud menyerang dan memangsa anak tupai.
Tiba tiba ibu tupai kembali pulang dan melihat anaknya dalam bahaya. Ibu Tupai menaiki kepala elang dan mencakar matanya.
Pelajaran yang dapat dipetik dari kutipan fabel tersebut adalah ….

A.    Tetaplah di dalam rumah jika orang tua sedang bekerja keluar rumah.
B.     Jangan membantah perkataan orang tua karena orang tua lebih mengerti
C.     Jangan melanggar larangan orang tua jika tidak ingin terkena bahaya.
D.    Orang tua pasti akan melindungi anaknya sekalipun harus bertaruh nyawa
12.    Junk food adalah sebutan lain bagi[...] cepat saji, yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Makanan ini disebut makanan siap saji karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk disajikan. Makanan cepat saji umumnya memiliki [...] menggoda. Makanan ini paling sering membuat [...] setelah makan pertama kali terutama anak-anak. Anak-anak akan minta dibelikan makanan junk food terus-menerus. Anak-anak biasanya juga suka meniru teman-teman mereka yang makan makanan seperti itu.
                       
      Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut berturut-turut adalah....


A.       minuman, bau, kecanduan
B.       pangan, rasa, lapar
C.       camilan, aroma, sakit
D.       makanan, rasa, ketagihan



13.    (1) Seorang manager harus mengetahui pentingnya manajemen kinerja.(2) Bagian terpenting dalam tata kelola tmanajemen kinerja adalah perencanaan. (3) Sikap pertama yang harus dilakukan dalam tata kelola manajemen kinerja ini adalah  menetapkan tujuan atau sasaran. (4) Bentuk paling umum manajemen kinerja ini adalah produktifitas sumber daya manusia.

Penggunaan kata yang tidak tepat terdapat pada kalimat ….
A.              (1) dan (2)                                                                         C. (1) da (4)
B.               (1) dan (3)                                                                         D. (2) dan (3)

14.    Penggunaan ejaan yang kurang tepat terdapat pada kalimat …

A.    Saya suka menonton tayangan film Sang Penari
B.     Film Surga yang Tak Dirindukan dibintangi oleh oleh Ludya Chintya Bella
C.     Tokoh film Bulan Terbelah Di Langit Amerika adalah Hanum
D.    Film Cinta Suci Zahrana diangkat dari novel karangan Habiburrahman El Shirazy

15.    Penggunaan tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat...
A.    Para pengungsi memerlukan: sembako, obat-obatan, dan selimut.
B.     Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan, yaitu  hidup atau mati.

C.     Fakultas itu mempunyai dua jurusan:  Jurusan Ekonomi Akuntansi dan Jurusan Ekonomi Perusahaan.
D.    Tata membawa keperluan mandi: handuk, sabun, pasta gigi, dan sikat gigi.

16.    Bacalah paragraf berikut!
Amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri. Proses berkembang biak amoeba tidak membutuhkan perkawinan. Dengan kata lain, amoeba tidak perlu amoeba lain untuk berkembang biak karena hewan ini memiliki sebuah sel yang disebut inti sel. Sel inilah yang nantinya akan membelah menjadi dua. Sel tersebut akan memisah dan membentuk dua kutub yang saling menjauh. Pada sel inti hampir benar-benar terpisah, terbentuklah dua buah amoeba yang akan saling melepas astu sama lain. Proses pembelahan sel ini memerluan waktu yang relatif lama.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah….
A.       proses perkembangbiakan amoeba
B.       pembelahan sel menjadi dua
C.       cara perkembangbiakan amoeba
D.       perkembangbiakan dengan belah diri pada amoeba
                                              
17.     Bacalah paragraf berikut!
Seiring perkembangan zaman banyak budaya dari berbagai negara lain masuk ke Indonesia. Budaya yang masuk tersebut tidak akan mudah diterima oleh masyarakat sekitar. Mereka akan saling bergesekan. Mereka masih membutuhkan proses dan kecocokan pada budaya tersebut. Inilah pengaruh positifnya.

Dengan masuknya budaya asing, terjadilah percampuran budaya di antara dua budaya tersebut. Budaya yang masuk akan bercampur dengan budaya setempat. Terciptalah budaya baru. Kemunculan budaya baru ini memungkinkan pengaruh negatif bagi masyarakat sekitarnya.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah…
A.       Masyarakat membutuhkan proses panjang untuk menerima kecocokan pada budaya asing.
B.       Budaya yang masuk akan bercampur dengan budaya setempat sehingga terciptalah budaya baru.
C.       Budaya asing yang diterima masuk ke Indonesia memberikan dampak positif dan negatif pada budaya setempat.
D.       Budaya yang masuk sesuai dengan budaya setempat dapat memberikan dampak positif pada budaya setempat.

18.    Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
Merokok di kalangan pelajar sudah menjadi perilaku yang sangat memprihatinkan bagi negara Indonesia. Perilaku ini disebabkan pengaruh lingkungan sekitar. Hampir sebagian perokok di Indonesia adalah kalangan pelajar, baik di tingkat SMP maupun SMA. Perilaku ini disebabkan faktor kebiasaan yang dijalaninya sejak lama. Merokok di kalangan pelajar tentu membawa dampak dan pengaruh bagi pelajar tersebut dan lingkungn mereka. Oleh karena itu, langkah antisipasi harus kita siapkan. Kita bisa mulai dari lingkungan sekolah. Antisipasi tersebut dapat dimulai dengn tidak memberi contoh kebiasaan merokok di sekolah.
                 
Tanggapan kritis positif berdasarkan teks tersebut adalah…
A.       Saya setuju bahwa merokok membawa dampak buruk bagi pelajar. Kita harus segera mengantisipasinya. Salah satunya dengan memberikan contoh tidak merokok di lingkungan sekolah.
B.       Saya setuju bahwa merokok tidak menguntungkan kita semua. Kita seharusnya menggunakan uang  untuk membeli sesuatu yang bermanfaat daripada menggunakannya untuk membeli rokok.
C.       Saya setuju jika merokok di kalangan pelajar memberikan dampak negatif di kalangn pelajar. Akan tetapi, jika pabrik rokok ditutup, dampaknya akan begitu luas.
D.       Saya setuju jika merokok memberikan dampak negatif. Sebaiknya pemerintah membuat peraturan tegas mengenai larangan merokok agar masyarakat bisa menghentikan kebiasaan merokok.

19.    Cermatilah kutipan teks laporan berikut!
Pengembiakan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Pencangkokan untuk mendapatkan keturunan yang lebih pada suatu tumbuhan sehingga pemanfaatannya terhadap tumbuhan tersebut kurang maksimal. Misalnya, pencangkokan tumbuhan mangga dapat menghasilkan kualitas buah mangga yang lebih baik daripada mangga yang tidak dicangkok. Selain itu, hasil pencangkokkan memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat.

Ringkasan isi teks tersebut adalah … .
A.   Pengembangbiakan tanaman dapat dilakukan dengan mencangkok
B.    Pemanfaat lebih maksimal dengan cara mencangkok?
C.    Pengembangbiakan tanaman mangga lebih baik dengan mencangkok
D.   Pengembangbiakan tanaman dengan mencangkok memiliki banyak kelebihan.

20.    Cermatilah kutipan cerpen berikut.
(1)Samar-samar Sersan Kasim mendengar suara derau sungai di bawah. (2) Dia bayangkan kesunyian malam yang aman dirobek-robek oleh letusan senjata. (3) Dia bayangkan kompinya terjebak di tengah-tengah sungai, tak berdaya. (4) Tatkala itu Acep bergerak=gerak dalam gendongan bapaknya. (5) Kasim merasa anaknya menyusup-nyusupkan kepala di dadanya, ke ketiaknya, seakan-akan mencari perlindungan yang lebih aman.

Makna kata simbol suara derau sungai pada kalimat pertama adalah….
A.  kesal                                                                            C. risau
B.   sedih                                                                            D. cemburu

21.    Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomo 21dan 22
Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya.  “Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?” kata kuda
“Aku tidak haus,” jawab keledai
Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. “Hmmm…benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku,” batin Kuda.

Simpulan makna simbul dalam fabel di atas adalah ….

A.  Jangan mudah percaya terhadap orang lain
B.   Jangan menganggap siapa pun lemah
C.   Berhati-hatilah terhadap orang yang baru dikenal
D.  Berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.

22.    Kuda dalam fabel tersebut menyimbolkan orang yang ….



A.     tangkas
B.     hebat
C.     kuat                
D.    waspada



23.    Singa pergi berburu bersama tiga binatang lain. Bersama-sama mereka mengepung dan menangkap rusa. Dengan kesepakatan bersama tiga binatang lainnya, singa membagi hasil buruan menjadi empat. Ketika setiap hewan mau mengambil bagiannya singa menghentikan mereka.” Tunggu. Karena aku anggota tim perburuan aku mengambil satu. Dan karena aku dianggap menjadi raja hutan maka aku juga menerima bagian yang kedua. Dan karena aku yang paling berani dan kuat aku mengambil lagi bagian ketiga. Dan yang bagian ke empat kamu bagi bertiga.”

Isi cerita fabel di atas adalah ....
A.       Singa pemimpin pemberani dan kuat
B.       Singa raja hutan
C.       Keserakahan  jika sudah berhubungan dengan pembagian keuntungan
D.       Seorang pemimpin memiliki hak penuh untuk mengatur

24.    Sekarang kami tepat  di bawah pohon beringin. Suasana semakin menambah seram.Aku mendonngak ke atas,terlihat sinar matahari mulai berkurang  karena terhalangi oleh dahan dedaunan beringin yang menjulang tinggi. Ku amati sekeliling jalan yang membuat bulu kuduk ku berdiri. Mimik muka kami berubah katakutan. Jalan aspal sudah tidak terasa mulus lagi. Karena banyak jalan yang rusak. Lalu kami putuskan untuk menuntun sepeda. Karena takut terjatuh.
Dedaunan yang kering maupun basah sudah tidak bisa di bedakan lagi .Semua berbaur menjadi satu di jalanan. Banyak batu-batu besar yang sudah berlumut di tepi jalan. Tiba-tiba  ada seekor kucing hitam polos berlari menyeberang di depan kami. Kami menjerit keras. Jantung kami serasa ingin meloncat keluar. Nafas ku mulai tersenggal-senggal tidak karuan. Ku coba mengatur nafas ku terlebih dahulu sebelum meneruskan perjalan.
“Aku takut..kenapa jalan nyapanjang sekali? dari tadi belum sampai” Keluh Sekar yang masih ketakutan .

Penyebab konflik dalam kutipan cerpan tersebut adalah....
A.    Pergi ke rumah teman untuk menjenguk dan mengerjakan tugas
B.     Melewati pohon beringin di tengah jalan yang jauh dari penduduk
C.     Beberapa anak ketakutan melewati pohon beringin di jalan yang rusak
D.    Ketegangan dan kegembiraan terhadap petualangan pohon beringin

25.    Cermati kalimat-kalimat berikut.
1.    Tali dipotong menjadi dua bagian. Tiap bagian dilipat dua sehingga semuanya ada empat utas tali.
2.    Buatlah simpul datar.
3.    Siapkan pensil yang cukup panjang. Buatlah simpul kepala dengan bantuan pensil tersebut.
4.    Lakukan sampai seluruh tali menjadi jalinan simpul. Buatlah fariasi agar simpul tidak monoton. Jika perlu gunakan tambahan aksesori lain.
5.    Ikat rambut siap di di gunakan.
Urutan kalimat kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur cara membuat ikat rambut yang baik adalah....
A.       (1), (2), (3), (4), (5)
B.       (1), (3), (2), (4), (5)
C.       (1), (4), (2), (3), (5)
D.       (3), (1), (2), (4), (5)

26.    Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!
Tertib lalu lintas seharusnya sudah diterapkan sejak dini kepada generasi penerus. Di Bandung bisa dipastikan jarang sekolah taman kanak-kanak (TK) yang menyediakan fasilitas itu. Polwitabes Bandung mencoba menerapkan konsep tersebut di TK 36 Yayasan Kemala Bhayangkari. Penerapan tersebut berupa pembuatan Taman Mini Lalu Lintas (TMLL) berukuran 5x10 m2 yang dilengkapi rambu-rambu, jembatan, persimpangan lampu merah dan lain-lain. Oleh karena itu, ( … )

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah …
A.    Kita dukung pembangunan Taman Mini Lalu Lintas di TK.
B.     Langkah Polwiltabes Bandung perlu dijadikan percontohan.
C.     TMML tidak cukup hanya disediakan di TK Kemala Bhayangkari.
D.    Keberadaan Taman Mini Lalu Lintas di TK sangat diperlukan.

27.    Perhatikan teks berikut dengan saksama!
Selain akibat sebagian besar rumahnya yang masih terbuat dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan tripleks, ancaman kebakaran di kawasan-kawasan kumuh juga terjadi akibat kekurangpengertian warganya akan bahaya api. Sementara itu di pasar-pasar tradisional sumber bahaya berasal dari bangunan yang umumnya sudah tua dan kurang terpelihara. Sementara itu, pengawasan oleh aparat pemerintah maupun instalasi listrik kurang memadai. Untuk itu, ( … )
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah…
A.    Kita harus memberitahu  supaya warga di kawasan kumuh itu pindah ke rumah susun.
B.     Rumah yang terbuat dari kayu dan tripleks perlu diperbaiki agar tidak mudah terbakar.
C.     Timbulnya kebakaran karena ulah mereka sendiri.
D.    Dari pihak pemerintah tidak perlu ada pemantauan.

28.    Cermatilah kutipan teks berikut!
Meutia Hatta, anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan membentuk [...] generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran [...] siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai [...] bangsa Indonesia dan berkualitas.
       Istilah-istilah yang tepat untuk melengkapi secara urut bagian rumpang teks tersebut adalah ...


A.    sosok, sebagian, kepribadian
B.     karakter, semua, gaya
C.     karakter,  aktif, jati diri
D.    sosok, aktif, gaya



29.    Kebakaran hutan berskala besar cukup sulit [...]. Kadang-kadang [...] waktu hingga berminggu-minggu agar semua titik api bisa padam. Pada kondisi tertentu, kebakaran masih terus berlangsung di dalam tanah meskipun api di permukaan telah berhasil dipadamkan. Tanah tetap [...] asap pekat dan sewaktu-waktu api bisa meletup kembali ke permukaan. Kebakaran hutan menjadi penyumbang terbesar laju deforestasi.
       Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.    memadamkan, dibutuhkan, pengeluaran
B.     memadamkan, membutuhkan, dikeluarkan
C.     dipadamkan, dibutuhkan, dikeluarkan
D.    dipadamkan, membutuhkan, mengeluarkan
30.    Seorang atlit terjatuh dari ketinggian. Terpaksa dia harus meninggalkan jadwal berlatih. Dia berobat dan harus antre obat di apotek.
Kata bercetak miring yang benar adalah ...


A.    atlit dan jadwal   
B.     atlit dan antre
C.     jadwal dan antre  
D.    jadwal dan apotek



31.     Penggunaan tanda baca yang benar terdapat pada kalimat ...
A.    Contoh kenakalan remaja, antara lain: minum-minuman keras, narkoba, pergaulan  bebas, dan lain-lain.
B.     Bunglon tidak hanya berjenis hewan reptil tapi, juga termasuk carnivora.
C.     Akibat kerusuhan “Sarinah Jakarta” membuat dolar capai Rp. 14.000,00
D.    Metode dalam berpidato adalah membaca; menghapal; impromtu; dan ekstemporan.

32.    Cermatilah kutipan teks prosedur dan teks laporan berikut!
Teks prosedur
         Cara membuat jamur krispi
1)   Suwir jamur dengan lebar 2-3 cm, rebus selama 3-5 menit
2)   Tambahkan sedikit garam, angkat dan tiriskan.
3)   Campurkan tepung bumbu dan lada aduk jadi satu dan sisihkan.
4)   Masukkan dan baluri jamur dengan tepung yang sudah dicampur sebelumnya.
5)   Setelah dibaluri tepung, goreng hingga kecoklatan dan tiriskan.
6)   Jamur krispi siap dihidangkan.
Teks laporan
Disebut Ketep Pass karena terletak di sebuah bukit di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Ketep Pass terletak di antara Gunung Merapi dan Merbabu pada ketinggian 1.200 m. lokasinya yang berada di antara kedua gunung itu menjadi kian strategis karena dari tempat itu kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah..

Teks prosedur
Teks laporan
A.
kalimat tunggal
kalimat majemuk
B.
menggunakan kalimat inversi
adanya frase atau kelompok kata
C.
menggunakan istilah ilmiah
menggunakan kalimat perintah
D.
menggunakan kata kiasan
menggunakan kata hubung

33.    Cermatilah kutipan teks ulasan dan teks eksposisi berikut!
Teks ulasan
Film” Ayat-Ayat Cinta yang disutradarai Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang kisah bagaimana seharusnya memperlakukan wanita dan bagaimana seharusnya kita bersikap dalam kehidupan sehari-hari.Sikap Fachri yang selalu menerapkan nilai-nilai keimanan dalam kehidupannya perlu kita ikuti, apalagi sikap Maria yang sopan, lembut, beretika. Selain itu, sikap Aisa yang tulus ikhlas juga merupakan sikap-sikap yang perlu kita teladani sebagai orang beragama.
Pada film Ayat-Ayat Cinta sutradara Hanung Bramantyo ini terdapat nilai-nilai budaya yang meliputi nilai pendidikan, agama, status sosial, kebiasaan sehari-hari, dan seni budaya yang dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan yang bernilai positif yang dapat diteladani dalam kehidupan sehari-hari.
Teks eksposisi
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai 21 tahun. Pada masa itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter ini dapat membentuk mereka menjadi remaja yang berprestasi.
Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religius, toleransi, dan nilai cinta damai. Diharapkan remaja dapat tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan sosial, mempunyai sifat pengasih, berbudiluhur, dan cinta damai.  Selain itu mereka diajari nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang dapat menjadikan remaja berprestasi.
Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektual yang berkembang baik.
Perbedaan penyajian struktur kedua teks pada kutipan di atas adalah...

Teks ulasan
Teks eksposisi
A.
tafsiran, orientasi, evaluasi, rangkuman.
argumentasi, tesis, penegasan ulang
B.
tesis, argumentasi, penegasan ulang
orientasi, tafsiran, evaluasi, rangkuman
C.
orientasi, tafsiran, evaluasi, rangkuman
tesis, argumentasi, penegasan ulang
D.
rangkuman, orientasi, tafsiran, evaluasi
tesis, penegasanulang, argumentasi

34.    Bacalah identitas buku berikut !
Judul Buku       : Laskar Pelangi                                                                                            
Penulis              : Andrea Hirata                                                                                                     
Penerbit            : Bentang Pustaka                                                                                                
Tahun                   :  2005                                                                                                              Halaman           : 529 halaman                                                                                                            
ISBN                : ISBN 979-3062-79-7
Paragraf yang menyatakan keunggulan buku adalah ....
A.    buku ini menceritakan tentang persahabatan dan setia kawanan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam. Serta kisahnya yang mengharukan.
B.     cerita-cerita dalam Laskar Pelangi ini alur waktunya dibolak-balik sehingga membingungkan pembaca. Apalagi tidak disebutkan tahun berapakah tiap-tiap peristiwa itu terjadi.
C.     Dari novel yang di buat oleh Andre Hirata ini, ada beberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita harus benar-benar menghargai hidup, menghargai semua pemberian Tuhan, tidak pantang menyerah bila menginginkan sesuatu, dan tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau dan berusaha.
D.    Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan.
35.    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Teks I
“Aku sedang mencari sumber penghidupan,” jawab si kura-kura.
Si rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si kura-kura. “Jangan berlagak engkau, hei kura- kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!”
Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap marah. Bahkan, si rusa mengancam akan menginjak tubuh si kura-kura.
Teks II
Setelah sang keledai mengumpulkan teman berburunya yaitu Anjing gunung dan Macan Tutul, kini mereka pergi bersama-sama memasuki hutan lebat untuk berburu bersama, mereka menangkap hewan-hewan dengan kerjasama yang baik, hewan apapun bisa mereka tangkap dengan mudah, mereka berburu mulai dari pagi hari sampai dengan sore hari.
Perbedaan pola pengembangan pada kutipan fabel tersebut adalah ....

Kutipan fabel I
Kutipan fabel II
A
Menggunakan alur maju
Menggunakan alur mundur
B
Menggunakan bentuk dialog
Menggunakan paparan
C
Menggunakan paparan
Menggunakan dialog
D
Menggunakan alur campuran
Menggunakan alur maju

36.    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan cerpen 1
Dari kamar ibu yang tertutup melata kabut. Kabut itu berjelanak dari celah bawa pintu. Merangkak memenuhi ruang tengah, ruang tamu, dapur, kamar mandi, hingga merebak ke teras depan.
Awalnya, orang-orang mengira bahwa rumah kami tengah sesak dilalap api. Tapi kian waktu mereka kian bosan membicarakannya, karena mereka tak pernah melihat api sepercik pun menjilati rumah kami. Yang mereka lihat hanya asap tebal yang menggulung-gulung. Kabut. Pada akhirnya, mereka hanya akan saling berbisik, “Begitulah rumah pengikut setan, rumah tanpa Tuhan, rumah itu pasti sudah dikutuk”.
Kutipan Cerpen 2
Sebenarnya tidak ada keistimewaan khusus mengenai keahlian Darko dalam memijat. Standar tukang pijat pada layaknya. Namun, keramahannya yang mengalir menambah daya pikat tersendiri. Kami menemukan ketenangan di wajahnya yang membuat kami senantiasa merasa dekat. Mungkin oleh sebab itu kami terus membicarakannya.
Entah dari mana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba-tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat menganggap dia adalah pengemis yang diutus kitab suci. Dia bertubuh jangkung, tetapi terkesan membungkuk, barangkali karena usia. Peci melingkar di kepala. Jenggot lebat mengitari wajah. Tanpa mengenakan kacamata, membuat matanya yang hampa terlihat lebih suram, dia menawarkan pijatan dari rumah ke rumah. Kami melihat mata yang bagai selalu ingin memejam, hanya selapis putih yang terlihat.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan cerpen tersebut adalah …

Kutipan Cerpen 1
Kutipan Cerpen 2
A.
Menggunakan Ungkapan
Tidak Menggunakan Ungkapan
B.
Bahasa Lugas
Bahasa Kias
C.
Kalimat menggunakan majas
Kalimat tidak menggunakan majas
D.
Bahasa mudah dipahami
Bahasa sulit dipahami
37.     Bacalah kutipan data buku berikut!
Judul                                : Edensor
Penulis                  : Andrea Hirata
Penerbit                : Bentang Pustaka   
Tahun Terbit         : 2008
Halaman               : xii + 290 halaman
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah ....
A.    Buku ini menceritakan perjalanan seorang Andrea yang menyuguhkan cerita ringan, tetapi mempunyai nilai semangat yang tinggi. Buku ini menggambarkan betapa kuatnya cita-cita itu mempengaruhi, member semangat, dan optimisme seseorang.
B.     Hidup dilihat sekilas tampak sporadis, berantakan tidak beraturan. Jika tiba pada waktunya, apa yang dilihat jarang tampaktertata begitu tersistematis. Tidak jauh berbeda dengan mimpi. Secara nalar mimpi seseorang tidak masuk akal.
C.     Kekurangan novel Edensor ini ialah banyaknya penggunaan bahasa Melayu sehingga pembaca nan tinggal di Pulau Jawa harus belajar dengan bahasa tersebut sebab tak terbiasa dengan itu semua.
D.    Sedikit adanya perubahan, inilah yang menjadi daya tarik Andrea menuliskan karya sastra novelnya. Gaya bahasanya bagus dan meletup-letup. Buku ini cocok dibaca oleh berbagai golongan.
38.     Bacalah data buku berikut !
Judul                                : Sebelas Patriot
Pengarang                                    : Andrea Hirata
Penerbit                            : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun                               : 2011, Cetakan Pertama
Jumlah Halaman               : 112 halaman
Harga                               : Rp39. 000,00
Paragraf yang menyatakan kelemahan buku adalah....
A.    Novel ini layak dibaca dan dimiliki semua kalangan terutama untuk para pemuda Indonesia khususnya pecinta bola. Buku ini dapat menginspirasi para pemuda untuk memperjuangkan mimpi-mimpi sepak bola Indonesia.
B.     Cerita ini dimulai dari masa kecil Ikal, yang tidak lain adalah Andrea Hirata ketika di Pulau Belitong. Ikal menaruh kecurigaan kepada ayahnya, yang tidak banyak bicara. Pandangan tersebut hilang setelah dia menemukan sebuah foto misterius, yaitu foto ayahnya sedang memegang piala.
C.     Sampul yang dipilih juga sangat bagus sehingga menarik perhatian. Novel ini menggunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Dari segi sastra sangat sederhana, ringan, dan sangat mudah dicerna oleh para pembaca.
D.    Jika dibandingkan dengan novel karyanya yang lain, novel Sebelas Patriot ini terlalu tipis, hanya 112 halaman. Selain itu, dalam novel ini terdapat beberapa kalimat yang tidak dimengerti sehingga membuat bingung para pembacanya.

39.    Bacalah petunjuk berikut!
                                                Cara Membuat Jus Avokad
1)      Ambilah buah avokad, lalu dibelah menjadi dua bagian.
2)      Buang biji avokad dan ambil dagingnya, lalu dimasukkan ke dalam blender.
3)      Tambahkan susu kental manis, gula, dan es batu.
4)      Blender buah avokad dengan kecepatan sedang hingga halus.
5)      Tuang jus avokad ke dalam gelas.
6)      Jus avokad siap untuk dinikmati.
Teks eksposisi yang tepat berdasarkan petunjuk tersebut adalah....
A.    Membuat jus avokad sangat mudah. Bahan berupa buah avokad, susu kental manis putih, dan gula. Jus avokad merupakan minuman yang mengandung banyak vitamin. Jus avokad baik dikonsumsi setiap hari, terutama para remaja. Jus ini dapat menghaluskan kulit. Jus avokad bisa dibawa untuk bekal di sekolah.
B.     Jus avokad dapat dibuat dengan mudah. Pertama ambil buah avokad, lalu dibelah menjadi dua bagian. Kedua, ambil dagingnya dan dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan sedikit air, susu kental manis, dan gula yang sudah dicairkan. Ketiga, blender bahan tersebut dengan kecepatan sedang hingga halus. Masukkan es batu ke dalam gelas lalu tuang jus avokad ke dalamnya, jus avokad siap dinikmati.
C.     Pernahkah Anda membuat jus avokad? Jus avokad mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Bahannya pun sangat mudah didapat. Buah avokad dapat dibeli di pasar atau kios buah. Bagi yang menyukai jus ini,rasanya sangat lembut. Selain mengandung banyak vitamin,jus avokad mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Silahkan mencoba membuat jus avokad.
D.    Menurut saya, jus avokad adalah minuman yang menyehatkan. Jus ini terbuat dari buah avokad yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh bermanfaat menurunkan kolesterol LDL sehingga dapat mencegah stroke,penyakit jantung,darah tinggi, dan kanker. Kandungan lemak tak jenuh sangat mudah dicerna.
40.    Cermati ilustrasi berikut !
Siswa kelas IX-1 SMP Bhakti mengadakan kunjungan industri ke PT Sinar Sosro Mojosari, Mojokerto. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 28 September 2015. Mereka menonton sesi pemutaran film mulai dari sejarah berdirinya PT Sinar Sosro, proses awal pembuatan teh botol Sosro sampai proses pengolahan limbah, baik limbah cair maupun limbah padat.
Laporan tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah....
A.  Pada tanggal 28 September 2015, kami mengunjungi PT Sinar Sosro. Kami menonton pemutaran film sejarah berdirinya PT Sinar Sosro. Proses awal pembuatan teh botol sosro, sampai pada proses pengolahan limbah cair atau padat.
B.  Setibanya kami disuguhi beraneka jenis minuman segar produk PT Sinar Sosro. Kami sangat menikmati minuman itu karena cuaca begitu panas. Untung saja kami boleh mengambil minuman lebih dari satu. Jadi kami senang bisa menikmatinya.
C.  Sewaktu kunjungan ke PT Sinar Sosro, kami diajak jalan-jalan mengelilingi areal pabrik yang luasnya mencapai lebih kurang 12-360 hektar. Kami menyaksikan langsung proses pembuatan teh mulai dari awal tempat penyimpan bahan baku teh.
D.  Guru Bahasa Indonesia mengajak kami mengunjungi industri PT Sinar Sosro, kami berkumpul di halaman sekolah pukul 07.00 WIB. Setelah beberapa saat menunggu, akhirnya rombongan kami berangkat, perjalanan menuju PT Sinar Sosro sungguh menyenangkan.
41.    Perhatikan kalimat berikut !
Kalian harus berkaitan orang yang bersangkutan bila ingin mengetahui perdebatannya lebih jelas lagi.
Penggunaan kata yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah....
A.       bertalian, pembahasannya
B.       bersambung, perbincangannya
C.       menghubungi, persoalannya
D.       menghampiri, perselisihannya
42.    Rumah yang mana menghadap ke arah selatan itu dalam waktu dekat akan segera dibongkar karena menyalahi aturan daripada  Pemerintah.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah....
A.    Rumah yang mana menghadap selatan itu dalam waktu dekat akan dibongkar karena menyalahi aturan Pemerintah
B.     Rumah yang mengahadap selatan itu akan dibongkar karena menyalahi aturan Pemerintah
C.     Rumah yang menghadap selatan itu akan segera dibongkar karena menyalahi aturan Pemerintah
D.    Rumah yang menghadap arah selatan itu akan dibongkar karena mneyalahi aturan daripada Pemerintah
43.    Untuk mencangkok tanaman diperlukan alat dan bahan (1) satu bilah pisau, (2) tali plastik/tali bambu, (3) plastik transparan/sabut kelapa/ijuk, dan (4) tanah yang agak basah dan subur. Pisau merupakan alat yang dapat digunakan sebagai alat untuk memotong dan mengiris makanan. Tali plastik digunakan untuk mengikat plastik transparan ke batang atau dahan pohon yang dicangkok. Tali  plastik dapat diganti dengan tali bambu atau jenis tali lain yang kuat. Plastik transparan dapat diganti dengan sabut kelapa atau ijuk pohon enau. Tanah yang agak basah digunakan sebagai tempat tumbuhnya hasil pencangkokan.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada teks tersebut agar menjadi paragraf padu adalah
A.    Pisau dapat digunakan untuk memotong batang tumbuhan yang akan dicangkok serta memotong tali dan plastik.
B.     Pisau digunakan untuk mengelupaskan kulit tumbuhan yang sudah dicangkok serta memotong tali dan plastik.
C.     Pisau digunakan untuk mengiris daging buah hasil tumbuhan yang dicangkok serta memotong-motong tali cangkokan.
D.    Pisau digunakan untuk mengelupaskan kulit tumbuhan yang akan dicangkok serta memotong tali dan plastik.
44.    Norma kesopanan mengajarkan setiap warga negara untuk menghormati hak-hak orang lain. Norma ini selalu mengatur tingkah laku kita dalam pergaulan hidup sehari-hari. Norma ini merupakan aturan yang berasal dari hati nurani mengenai perilaku baik dan buruk. Sebagai contoh orang yang meludah di tempat umum akan dicela dan dinilai tidak sopan.
Perbaikan kalimat yang becetak miring dalam paragraf tersebut agar menjadi paragraf padu adalah....
A.    Jika tidak diatur dengan baik, kemungkinan akan terjadi penyimpangan terhadap norma kesopanan tersebut.
B.     Negara menyadari bahwa setiap warganya memiliki perbedaan dalam memenuhi kebutuhan hidup.
C.     Pelanggaran terhadap norma kesopanan akan mengakibatkan seseorang dicela atau dicemooh oleh masyarakat.
D.    Norma kesopanan mengatur, melarang, serta memaksa warga masyarakat untuk bertingkah laku sesuai undang-undang
45.    (1) Olahraga sepeda gunung amat sangat membutuhkan kemampuan fisik dan mental karena adanya tantangan alam. (2) Olahraga ini juga memiliki aspek rekreasi. (3) Karena lokasinya berada di daerah pegunungan berbatu dengan pemandangan alam yang eksotis. (4) Anda bisa menikmati suasana yang tenang.
Kalimat yang tidak efektif terdapat pada nomor.....
A.  Pada kalimat nomor (1) penggunaan kata amat sangat mubazir karena mempunyai makna yang sama. 
B.  Pada kalimat nomor (2) penggunaan kata aspek tidak efektif karena  kata aspek tidak padu pada kalimat tersebut.
C.  Pada kalimat nomor (3) kata yang seharusnya tidak digunakan karena kata yang tidak padu pada kalimat tersebut.
D.  Pada kalimat nomor (4) kata paradigma seharusnya diganti karena susah dipahami
46.    Saat ini, banyak pabrik yang memperkerjakan tenaga asing sehingga tenaga kerja kita kurang terserap. Namun, sebagian besar tenaga yang terampil masih diburu pabrik.  Seharusnya masyarakat  berserta pemerintah menjembataninya.
Kata memperkerjakan dan berserta pada kalimat tersebut tidak baku karena......
A.  Apabila imbuhan per- melekat pada kata dasar dengan suku awal er , maka akan mengalami perubahan menjadi pe- , begitu juga pada awalan ber-
B.  Apabila imbuhan per- melekat pada kata dasar dengan suku awal er , maka akan  tetap menjadi per- , begitu juga pada awalan ber-
C.  Apabila imbuhan ber- melekat pada kata dasar dengan awal huruf k maka imbuhan ber- diganti dengan imbuhan yang lain
D.  Apabila imbuhan ber- melekat pada kata dasar dengan awal huruf  er  maka diabaikan saja
47.    Perhatikan kalimat berikut!
       kami sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat liburan pada hari lebaran.
      
       Penggunaan ejaan  yang tepat dari  kalimat tersebut  di atas adalah …
A.    Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau Toba saat liburan pada hari lebaran.
B.     Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau toba saat liburan pada Hari Lebaran.
C.     Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau Toba saat liburan pada hari Lebaran.
D.    Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat liburan pada Hari Lebaran.
48.    Andri membeli, buku, pensil dan ,penggaris.
Penggunaan tanda baca dalam kalimat tersebut salah karena...
A.       Setelah kata membeli seharusnya diberi tanda baca titk dua (:) dan setelah kata pensil diberi tanda baca koma (,).
B.       Setelah kata membeli seharusnya diberi tanda baca titk koma (;) dan setelah kata pensil diberi tanda baca koma (,).
C.       Setelah kata Andri seharusnya diberi tanda baca titk koma (;) dan setelah kata pensil diberi tanda baca koma (,).
D.       Setelah kata membeli  seharusnya diberi tanda baca titk koma (;) dan setelah kata pensil diberi tanda baca titik (.).
49.    Penyebaran firus flu burung sudah sangat mengkhawatirkan. Masyarakat perlu memiliki pemahaman  tentang pencegahan penyebaran firus flu burung.
       Penulisan kata firus pada kalimat tersebut salah,  karena …
A.  Kata firus berasal dari kata asing.
B.  Penulisan kata firus menggunakan huruf v, bukan f.
C.  Penulisan kata firus yang benar adalah vyrus.
D.  Penulisan kata firus yang benar adalah fyrus.
50.    Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis makanan, seperti: tahu,   tempe,  susu dan    lain-lain. Makanan dari bahan dasar  kedelai banyak disukai orang, karena tidak mengandung kolesterol.
Penulisan tanda baca titik dua (:) pada kalimat tersebut salah, seharusnya …
A.       Titik dua dihilangkan, diganti titik koma.
B.       Titik dua dihilangkan karena sudah ada ‘seperti’
C.       Titik dua diganti tanda koma.
D.       Titik dua dihilangkan, diganti titik


1 komentar:

  1. Terima kasih contoh soalnya, semoga barokah. Amin.
    Mohon panjenengan beri fariasi soal lain, jika tidak keberatan. Ter

    BalasHapus