|

|
I. Pilihlah salah satu jawaban
yang paling benar !
1.
|
Bacalah paragraph berikut !
Balai Konservasi Sumber Daya
alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara mensurvei dua satwa endemic Sulawesi, yakni
anoa burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti
populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling
di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.
Gagasan utama paragraph
tersebut adalah …..
|
|
|
a.
|
Tujuan survei satwa endemik Sulawesi
|
|
b.
|
Survei satwa endemik Sulawesi
|
|
c.
|
Metode survei satwa endemik
|
|
d.
|
Tempat survey satwa endemik
|
2.
|
Bacalah kutipan berita berikut
kemudian kerjakan nomor 2 dan 3 !
Teks berita I
Sekitar 7.000 hektar hutan
mangrove hancur di kawasan Laguna Segera Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa
tengah. Kasus itu terjadi sejak tahun
1984 sehingga menghancurkan berbagai biota laut dan tempat pemijahan puluhan jenis
ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan jawa
dan kepunahan hutan mangrove.
Teks berita ll
Warga pendatang dari ciamis.
Jawa Barat, membabati mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi
areal pertanian. Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu
mangrove sebagai material bahan bangunan. Hal itu menyebabkan hutan mangrove
semakin terancam kepunahan.
Kesamaan informasi teks berita
tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Upaya penyelamatan hutan mangrove
|
|
b.
|
Pemanfaatan biota di hutan mangrove
|
|
c.
|
Terancam punahnya hutan mangrove
|
|
d.
|
Penanaman kembali hutan mangrove
|
3.
|
Perbedaan penyajian kedua
kutipan berita tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Teks berita 1 diawali dengan apa,
sedangkan berita 11 diawali dengan di mana
|
|
b.
|
Teks berita 1 diawali dengan apa,
sedangkan berita 11 diawali dengan siapa
|
|
c.
|
Teks berita 1 diawali dengan kapan,
sedangkan berita 11 diawali dengan siapa
|
|
d.
|
Teks berita diawali dengan kapan,
sedangkan berita 11 diawali dengan apa
|
4.
|
Bacalah paragraph berikut
dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5 !
Riana Helmi dalam usianya yang
belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di
Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu di wisuda sebagai dokter dari
fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam
waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat
memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu
kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran dimana pun. Meskipun
begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan
prestasi yang diraihnya.
|
|
|
a.
|
Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
|
|
b.
|
Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
|
|
c.
|
Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
|
|
d.
|
Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
|
5.
|
Sifat yang baik untuk
diteladani pada tokoh tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Tinggi hati dan ramah
|
|
b.
|
Rendah hati dan ramah
|
|
c.
|
Sombong dan rendah hati
|
|
d.
|
Tinggi hati dan sombong
|
6.
|
Perhatikan iklan tersebut !
1.
)Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2.
)Hanya 500 ribu sampai bisa
3.
)Tersedia tiga level
4.
)Untuk semua level,gratis pengulangan
5.
)Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung
Pinang
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor
. . . .
|
|
|
a.
|
1 dan 2
|
|
b.
|
2 dan 4
|
|
c.
|
3 dan 4
|
|
d.
|
3 dan 5
|
7.
|
Hati-hati berkendaraan. Patuhi
aturan nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah harapan
warga kota.
Maksud kalimat kedua pada iklan
tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Seharusnya kita sadar akan aturan lalu
lintas sehingga harapan warga terpenuhi.
|
|
b.
|
Kalau kita menaati aturan lalu lintas, akan
selamatlah warga kota.
|
|
c.
|
Seharusnya semua orang menaati aturan lalu
lintas agar selamat.
|
|
d.
|
Kalau kita mematuhi aturan lalu lintas, di
jaln akan nyaman.
|
8.
|
Sepeda memiliki magnet bagi
banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja,
orang dewasa, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah
beranjak tua senang bersepeda. Bhkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari
gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraph tersebut
adalah . . .
|
|
|
a.
|
Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
|
|
b.
|
Sepeda sebagai alat transportasi modern.
|
|
c.
|
Sepeda bermanfaat bagi kesehatan
masyarakat.
|
|
d.
|
Sepeda digemari oleh berbagai lapisan
masyarakat.
|
9.
|
Cermati
grafik pertumbuhan ekonomi
dan pengangguran di Indonesia berikut !
![]()
Penjelasan yang tepat berdasarkan grafik
tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Angka pengangguran paling banyak terjadi
pada tahun 2004.
|
|
b.
|
Tingkat pertumbuhan ekonomi pada tahun 2003
dan 2005 sebanding.
|
|
c.
|
Tahun 1997 pertumbuhan ekonomi dn jumlah
pengangguran seimbang.
|
|
d.
|
Pertumbuhan ekonomi sebanding dengan angka pengangguran
tahun 1999.
|
10.
|
Perhatikan table berikut !
Jumlah buku di Perpustakaan
Gemar
Simpulan isi table tersebut
adalah . . .
|
|||||||||||||||||||||||||
|
a.
|
Buku cerita anak-anak terbanyak judulnya.
|
||||||||||||||||||||||||
|
b.
|
Novel remaja setiap judul berjumlah 80
buku.
|
||||||||||||||||||||||||
|
c.
|
Jumlah terbanyak adalah buku cerita
anak-anak.
|
||||||||||||||||||||||||
|
d.
|
Jumlah jenis semua buku lebih banyak dari
pada jumlah judulnya.
|
11.
|
BAGAN PANITIA PERPISAHAN
Perhatikan bagan berikut !
![]()
Pertnyaan yang sesuai dengan isi bagan
tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Kedudukan wakil ketua sejajar dengan
bendahara.
|
|
b.
|
Seksi acara bertanggung jawab kepda
sekretaris.
|
|
c.
|
Sekretaris dan bendahara memiliki kedudukan
yang sama.
|
|
d.
|
Jika dibandingkan ketua, kedudukan wakil
ketua lebih tinggi.
|
12.
|
Perhatikan denah berikut!
![]()
Perjalanan
yang paling efektif menuju stadion olahraga dari sekolah adalah dari . . .
|
|
|
a.
|
Jalan Mars ke barat ke jalan Matahari lalu
ke selatan ke Jalan Merkurius.
|
|
b.
|
Jalan Mars ke selatan menuju kantor pos
lalu ke barat ke Jalan Merkurius.
|
|
c.
|
Sekolah ke Jalan Mars, ke barat ke Jalan
Bumi lalu ke utara ke jalan Merkurius.
|
|
d.
|
Jalan Matahari melewati rumah sakit di
jalan Venus lalu ke barat ke Jalan Merkurius.
|
13.
|
Bacalah puisi berikut kemudian
jawablah soal nomor 13 dan 14 !
GEMPA
BUMI
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah
roboh
Orang-orang
berlarian
Gempa bumi
Bila dating harus waspada
Bila ada harus siaga
Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat
dihindari
Berdoalah kepada
tuhan
Agar engkau di
lindungi
Tema kutipan puisi tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Korban bencana alam
|
|
b.
|
Lokasi bencana alam
|
|
c.
|
Waspada gempa bumi
|
|
d.
|
Pertanda dating bencana
|
14.
|
Larik bermajas pada kutipan
puisi tersebut terdapat pada larik . . . .
|
|
|
a.
|
Pertama bait pertama
|
|
b.
|
Kedua bait pertama
|
|
c.
|
Keempat bait kedua
|
|
d.
|
Ketiga bait ketiga
|
15.
|
Bacalah kedua kutipan puisi
berikut !
Perbedaan pesan kedua puisi
tersebut adalah . . .
|
16.
|
(1)”Aku tak ingin kehilangan
sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku
lumpuh.”
(2)”Mana mungkin aku begitu….!”
Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu
melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkorbar walaupun dengan
kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah
saying padamu setelah bertemu.”
(3)”Sudahlah,”Dayu memegang
tangan Airin.”Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin mendorong kursi Dayu,
berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hamper mencelupkan tubuh
emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut
Airin yang cepat tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Davu.
Latar pada kutipan cerpen
tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Di tengah laut
|
|
b.
|
Di pantai
|
|
c.
|
Di rumah Dayu
|
|
d.
|
Di jalan
|
18.
|
Bukti tokoh Airin penyayang
terdapat pada bagian . . . .
|
|
|
a.
|
(1)
|
|
b.
|
(2)
|
|
c.
|
(3)
|
|
d.
|
(4)
|
19.
|
Cermatilah kutipan cerita anak
berikut !
“Apa?! Pengemis? Tak ada
sedekah yang ku berikan …. Usir dia!”teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang
dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu. “Nyi Endit,
kau memang benar-benar manusia kejam!”kata pengemis tua itu. “Mau apa kau
pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit
membentak.
Namun pengemis itu tetap diam
tak tak beranjak dari tempatnya . Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan
sedekah pada manusia melarat macam aku?Hm …. Sungguh terkutuk hidupmu Nyi
Endit! Kau tega berpesta pora di tenga-tengah rakyat kelaparan dan sekarat
karena darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat
!”
Amanat cerita tersebut adalah .
. . .
|
|
|
a.
|
Berusahalah untuk saling memahami keadaan
orang lain.
|
|
b.
|
Berikanlah sedekah kepada orang yang layak
menerimanya.
|
|
c.
|
Janganlah menjadi orang yang hanya pandai
meminta sesuatu.
|
|
d.
|
Berbuat baiklah kepada orang lain meskipun
orang itu menyakiti kita.
|
20.
|
Bacalah kutipan cerita berikut!
Tapi juga siang itu, Luki tidak
dating.Cemas betul hati Budi dan Iwan.Semula Budi sudah siap hendak
melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya
habis-habisnya sahabatnya itu karena melalaikan janjinya seenaknya.
Tapi sekarang, segala kata-kata
itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu dia kemana perginya. Tidak pula
akan sanggup di kumpulkannya kembali.Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas
dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
Konflik dalam kutipan cerita
tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Smpai siang Luki belum juga datang.
|
|
b.
|
Budi melontarkan caci maki kepada Luki.
|
|
c.
|
Luki tidak menepati janjinya kepada budi.
|
|
d.
|
Saat tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.
|
21.
|
Bacalah kedua kutipan novel
berikut !
Perbedaan karakteristik kedua
kutipan novel tersebut adalah . . . .
|
||||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
|||||||||||||||||||
|
|
|
22.
|
Ibu
: Maaf, Saya mengganggu. Apa
ada yang melihat Samsudin?
Hani : Samsudin?
Ibu : Anak saya.
Hani : Oh, si Sam. Ada apa?
Ibu : Sejak siang belum pulang. Padahal belum
makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia belum
juga.
Hani
: Apa tadi habis dimarahi?
Didi : Tadi dia bermain di lapangan, Bu!
Suasana yang tergambar dalam kutipan drama
tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Mencemaskan
|
|
b.
|
Menyedihkan
|
|
c.
|
Mencekam
|
|
d.
|
menakutkan
|
23.
|
Latar waktu dalam drma tersebut
adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Pagi
|
|
b.
|
Siang
|
|
c.
|
Sore
|
|
d.
|
malam
|
24.
|
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada hari ini 17 agustus 2012,Dea berbahagia
karena menerima hadiah dan piala dari gubernur. Ia menang lomba baca puisi
sebagai juara 1 tingkat SMP se-Jakarta.
Kalimat catatan harian yang
tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Aduh betapa malunya aku menerima hadiah dan
piala dari gubernur. Aku juara 1 lomba baca puisi antarsiswa.
|
|
b.
|
Aku menerima hadiah dan pial dari gubernur
karena memenangkan lomba baca puisi se-Jakarta.Aku sangat senang menerima ini
semua.
|
|
c.
|
Aku memenangkan lomba baca puisi sebagai
juara 1 tingkat SMP se-Jakarta.Aku menerima hadiah dan piala.
|
|
d.
|
Tnggal 17 Agustus 2012,aku menerima hadiah
dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi. Aku juara 1 tingkat SMP se-Jakarta.Betaa bahagianya
aku.
|
25.
|
Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada
wakilnya untuk melaksanakan kegiatan kegiatan bakti social dalam rangka
menyambut ramadhan.Wakil kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk
menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siwanya.
Isi pesan singkat yang tepat
berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Kepala sekolah menugasi para wali kelas
untuk melaksanakan kegiatan bakti social demi kepedulian terhadap sesama.
|
|
b.
|
Wali kelas harap menginformasikan kepada
siswanya supaya melaksanakan bakti social untuk menyambut Ramadan.
|
|
c.
|
Kepala sekolah mengharapkan semua siswa
turut menyambut bulan suci Ramadan dengan mengadakan bakti sosial.
|
|
d.
|
Wali kelas mengumpulkan barang apa saja
untuk di sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan Bantuan.
|
26.
|
Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
(1)
Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 -3
jam.
(2)
Pulau-pulau itu sepertipulau Asu dan Pulau
Batu.
(3)
Teluk Dalam adalah Ibu Kota Kabupaten Nias
Selatan.
(4)
Pelabuhan ini menghubungkan pulau-pulau
kecil di sekitarnya.
(5)
Untuk menuju ke sana, Bisa naik mobil dari
Gunung sitoli
(6)
Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
Kalimat-kalimat tersebut akan
menjadi laporan yang baik dengan susunan . . . .
|
|
|
a.
|
(3),(5),(1),(6),(4),(2)
|
|
b.
|
(3),(6),(4),(5),(2),(1)
|
|
c.
|
(1),(5),(6),(4),(2),(3)
|
|
d.
|
(1),(6),(4),(2),(3),(5)
|
27.
|
Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!
SMP Pinang Ranti akan mengadakan peringatan
Hari Ibu, 22 Desember 2010. Peringatan tersebut akan di isi dengan upacara
dilanjutkan berbagai lomba. Sebagai ketua panitia adalah Ibu Dra. Dinda S.S .
Agar informasi ini sampai kepada seluruh warga sekolah, ketua panitia membuat
pengumuman untuk dipasang di tempat papan pengumuman.
Pengumuman yang tepat sesuai
ilustrasi tersebut adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Di umumkan kepada para siswa, guru, dan
karyawan bahwa pada tanggal 22 Desember 2010 diadakan peringatan Hari Ibu.
Oleh karena itu, kita harus mengadakan
upacar dan berbagai lomba.
Tolong, Semua panitia untuk menyiapkan
segala sesuatunya. Terima kasih.
|
|
b.
|
Dalam rangka peringatan HarI Ibu tanggal 22
Desember 2010, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai
lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon
kepada warga sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran
peringatan tersebut.
Atas perhatian semuanya, kami sampaikan
terima kasih.
|
|
c.
|
Dalam rangka peringatan Hari Ibu, SMP
Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami
mohon kepada seluruh panitia untuk berpatisipasi demi kelancaran peringatan
tersebut.
Atas perhatian Bapak dan Ibu, kami
sampaikan terima kasih.
|
|
d.
|
Dengan ini kami umumkan bahwa dalam rangka
peringatan Hari Ibu, SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan
berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon
kepada seluruhnya untuk berpastisipasi dalam kegiatan tersebut.
Atas perhatiannya, kami sampaikan terima
kasih.
|
28.
|
Perhatikan data buku berikut !
Judul : Budidaya Ikan Nila
Penulis
: Sahar Erizal
Penerbit
: PT Swadaya
Keunggulan :
·
Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
·
Berdasarkan pengalaman pribadi
·
Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan :
·
Ilustrasi gambarnya kurang
Paragraf resensi yang tepat berdasakan data
buku tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Tujuan penulis buku ini ingin membuat
pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan
termotivasi karena buku ini juga di lengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar
Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu di baca oleh setiap pelajar.
Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi maslah. Hal ini karena
dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.
|
|
b.
|
Pembaca
digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini
juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan.
|
|
c.
|
Buku yang
berjudul Budidaya Ikan Nila ini isnya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT
Swadaya ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu memahami
isinya. Apalagi kalimat
yang digunakan pendek-pendek.
|
|
d.
|
Buku secara garis besar menjelaskan
bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka
yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi ilustrasi
gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para
peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh
karena itu, buku ini layak dibaca.
|
29.
|
Bacalah kutipan surat pribadi berikut !
Kak Desis yang kurindukan,
[ . . . . ]
Kak Desis, aku ingin
menyampaikan kepada kakak bahwa Ibu sangat kangen pada kakak. Sudah empat
bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu Kakak saat ini sibuk mengerjakan
tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang tua kita
mengharapkan kakak bisa datang ke bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak,
begitu juga aku dan adik.
Cukup sekian surat dariku,
balasan surat dari Kakak sangat aku nantikan.
Kalimat pembuka surat yang
tepat adalah . . . .
|
|
|
a.
|
Dengan datangnya surat ini, saya
memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga dirumah kangen sama Kakak.
Kapan Kakak pulang kampung?
|
|
b.
|
Halo Kak Desis, apa kabar? Mengapa Kak
Desis jarang pulang kampung?Apa Kakak masih punya kesibukan? Bagaimana Kabar
Kakak di Jakarta?
|
|
c.
|
Melalui Surat ini, saya berharap keadaan
Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa pulang ke Bandung.
Kabar Kakak aku tunggu.
|
|
d.
|
Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan
bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat
|
30.
|
Bacalah kutipan surat berikut !
Yth. Pengurus OSIS SMP Setia Hati
Di Brebes
Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan
pelaksanaan Bakti Sosial, kami mengharap kehadiran saudara pada
Hari,tanggal : Selasa, 17 Juli 2012
Waktu : Pukul 14.00
Tempat : Ruang OSIS
Acara : Persiapan Bakti Sosial
[ . . . . ]
Bagian penutup surat tersebut
yang tepat adalah . . .
|
|
|
a.
|
Demikian surat pemohonan ini kami
sampaikan semoga dapat di kabulkan.
|
|
b.
|
Besar harapan kami, permohonan ini ditinjak
lanjuti. Sekian dan terima kasih.
|
|
c.
|
Mengingat pentingnya acara tersebut, harap
hadir tepat waktu.
|
|
d.
|
Demikian surat pemberitahuan ini
disampaikan.
|
|
|
|
31.
|
Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan
kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada
petugas kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan
tetapi, sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di
pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan.
Petugas sekolah sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah tidak lama
menumpuk kembali.
[ . . . ]
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Kami siap kok membantu merawatnya. Asal ada
jalinan kerja sama yang jelas.
|
|
b.
|
Apakah tidak ada petugas yang menangani
lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu.
Terima kasih.
|
|
c.
|
Melalui surat pembaca ini, kami mohon
kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali dan
membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
|
|
d.
|
Kalau memang tidak mau lagi merawatnya,
dibuang sja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali
lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada keluhan kami. Terima
Kasih.
|
32.
|
Pemerintaha perlu melakukan reformasi
pada PT Perusahaan Listrik Negara(PLN). PLN tidak boleh monopoli penyediaan
listrik. Seruan itu datang dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul
dengan krisis listrik.
Pihak swasta yang hendak memiliki pembangkit
listrik sendiri hendaknya diberikan kemudahan perizinan. Jika hal itu
dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen dapat teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang
tepat adalah . . .
|
|
|
a.
|
Krisis listrik sangat merugikan para
pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
|
|
b.
|
Pemerintah perlu mereformasi PLN dan member
pihak swasta kemudahan perizinan.
|
|
c.
|
Pemerintah hendaknya mempermudah perizinan supaya
kerugin konsumen dapat teratasi.
|
|
d.
|
Pengusaha menyerukan agar pemerintah
melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.
|
33.
|
Perhatikan ilustrasi peristiwa
tersebut adalah . . .
Hari Senin, 19 Maret 2012 di jalan poros
Makassar – Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai putting
beliung. Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diperkirakan putting
beliung ini sampai bulan April.
Teks berita yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Hujan
deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk di jalan poros
Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto,
Sulawesi Selatan, pada hari senin yang lalu. Putting beliung akan melanda
kembali di wilayah Sulawesi Selatan pada April mendatang.
|
|
b.
|
Putting beliung terjadi di jalan poros
Makassr – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, kabupaten Jeneponto,
Sulawesi Selatan, Senin (19/3) dan mengakibatkan tiang listrik ambruk dan
mengeluarkanbunga api. Peristiwa ini di perkirakan masih akan melanda seluruh
wilayah Sulawesi hingga April mendatang.
|
|
c.
|
Di jalan
poros Makassar – Jeneponto di Desa
Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan
deras disertai angin kencang. Peristiwa ini menyebabkan tiang listrik ambruk
dan mengeluarkan bunga api hingga April mendatang.
|
|
d.
|
Hujn deras
di sertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan
bunga api di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan
Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3). Putting
beliung di perkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan
hingga April mendatang.
|
34.
|
Bacalah ilustrasi berikut !
OSIS SMP Tunas Bangsa memperingati Hari Bumi
dengan cara yang berbeda. Pada Tanggal 22 April 2011 setiap siswa wajib
menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Tujuan menanam tersebut agar
lingkungan sekolah nyaman dan bebas polusi udara.
Slogan yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Hari ini menanam besok merawat.
|
|
b.
|
Sepotong tanaman untuk masa depan.
|
|
c.
|
Tanam pohon sekarang segar udara kemudian.
|
|
d.
|
Segera rawat pohon lingkungan akan nyaman.
|
35.
|
Perhatikan ilutrasi berikut !
Mobil akan di jual dengan spesifikasi sebagai berikut.
·
Mobil BMW 318 tahun 2011
·
Warna mobil hitam
·
Dari tangan pertama
·
Aksesorisnya lengkap
·
Harga boleh ditawar
·
Yang berminat hubungi nomor 012-8883508
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
BU . Mbl
BMW 318’ 11. Htm mls. Tgn l. full aks. Nego. Hub 012-8883508.
|
|
b.
|
Mobil di
jual. BMW 318 ’11. Hitam mulus. Full aks. Nego. Hubungi 012-8883508.
|
|
c.
|
BU. Akan
di jual mobil BMW 318 ‘ 11. Hitam mulus. Tgn l. hub 012-8883508.
|
|
d.
|
Bmw 318 ‘
11 Di jual karena butuh uang. Full aks. Nego. Hubungi 012-8883508.
|
36.
|
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk menanam pohon pisan
(1)
Lubang diamkan selama 2 hari.
(2)
Siapkan lubang ukuran 1 x 1 x ½ meter.
(3)
Timbunlah pohon pisang dengan tanah lalu
disiram.
(4)
Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke
dalam lubang.
(5)
Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk
kompos.
Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan
kalimat-kalimat tersebut adalah . . .
|
|
|||
|
|
a.
|
(2),(4),(5),(1),(3)
|
||
|
|
b.
|
(2),(5),(1),(4),(3)
|
||
|
|
c.
|
(5),(1),(4),(3),(2)
|
||
|
|
d.
|
(5),(3),(4),(1),(2)
|
||
|
|
|
|
||
37.
|
Perhatikan petunjuk berikut !
Petunjuk
membuat tape singkong
(1)
Kupaslah singkong lalu dicuci.
(2)
[ . . . ]
(3)
Cuci kembali kemudian tiriskan.
(4)
Rebuslah singkong sampai setengah matang.
(5)
Rebuslah singkong taburi dengan ragi
sebagai bahan fermentasi.
(6)
[ . . . ]
(7)
Tape singkong siap untuk dinikmati.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
petunjuk tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
(2) Potong
singkong dengan ukuran kecil.
(6)
Bungkus dengan plastic atau daun dalam suhu 20°C.
|
|
b.
|
(2)
Keriklah singkong yang sudah dicuci untuk menghilangkan lendirnya.
(6) Tutup
rebusan singkong sampai rapat dan diamkan selama 48 jam.
|
|
c.
|
(2) Jemur
singkong sampai kering
(6)
Ratakan ragi yang ada pada singkong sampai ke dalam-dalamnya.
|
|
d.
|
(2) Potong
singkong dengan ukuran kecil.
(6) Tutup
rebusan singkong sampi rapat dan diamkan selama 48 jam.
|
38.
|
Perhatikan kutipan teks pidato berikut !
Anak-anakku semua yang berbahagia,
Anda-anda sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima
estafet kepemimpinan.
Perbaikan kata sapaan yang tepat pada
kutipan naskah pidato tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Anak semua
yang berbahagia.
Anda-anda
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
|
|
b.
|
Anak-anakku
yang berbahagia,
Kalian
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
|
|
c.
|
Semua yang
berbahagia,
Anak-anak
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
|
|
d.
|
Anak yang
berbahagia,
Kalian
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
|
39.
|
Bacalah ilustrasi berikut !
SMP Harapan melaksanakan pelantikan Ketua
OSIS yang baru terpilih. Erwan sebagai Ketua OSIS SMP Harapan yang baru
terpilih memberikan pidato sambutan.
Bagian pembuka pidato yang tepat
berdasarkan Ilustrasi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Pada
kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME karena kita
masih dilimpahi kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan acar pelantikan Ketua
OSIS SMP Harapan.
|
|
b.
|
Saya
berharap dalam kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan dari
semua pihak. Dengan Demikian, akan tercipta situasi yang kondusif dan semua
program yang telah di rencanakan dapat terlaksana.
|
|
c.
|
Demikian
sambutan saya pada awal saya terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. Saya
menyampaikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati
Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman.
|
|
d.
|
Bapak dan
Ibu yang kami hormati, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan karena kita
dipertemukan dalam situasi yang berbahagia ini. Tujuan kami datang adalah ingin
menyampaikan bingkisan.
|
40.
|
Tema karya ilmiah :
Pengaruh cahaya matahari terhadap
pertumbuhan kecambah.
Rumusan masalah karya ilmiah yang tepat
berdasarkan tema tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Kapan
cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?
|
|
b.
|
Bagaimana
pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah ?
|
|
c.
|
Adakah
tanaman yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan cahaya matahari ?
|
|
d.
|
Mengapa
cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?
|
41.
|
Bacalah simpulan karya ilmiah berikut !
Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah
menjadikan siswa mencintai lingkungan sekolahnya. Dengan demikian prestasi
belajar dapat ditingkatkan. Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan
dipelihara siswa secara tidak langsung berkontribusi bagi peningkatan gairah
belajar siswa.
Saran yang tepat berdasarkan karya ilmiah
tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Kepedulian
siswa terhadap lingkungan sekolah harus terus dipertahankan.
|
|
b.
|
Lingkungan
sekolah tidak perlu dipelihara oleh siswa serta seluruh warga sekolah.
|
|
c.
|
Sudah
seharusnya siswa menjaga lingkungan sekolah. Kalau bukan siswa siapa lagi ?
|
|
d.
|
Lingkungan
sekolah yang nyaman dapat menjaga siswa berbuat yang tidak diinginkan.
|
42.
|
Cermatilah kalimat berikut !
Kepada para siswa siswi yang akan mengikuti
lomba futsal mohon berkumpul di lapangan.
Kalimat tersebut akan efektif
bila di hilangkan kata . . .
|
|
|
a.
|
Siswa siswi
|
|
b.
|
Kepada dan para
|
|
c.
|
Kepada dan yang
|
|
d.
|
Para dan yang
|
43.
|
Perhatikan kalimat berikut !
Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi ketua
harian klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan bintang jasa
utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Perhatikan penulisan huruf
capital pada kalimat tersebut yang tepat adalah . . .
|
|
|
a.
|
Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi
ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang
Jasa Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
|
|
b.
|
Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi
Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih Penghargaan Bintang
Jasa Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
|
|
c.
|
Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi
Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang
Jasa Utama dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
|
|
d.
|
Mantan atlet bulu tangkis yang kini menjadi
ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih penghargaan Bintang
Jasa Utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
|
44.
|
Perhatikan paragraph berikut !
Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa di
buat berbagai jenis, seperti: tahu, tempe, susu dan lain-lain. Makanan dari
bahan dasar kedelai banyak disukai orang, karena tidak mengandung kolesterol.
Perbaikan penulisan tanda baca yang tepat
terdapat dalam paragraph . . .
|
|
|
a.
|
Kedelai
termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis seperti: tahu, tempe,
susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan kedelai banyak di sukai orang karena
tidak mengandung kolesterol.
|
|
b.
|
Kedelai
termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe,
susu dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar kedelai banyak disukai orang,
karena tidak mengandung kolesterol.
|
|
c.
|
Kedelai
termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe,
susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar kedelai banyak disukai orang,
karena tidak mengandung kolesterol.
|
|
d.
|
Kedelai termasuk bahan pangan yang bisa
dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe, susu dan lain-lain. Makanan dari
bahan dasar kedelai banyak disukai orang karena tidak mengandung kolesterol.
|
45.
|
Perhatikan kutipan pantun berikut !
Memakai cincin dari batu
Semangka di sawah dibelah dua
[ .
. . ](1)
[ .
. . ](2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun
tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
(1) Hidup
ini harus saling membantu
(2) Supaya
hidup lebih bermutu
|
|
b.
|
(1) Datang
ke lading membawa pedang
(2)
Melihat rusa belang di Dada
|
|
c.
|
(1) Jika
tak pandai memakai waktu
(2) Maka
sia-sialah hidupnya
|
|
d.
|
(1) Tiga
ditambah empat tujuh
(2) Tujuh bilangan
ganjil
|
46.
|
Perhatikan kutipan puisi berikut !
Ibu,
Dengan apa kublas [ . . . ](1)
Dengan uang beribu-ribu
Ah,
Itu
Sesuatu yang tabu
Apakah aku harus [ . . . ](2)
Di
atas pangkuanmu
Ya, ini mungkin lebih seru
Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan
puisi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
(1) semua
(3)
menuntut
|
|
b.
|
(1) kasihmu
(2) berdoa
|
|
c.
|
(1) jasamu
(2) bersimpah
|
|
d.
|
(1) air matamu
(2) restu
|
47.
|
Bacalah puisi berikut !
Buku,
Katanya kau gudangnya ilmu
Aku
tak tahu
[ .
. . ]
Dengan wajah berbalut debu
Kau
sendiri gudang dalam gudang
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Di lemari
bertumpuk-tumpuk
|
|
b.
|
Ilmu apa
yang tersembunyi
|
|
c.
|
Kau
termenung di sudut lemariku
|
|
d.
|
Buku mana
yang akan kubaca
|
48.
|
Cermatilah kutipan naskah drama berikut !
Putri
: Kenapa harus pink, sih? (sedih menahan isak)(1)
Vince
: Mungkin karena cerah, put?
:
Menurut gue sih di pilih pink karena warnah merah dan biru sudah
diambil Superman !
:
Dan hitam sudah dipakai sama Batman, gitu kan ? (sambil mencubit Harap,
abang keduanya itu)
Perbaikan petunjuk lakukan yang tepat untuk
putri pada dialog (1) adalah . . .
|
|
|
a.
|
(tertawa)
|
|
b.
|
(melamun)
|
|
c.
|
(tersenyum)
|
|
d.
|
(penasaran)
|
49.
|
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Suasana
pos ronda masih sepi. Lampu 15 watt yang berada di tengahnya sudah menyala
sejak pukul 18.00. sisa hujan yang baru beberapa saat berhenti masih menetes
di daun pisang. Suaranya mendominasi keadaan.
Madi
: (Datang menjinjing kentongan dan senter) tumben amat gini
hari masih sepi.
Wahab : [ . . . ] Di, kamu sudah datang?
Madi
: udah, Mas. Sepi sekali, ya?
Wahab : Maklum habis hujan.
Madi
: iya, hujan hari ini benar-benar seharian.
Petunjuk lakukan yang tepat untuk
melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
Keluar
dari rumahnya
|
|
b.
|
Keluar
dari dalam pos ronda
|
|
c.
|
Muncul
dari balik pagar bamboo
|
|
d.
|
Sambil
pergi meninggalkan pos
|
50.
|
Bacalah kutipan naskah drama berikut !
Satilawati : Tidak ada sebab
yang lain?
Ishak : (malu-malu)
Tentu ada. Engkau cantik.
Satilawati : [ . . . ](1)
Ishak : Itu yang akan
kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati : Bahaya apa?
Ishak : Aku mungkin di pandang pengkhianat oleh
rakyat.
Satilawati : karena apa?
Ishak : [ . . . ](2)
Satilawati : Romanmu itu,
maksudmu?
Ishak : Ya, Hari
Ketiga Nippon di Indonesia.
Satilawati : Mengapa? Sudah
diterbitkan, bukan?
Ishak : Ya, semua hartaku telah habis kujual untuk
menerbitkan buku ini. Rugi semat.
Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah
drama tersebut adalah . . .
|
|
|
a.
|
(1) Akan ke mana engkau pergi?
(4) Karena aku mengarang.
|
|
b.
|
(1) Tetapi mengapa?
(2) Karena wajahku.
|
|
c.
|
(1) Tapi mengapa engkau pergi?
(2) Karena karanganku.
|
|
d.
|
(1) Engkau akan kemana?
(2) Aku mengarang.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar