SILABUS
PERKULIAHAN
1.
Identitas Mata Kuliah
Mata kuliah :
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi
Semester :
IV
Jenjang/Prodi :
S1/PGSD
Dosen Pembimbing :
Khurotul Aini, S. Pd., M. PdI
2.
Tujuan
1)
Memahami hakekat perkembangan bahasa (Pragmatik, Semantik, Fonologis, Morfologis,
Etimologi dan Sintaksis)
2)
Memahami bahwa keempat keterampilan berbahasa
(menyimak, berbicara. membaca dan menulis) saling berkaitan dan harus
dipelajari dalam konteks yang alami
3)
Dapat merancang program pembelajaran (menyimak,
berbicara. membaca dan menulis)
4)
Dapat melaksanakan pembelajaran (menyimak, berbicara.
membaca dan menulis)
5)
Dapat mengevaluasi kemampuan anak secara individual
dalam (menyimak, berbicara. membaca dan menulis)
3.
Deskripsi Inti Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan pendahuluan metode pambelajaran
bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Fokus perkuliahan adalah strategi
pembelajaran (menyimak, berbicara. membaca dan menulis) di kelas-kelas tinggi SD
( kelas 4-6)
4.
Pendidikan Pemkembangan
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi di kelas
Tugas :
Makalah,Rancangan Pembelajaran RPP, dan
Evaluasi
Media :
LCD
5.
GBPP (Garis Besar Program Perkuliahan)
Pertemuan
|
Topik Inti
|
Pertemuan 1
|
Hakekat Perkembangan Bahasa Anak
|
Pertemuan 2
|
Perkembangan Pragmatik dan Semantik Anak
|
Pertemuan 3
|
Perkembangan Fonologis dn Morfologis anak
|
Pertemuan 4
|
Perkembangn Membaca dan Menulis Anak
|
Pertemuan 5
|
Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa kedua
|
Pertemuan 6
|
Pendekatan/Metode Pembelajaran Bahasa di
Kelas Tinggi
|
Pertemuan 7
|
UTS
|
Pertemuan 8
|
Pembelajaran Membaca dan Menulis
|
Pertemuan 9
|
Merancang Pembelajaran Membaca dan Menulis
|
Pertemuan 10
|
Pembelajaran Bahasa dan Bidang Studi Lewat Sastra
|
Pertemuan 11
|
Merancang Pembelajaran Bahasa Lewat Sastra
|
Pertemuan 12
|
Merancang Evaluasi
Pembelajaran Membaca Menulis
|
Pertemuan 13
|
UAS
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar