MATERI BIMBEL BAHASA INDONESIA
SKL 20. Menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks (teks laporan
dan prosedur)
I.
Teks Laporan
1. Pengertian Teks
Laporan
Teks laporan adalah teks yang berisi
penjabaran umum / melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi).
Teks laporan (report) ini juga disebut teks klasifikasi karena memuat
klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Jenis
teks ini mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum
(general) seperti benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau peristiwa yang
terjadi di alam semesta kita.
2. Susunan Teks laporan
Secara
umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:
(1)Penyataan
Umum (Klasifikasi)
Pernyataan
umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan umum yang
disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada pembahasan atau
hal yang akan dilaporkan.
(2) Aspek
– Aspek Laporan
Setelah
pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek laporan. Bagian
ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan klasifikasi
tertentu.
3.
Ciri-ciri Kebahasaan
Teks laporan memiliki ciri kebahasaan, diantaranya
adalah:
(1)Menggunakan kata sandang
Kata sandang merupakan jenis kata yang digunakan untuk
mengawali kata benda yang berfungsi sebagai penentu, misalnya sebuah, suatu,
beberapa, seorang, dan lain – lain.
Contoh :
Seorang anak hilang dalam keramaian
Sebagian mamalia tinggal di dalam laut.
(2)Menggunakan konjungsi
Kata sambung digunakan untuk menghubungkan dua bagian
kalimat. Ada dua macam kata sambung, yaitu kata sambung intra kalimat dan kata
sambung intra paragraf. Contohnya adalah sedangkan, namun, dan, tetapi,
sehingga, dan lain – lain.
Penggunaan kata sambung ini agar teks laporan menjadi
karangan atau tulisan yang padu.
II.
Teks Prosedur
1. Pengertian Teks Prosedur
Teks
prosedur adalah teks yang menunjukkan serangkaian tindakan atau langkah-langkah
yang jelas dan teratur yang harus dijalankan untuk menghasilkan suatu tujuan
yang diinginkan.
2. Struktur Teks Prosedur
Secara
umum, teks prosedur memiliki struktur sebagai berikut:
(1) Judul
(2)Pengantar yang menjelaskan tujuan kegiatan
(3) Bahan-bahan yang diperlukan
(4) Urutan langkah-langkah/tahapan
(1) Judul
(2)Pengantar yang menjelaskan tujuan kegiatan
(3) Bahan-bahan yang diperlukan
(4) Urutan langkah-langkah/tahapan
3. Unsur Kebahasaan
Adapun
unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur adalah sebagai berikut:
(1) Penggunaan kata-kata penghubung yang menunjukkan urutan/langkah
Kata penghubung adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antar kalimat, dan antarparagraf.
(2)Penggunaan kalimat perintah
Kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung makna meminta/memerintah seseorang untuk melaksanakan sesuatu.
(3) Penggunaan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, atau cara yang akurat.
Kata keterangan adalah kata yang digunakan untuk memberi penjelasan pada kata lain.
(1) Penggunaan kata-kata penghubung yang menunjukkan urutan/langkah
Kata penghubung adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antar kalimat, dan antarparagraf.
(2)Penggunaan kalimat perintah
Kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung makna meminta/memerintah seseorang untuk melaksanakan sesuatu.
(3) Penggunaan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, atau cara yang akurat.
Kata keterangan adalah kata yang digunakan untuk memberi penjelasan pada kata lain.
4. Langkah-langkah
Langkah-langkah
menulis atau menyusun teks prosedur
(1) Memilih topik untuk teks prosedur
(2) Menuliskan pengantar yang menjelaskan tujuan
(3) Menuliskan bahan-bahan yang dibutuhkan
(4) Menuliskan urutan langkah-langkah
(1) Memilih topik untuk teks prosedur
(2) Menuliskan pengantar yang menjelaskan tujuan
(3) Menuliskan bahan-bahan yang dibutuhkan
(4) Menuliskan urutan langkah-langkah
5. Teks
prosedur dibedakan menjadi 2, yaitu: teks prosedur membuat sesuatu dan teks
prosedur melakukan sesuatu
III.
Latihan Soal
1. Bacalah kalimat petunjuk berikut !
Petunjuk menyemprot hama
(1) Penyemprotan selanjutnya dilakukan satu minggu
kemudian.
(2) Penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah serangan
hama lalat dan belalang
(3) Penyemprotan pertama dilaksanakan pada umur 7 hari
setelah penanaman atau 1 hari setelah biji mulai tumbuh.
(4) Racun yang dapat digunakan yaitu thiodin, sevin,
forfeno, dan folidol
Urutan petunjuk yang tepat adalah ….
A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (2)-(3)-(1)-(4)
C. (3)-(2)-(1)-(4)
D. (4)-(2)-(3)-(1)
2. Bacalah kalimat berikut !
(1) Sesampainya di lokasi, penghuni Panti Asuhan gembira
menyambut kami.
(2) Tepat pukul 07.00 kami berangkat dengan bus.
(3) Minggu, 30 September 2012, kami berkunjung ke Panti
Asuhan.
(4) Setelah 60 menit kami dalam perjalanan lalu tibalah di
lokasi.
(5) Semua siswa yang ikut, berkumpul di sekolah pukul
06.00.
(6) Setelah pukul 06.30, peserta diberi pengarahan oleh
ketua panitia.
Susunan kalimat laporan tersebut yang
tepat adalah ….
A. (3), (1), (4), (5), (6), (2)
B. (3), (5), (6), (2), (4), (1)
C. (5), (6), (3), (2), (4), (1)
D. (5), (2), (4), (6), (1), (3)
3. Bacalah kalimat petunjuk berikut!
Petunjuk membuat agar-agar
(1) Masukkan 4 gelas susu cair atau santan kental!
(2) Setelah mendidih, tuang adonan ke dalam cetakan!
(3) Tuang satu bungkus agar-agar bubuk ke dalam panic!
(4) Tambahkan 2 gelas gula pasir dan sedikit garam!
(5) Panaskan di atas api sedang sambil terus diaduk!
Urutan yang tepat adalah….
A. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)
B. (1)-(4)-(3)-(5)-(2)
C. (3)-(1)-(4)-(5)-(2)
D. (3)-(2)-(5)-(1)-(4)
4. Bacalah kalimat berikut!
(1) Gresik selama ini dikenal sebagai kota wisata religi.
(2) Padahal, sebagai kota pesisir, Gresik sebetulnya punya
cukup banyak potensi wisata pantai.
(3) Ikonnya antara lain, makam Sunan Giri, Maulana Malik
Ibrohim, dan Fatimah Binti Maimun.
(4) Berdasar peta wisata milik Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata (Disbudpar), setidaknya ada 7 pantai yang punya potensi untuk
dijadikan wisata alternative.
(5) Ada juga makam Raden Santri dan makam Nyai Ageng
Pinatih.
Agar menjadi paragraf laporan yang baik,
urutan kalimat-kalimat di atas seharusnya adalah ….
A. (1)-(5)-(2)-(3)-(4)
B. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)
C. (4)-(1)-(2)-(3)-(5)
D. (1)-(2)-(4)-(3)-(5)
5. Bacalah kalimat berikut !
(1) Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai
relegius yang menguraikan kabaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka
pada lingkungan social.
(2) Pendidikan karakter ini dapat membentuk mereka menjadi
remaja berprestasi.
(3) Dalam pendidikan karakter itu mereka diajari juga
nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang
tinggi yang dapat menjadikan remaja sebagai
orang yang berprestasi.
(4) Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi
dan nilai cinta damai atai nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja
mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai.
Agar menjadi paragraf yang baik, urutan
kalimat di atas seharusnya adalah ….
A. (1)-(2)-(4)-(3)
B. (3)-(1)-(4)-(2)
C. (1)-(3)-(4)-(2)
D. (2)-(1)-(4)-(3)
6. Bacalah kalimat di bawah ini!
(1) Dia merupakan murid pindahan dari sekolah yang kaya
dan sekaligus tokoh terakhir yang muncul sebagai bagian dari Laskar pelangi.
(2) Pertama kali masuk sekolah, ia sempat membuat
kekacauan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang
malang terpaksa tergusur.
(3) Flo, bernama asli Floriana, adalah seorang anak tomboy
yang berasal dari keluarga kaya.
(4) Ia melakukannya dengan alasan ingin dudukdi sebelah Mahar dan tak mau didebat.
Susunan kalimat yang benar kalimat di atas
sehingga menjadi paragraf yang padu adalah ….
A. (3)-(2)-(1)-(4)
B. (3)-(1)-(2)-(4)
C. (3)-(1)-(4)-(2)
D. (1)-(3)-(2)-(4)
7. Cermatilah teks prosedur!
(1) Mengambil formulir (slip) penyetoran uang.
(2) Menyetorkan uang kepada teller serta menyerahkan buku
tabungan.
(3) Mengisi formulir (slip) penyetoran uang.
(4) Menyerahkan formulir(slip) penyetoran uang.
(5) Menunggu giliran dipanggil oleh teller.
(6) Mengambil buku tabungan yang telah diisi oleh teller.
Urutan prosedur menabung uang di bank yang
benar adalah ….
A. (5)-(1)-(3)-(2)-(4)-(6)
B. (1)-(3)-(4)-(2)-(5)-(6)
C. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
D. (5)-(4)-(2)-(3)-(6)-(1)
8. Cermatilah kalimat-kalimat berikut !
(1) Saat mendapatkan kesempurnaan, maka saat itu pula akan
mendapat ketidaksempurnaan.
(2) Ben, memang tergila-gila pada kopi.
(3) Seorang lelaki bernama Ben, peracik kopi yang mencari
cita rasa kopi yang sempurna.
(4) Dia berkeliling dunia demi mendapatkan kopi-kopi
terbaik dari seluruh negeri serta berkonsultasi dengan para ahli peracik kopi.
Urutan yang tepat kalimat-kalimat di atas adalah ….
A. (3)-(1)-(2)-(4)
B. (3)-(2)-(1)-(4)
C. (2)-(3)-(4)-(1)
D. (2)-(4)-(3)-(1)
9. Bacalah kalimat petunjuk berikut!
Petunjuk menulis resensi buku
(1) Meringkas atau mencatat bagian-bagian penting isi
buku.
(2) Mendaftar bagian-bagian yang merupakan kelebihan dan
kekurangan buku.
(3) Mendata buku yang dibaca.
(4) Memadukan rangkuman dan tanggapan pribadi ke dalam
tulisan yang utuh.
(5) Menuliskan pendapat pribadi sabagai tanggapan atas isi
buku.
Urutan yang tepat petunjuk tersebut adalah
….
A. (3)-(1)-(2)-(5)-(4)
B. (3)-(1)-(4)-(2)-(5)
C. (4)-(2)-(1)-(5)-(3)
D. (5)-(2)-(4)-(3)-(1)
10. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Laporan Perjalanan
(1)
Kami berangkat menuju Bromo tanggal
27 April 2005
(2)
Sesampainya disana banyak temuan yang kami
catat sebagai tambahan penegnntahuan.
(3)
Para pembimbing adalah sekolah kami
yang berjumlah dua belas orang .
(4)
Jumlah siswa yang ikut dalam
rombongan karya wisata berjumlah 78 orang.
(5)
Kawasan Bromo yang indah menjadi wisata kami
(6)
Perjalananan wisata ke Bromo tidak
dapat kami lupakan
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila di susun dengan urutan ….
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis bila di susun dengan urutan ….
A.
1-2-3-4-5-6
B. 5-1-4-3-2-6
C. 1-5-3-4-6-2
D. 4-1-5-3-6-2
11. Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
Cara
Mematikan Komputer
(1) Tutup
semua program atau aplikasi yang sedang aktif
(2) Klik
menu “Turn Off Computer”
(3) Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu
Dekstop
(4) Diamkan
beberapa saat hingga komputer padam.
(5) Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik
tombol “Turn Off”
(6) Cabut
kabel listrik dari jala-jala listrik
(7) Tekan
tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor
(8) Tutup
dengan penutup
Kalimat-kalimat
tersebut dapat disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor….
A. 1-3-2-4-5-7-6-8
B. 1-3-2-5-4-7-6-8
C. 1-2-3-4-5-7-6-8
D. 1-2-4-3-6-5-7-8
12. Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Pengalaman
pertama yang membuat kami semakin bersyukur kepada Tuhan YME.
(2)
Esok
paginya, setelah puas kami pun turun gunung dengan perasaan penuh haru dan
syukur.
(3)
Malam
tahun baru di puncak gunung, pengalaman pertama kami.
(4)
Pendakian
itu kami lakukan menjelang malam tahun baru.
(5)
Perjalanan
mendaki Gunung Merapi sangat menakjubkan.
Urutan
kalimat-kalimat tersebut yang tepat adalah ….
A. (4), (2), (5), (3), (1)
B. (4),
(3), (2), (5), (1)
C. (5), (4), (3), (1), (2)
D. (5),
(1), (2), (4), (3)
13. Bacalah
teks prosedur berikut dengan saksama!
(1)
Pengairan selanjutnya dikurangi,
terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat
menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)
Mula-mula air disalurkan melalui
saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan hingga tanah cukup
basah.
(3)
Selanjutnya, air segera dialirkan
melalui saluran pembuangan.
(4)
Pengairan harus dilakukan secara
rutin 3 – 5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban
tanah.
(5)
Pengairan dilakukan dengan cara
digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Urutan
kalimat teks prosedur yang tepat adalah…
A. (1),
(3), (2), (5), (4)
B. (3),
(1), (5), (2), (4)
C. (4), (5), (1), (2), (3)
D. (4),
(1), (2), (5), (3)
14. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Ketika kami turun gunung, hujan salju bertambah lebat.
(2) Sungguh, pengalaman itu tak kami lupakan.
(3) Pendakian itu kami lakukan saat liburan kenaikan kelas.
(4) Maklum baru pertama kali. Di sana kami melihat hujan salju.
(5) Perjalanan mendaki gunung tertinggi di Irian Jaya sungguh mengesankan.
Kalimat- kalimat
tersebut akan menjadi laporan yang padu dengan urutan sebagai berikut ….
A. (4), (2), (1), (3), (5)
B. (4), (3), (2), (5), (1)
C. (5), (4), (3), (1), (2)
D. (5), (3), (2), (4), (1)
15. Bacalah kalimat-kalimat petunjuk berikut!
(1) Tuang ke penumbukan!
(2) Tumbuk hingga halus!
(3) Ambil daun binahong kira-kira 7 lembar!
(4) Balurkan pada organ tubuh yang memar!
(5) Setelah tiga jam bukalah dan bersihkan dengan air suam-suam kuku. Maka
bagian yang memar telah hilang.
Petunjuk menghilangkan memar pada bagian tubuh yang
tepat adalah ….
A. (4), (2), (1), (3), (5)
B. (3), (1), (2), (4), (5)
C. (5), (4), (3), (1), (2)
D. (5), (3), (2), (4), (1)
16. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Pada kesempatan itu, 114 kontestan mengikuti lima tantangan yang
diperlombakan, yaitu talent competition, olahraga, multimedia, top model, dan
beauty with a purpose.
(2) Ajang Miss World 2015 berlangsung meriah.
(3) Mereka tidak hanya cantik secara fisik, juga cantik hati.
(4) Semua tantangan dinilai oleh para
juri yang kompenten
(5) Masing-masing peserta memperlihatkan ciri khas Negara masing-masing.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi teks yang padu
dengan susunan…
A. (1),
(3), (2), (5), (4)
B. (1),
(3), (2), (5), (4)
C. (1),
(3), (2), (5), (4)
D. (2), (5), (3), (1), (4)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar