Minggu, 06 Oktober 2013

Kajian Berbahasa


Matakuliah    : Kajian Berbahasa
Penilaian                      : 3 (tiga) SKS
Dosen Pembimbing     : Khurotul Aini, S. Pd., M. Pd.I

Deskripsi Matakuliah:

Melalui matakuliah ini mahasiswa akan mencapai kompetensi/penguasaan terhadap substansi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mencapai kompetensi tersebut mahasiswa diwajibkan mengkaji hakikat bahasa; sejarah perkembangan bahasa; kedudukan, fungsi ,dan ragam bahasa Indonesia; Fonologi BI; Morfologi; Sintaksis; Semantik; Fragmatik; dan wacana. Penguasaan kompetensi mahasiswa dinilai melalui tes, tugas-tugas, dan partisipasi dalam tutorial.

Standar Kompetensi:

Mahasiswa mampu menguasai substansi dasar keilmuan dari materi keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia.


Kompetensi Dasar:

1. Mampu menjelaskan sejarah, kedudukan, fungsi dan ragam bahasa Indonesia.
2. Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku dalam berbagai komunikasi.
 3. Mampu Menerapkan Fonologi Bahasa Indonesia.
4. Mampu menjelaskan morfologi Bahasa Indonesia.
5. Mampu menjelaskan pengertian sintaksis.
 6. Mampu menjelaskan Sastra Anak.
7. Mampu menjelaskan Apresiasi Sastra.
8. Mampu memahami bentuk-bentuk wacana.
 9. Mampu menganalisis kesalahan berbahasa.

Materi :

UNIT 1 : SEJARAH  PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA   ( 1 dan 2)
Subunit 1 : Sumber Bahasa Indonesia 
Subunit 2 : Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
Subunit 3 : Ragam Bahasa Indonesia
UNIT 2 : PEMBAKUAN BAHASA INDONESIA  ( 3 – 4 )
Subunit 1 : Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia  
Subunit 2 : Fungsi Bahasa Indonesia Baku
UNIT 3 : FONOLOGI BAHASA INDONESIA (5-6 )
Subunit 1 : Klasifikasi Bunyi Bahasa Indonesia
Subunit 2 : Pelafalan Fonem Bahasa Indonesia
UNIT 4 : MORFOLOGI BAHASA INDONESIA  ( 7-8)
Subunit 1 : Proses Morfologis
Subunit 2 : Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia  
UNIT 5 : SINTAKSIS BAHASA INDONESIA (9-10 )
Subunit 1 : Pembagian Kalimat Berdasarkan Fungsi dan Struktur Gramatikal  
Subunit 2 : Kalimat Berdasarkan Sifat Hubungan Aktor – Aksi
UNIT 6 : SASTRA ANAK (11-12)
Sub Unit 1 Hakikat Sastra Anak
Subunit 2 : Unsur Pembangun Sastra Anak
UNIT 7 : APRESIASI SASTRA ANAK  (13-14)
Subunit 1: Konsep Apresiasi Sastra Anak  
Subunit 2 : Mengapresiasi Karya Anak  
UNIT 8 : WACANA BAHASA INDONESIA ( 15-16)
Subunit 1 : Hakikat Wacana  
Sub Unit 2 : Pembagian Wacana
UNIT 9 : ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA ( 17-18 )
Subunit 1 : Hakikat Kesalahan Berbahasa
Subunit 2 : Kesalahan Bentukan Kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar