RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 Dukun
Kelas/Semester : VII/I
Tema/Subtema : Peristiwa Alam/Tsunami
Alokasi Waktu : 2x pertemuan (6 JP)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan
bangsa Indonesia di tengah keberagaman
bahasa dan budaya
1.2 Memiliki
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
3.1 Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi
3.1.2 Mengidentifikasi
ciri bahasa teks eksplanasi
3.1.3 Menjelaskan
kembali isi teks eksplanasi yang dibaca secara tertulis
4.1. Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi,
eksplanasi,dan cerita pendek baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator:
4.1.1. Menjelaskan makna
kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi
4.1.2. Menjawab
pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah membaca
teks eksplanasi, peserta didik mampu Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi
dengan baik
2.
Setelah membaca
teks eksplanasi, peserta didik mampu mengidentifikasi ciri bahasa teks
eksplanasi
3.
Setelah membaca
teks eksplanasi, peserta didik mampu menjelaskan kembali isi teks eksplanasi
yang dibaca secara tertulis
4.
Setelah membaca
teks eksplanasi, peserta didik mampu menjelaskan makna kata-kata sulit dan
istilah dalam teks eksplanasi
5.
Setelah membaca
teks eksplanasi, peserta didik mampu menjawab pertanyaan tentang isi teks
eksplanasi
D. Materi
Pembelajaran
1. Struktur isi:
(1)
judul, (2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena, (3) rincian penjelasan
yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu
terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan (4) simpulan.
2. Ciri Bahasa
a.
Memuat istilah
b.
Memuat kata
sambung yang menunjukkan adanya suatu tahapan
c.
Struktur kalimatnya menggunakan kata sambung yang menunjukkan hubungan
sebab-akibat
d.
Menjelaskan kondisi (menjelaskan
fenomena bukan menceritakan masa lalu)
3.
Cara menjelaskan
kembali isi teks eksplanasi
E. Metode
Pembelajaran dan Pendekatan Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Model : Discovery
Learning
c.
Metode : Tanya jawab, penemuan, penugasan,
diskusi
F. Media, alat, dan
sumber pembelajaran
a.
Media : video peritiwa bencana
alam, power point tentang teks eksplanasi
b.
Alat dan bahan : teks eksplanasi
c.
Sumber :
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan Kelas VII: Buku Petunjuk Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru
berkaitan dengan kondisi siswa dan
kelas.
2)
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
3)
Peserta
didik menerima motivasi dari guru untuk memahami teks eksplanasi
dengan menampilkan sebuah video tentang bencana alam
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang
tujuan dan manfaat pembelajaran
5)
Peserta didik
menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.
6)
Peserta didik
membentuk kelompok 4 anak sesuai petunjuk guru
b. Kegiatan inti
Mengamati :
·
Membaca teks
eksplanasi dengan cermat
Menanya
·
Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks eksplanasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·
Peserta didik
dengan atau tanpa menanya tentang
kata atau istilah dalam teks
eksplanasi
·
Peserta didik
dengan atau tanpa menanya hal yang berkaitan dengan isi teks eksplanasi
Mengeksplorasikan
·
Menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks eksplanasi
·
Mendiskusikan struktur isi teks eksplanasi
(1) judul,
(2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena,
(3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian
paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa
sesuatu terjadi, dan
(4) simpulan
·
Peserta didik
mendiskusikan ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata sambung yang
menunjukkan sebab akibat)
·
Peserta didik
mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi
yang dibaca
·
Peserta didik menjelaskan
kembali isi teks eksplanasi yang dibaca
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik
membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi untuk memperkuat
pemahaman tentang teks
·
Peserta didik
membandingkan hasil diskusi tentang ciri bahasa teks hasil eksplanasi
·
Peserta didik
membandingkan hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi untuk memperkuat
pemahaman dan keterampilan dalam
memahami isi teks eksplanasi
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa yang
runtut dengan kelompok lain
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut
·
Peserta didik
memperbaiki hasil diskusi berdasarkan masukan dari peserta lain
c. Kegiatan penutup
·
Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang teks eksplanasi
·
Peserta didik
bersama guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
·
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru untuk mengukur ketercapaian
kompetensi
·
Peserta didik
mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik
menerima tugas (pengayaan atau remedi).
Pertemuan
kedua
a. Pendahuluan
·
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru
berkaitan dengan kondisi siswa dan kelas.
·
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari.
·
Peserta
didik menerima motivasi dari guru untuk memahami teks eksplanasi
dengan menyanyi teks eksplanasi.
·
Peserta
didik menerima informasi tentang
tujuan dan manfaat pembelajaran
·
Peserta didik
menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
·
Membaca teks
eksplanasi dengan cermat
Menanya
·
Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks eksplanasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·
Peserta didik
dengan atau tanpa menanya tentang
kata atau istilah dalam teks
eksplanasi
·
Peserta didik
dengan atau tanpa menanya hal yang berkaitan dengan isi teks eksplanasi
Mengeksplorasikan
·
Peserta didik
mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi
yang dibaca
·
Peserta didik
menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi
(pertanyaan literal, inferensial, integratif,
kritis)
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik
membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi untuk memperkuat
pemahaman tentang teks
·
Peserta didik
membandingkan hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi untuk memperkuat
pemahaman dan keterampilan dalam
memahami isi teks eksplanasi
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan
teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa yang runtut
·
Menjelaskan isi
teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut
c. Kegiatan penutup
·
Peserta didik
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang teks eksplanasi
·
Peserta didik
bersama guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
·
Peserta didik
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru untuk mengukur ketercapaian
kompetensi
·
Peserta didik
mendengarkan penguatan yang disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik
menerima tugas (pengayaan atau remedi).
H. Penilaian
1. Penilaian
Sikap
d. Teknik : Pengamatan Sikap/Observasi
e. Bentuk : Lembar Pengamatan
f. Instrumen
LEMABAR PENGAMATAN/OBSERVASI
No.
|
Nama Siswa
|
Jujur
|
Pecaya Diri
|
Skor
|
Nilai
|
Konv
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||||||
2
|
||||||||||||
3
|
||||||||||||
4
|
||||||||||||
5
|
Aspek Pengamatan
Sikap Jujur
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak menyontek dalam mengerjakan tugas
|
||||
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
||||
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
||||
5
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
||||
Jumlah
Skor
|
Aspek Pengamatan Sikap Percaya Diri
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya
melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu
|
||||
2
|
Saya
berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan
|
||||
3
|
Saya
tidak mudah putus asa
|
||||
4
|
Saya
berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak
|
||||
5
|
Saya berani mencoba hal-hal yang baru
|
||||
Jumlah
Skor
|
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat
Baik : apabila memperoleh
skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor < 2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.33
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen :
Uraian
c.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mengenal struktur teks
eksplanasi
|
terlampir
|
2
|
Mengenal struktur ciri bahasa
teks eksplanasi
|
terlampir
|
3
|
Menjelaskan isi teks eksplanasi
|
terlampir
|
Petunjuk Penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada
pedoman observasi sikap.
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tuls
b.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi:
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
4.1.1
Menjelaskan
makna kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi
|
terlampir
|
4.1.4.
Menjawab pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
|
terlampir
|
Gresik, 14 Juni 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata pelajaran,
Anang Fauzi, S.Pd., M. Pd. Khurotul Aini, S.Pd., M. PdI
NIP 19630302 198303 1 006 NIP 19660723 199403 1002
Lampiran
Teks Ekplanasi
Tsunami
1 Kata “tsunami” berasal dari bahasa Jepang “tsu” yang
berarti ‘pelabuhan’ dan “nami” yang berarti ‘gelombang’. Namun, para
ilmuwan mengartikan tsunami dengan ‘gelombang pasang’ (tidal wave) atau
dikenal juga dengan sebutan gelombang laut karena gempa (seismic sea waves).
Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan
gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombangnya yang
besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.
2 Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun
di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Patahannya menyebabkan keseimbangan
air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan yang terjadi, makin besar
pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Selain itu, tsunami juga tercipta karena
meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan
sekitarnya sangat tinggi. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan
saat menghantam pantai.
3 Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat
daripada gelombang normal. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan
ketinggian 30 sampai dengan 50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika
gelombang tsunami memasuki air dangkal, kecepatannya akan menurun dan
ketinggiannya akan bertambah. Ketinggian gelombang itu juga bergantung pada
bentuk pantai dan kedalamannya. Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat
berpotensi menimbulkan tsunami dan sangat berbahaya bagi manusia.
4 Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan
gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang
besar. Tsunami selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang
paling
besar terjadi ketika gelombang besar tsunami itu mengenai
permukiman manusia sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya.
Diolah dari sumber
http://www.crayonpedia.org/mw/Peristiwa_Alam_di_Indonesia_6.2 116
Tidak ada komentar:
Posting Komentar