Selasa, 02 Juni 2015

Silabus K-13 Kelas 8


Satuan Pendidikan        : SMP

Kelas                              : VIII

Kompetensi Inti    :

KI 1       : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3       : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4       : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis



Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4




2.1   Memiliki perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit
2.2   Memiliki perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya yang penuh makna
2.3   Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang
2.4   Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode serta hasil kegiatan
2.5   Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain



Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4




UNIT 1: TEKS CERITA MORAL/FABEL


3.1  Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan







1.   Pengenalan struktur teks cerita moral/fabel
Struktur isi:
(1) judul, (2) perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa yang dialami pelaku, dan di mana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi, konflik muncul dan para pelaku mulai bereaksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat (4) klimaks, konflik mencapai puncaknya,  (5) penyelesaian, konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya, dan (6) amanat/pesan moral (tersurat/tersirat).

Ciri Bahasa
  • Memuat kata-kata sifat untuk mendeskripsikan pelaku, penampilan fisik, atau kepribadiannya.
  • Memuat kata-kata keterangan untuk menggambarkan latar (latar waktu, tempat,
dan suasana)
  • Memuat kata kerja yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang dialami para pelaku
·         Memuat sudut pandang pengarang(point of view)

2.   Pemahaman Isi Teks cerita moral/fabel


Mengamati :
·         Peserta didik mengamati tentang sikap-sikap baik dan buruk yang terjadi di sekitar.
Menanya :
·         Peserta didi menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks cerita moral/fabel.


Mengeksplorasikan :
·         Peserta didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat.
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks cerita moral/fabel.
·         Peserta didik embaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks cerita moral/fabel.
·         Peserta didik endiskusikan  struktur isi teks cerita moral/fabel.
·         Peserta didik endiskusikan  ciri bahasa teks cerita moral/fabel.
·         Peserta didik enjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerita moral/fabel (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil kelompoknya dengan kelompok lain  tantang struktur teks untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik mencari  contoh cerita yang memiliki struktur isi dan fitur bahasa yang mirip dengan cerita moral/fabel.

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerita moral/fabel (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks cerita moral/fabel
·     Tugas kelompok, menentukan  struktur isi dan ciri bahasa teks cerita moral/fabel

Tes tertulis
·         Menjawab pertanyaan terkait isi teks cerita moral/fabel

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan



4JP







·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari  internet
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
·  Buku referensi tentang genre teks



3.2       Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.2   Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan




1.   Perbedaan teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen dilihat dari fitur bahasanya
3.   Langkah menyusun teks cerita moral/fabel:
·      Menemukan bahan untuk menulis  cerita moral/fabel dari berbagai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·      Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
·      Menulis pembuka cerita moral/fabel (orientasi/ perkenalan tokoh dan peristiwahya)
·      Menghidupkan tokoh dengan dialog
·      Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·      Menulis penyelesaian


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat.
·         Peserta didik membaca contoh teks cerpen.
Menanya  :
·         Peserta didik menanya tentang perbedaan cerpen dan fabel.
Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks cerita moral/fabel dan cerpen dari struktur isinya.
·         Pserta didik mendiskusikan perbedaan teks cerita moral/fabel dan teks cerpen dari  fitur bahasanya.
·         Peserta didik peserta didik menemukan bahan untuk menulis  cerita moral/fabel
dari berbagai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.).
·         Peserta didik mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel.
·         Peserta didik menulis pembuka cerita moral/fabel
 (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwanya).
·         Peserta didik menghidupkan tokoh dengan dialog.
·         Peserta didik mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita.
·         Peserta didik menulis penyelesaian.

Mengasosiasi :
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks cerita moral/fabel yang telah ditulis dengan cerita moral yang telah diterbitkan.
·         Peserta didik mendiskusikan dan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel yang telah ditulis dan membandingkannya dengan kelompok lain untuk memperkuat pemahaman

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.


Tugas,
·     Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen

Uji Petik Kerja
·         Menyusun teks cerita moral/fabel secara individu

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan perbedaan teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen, dan menyusun teks moral/fabel

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks cerita moral/fabel.




4 JP


·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari  internet
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
·  Contoh teks cerpen dari buku kumpulan cerpen
·  Buku referensi tentang genre teks



3.3        Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.3        Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan



1.   Klasifikasi teks cerita moral/fabel:
  • cerita moral fantasi
  • cerita moral fiksi ilmiah

1.   Aspek penelahaan teks cerita moral/fabel
·         Menelaah judul teks cerita moral/fabel
·         Menelaah rasionalitas alur teks cerita moral/fabel
·         Menelaah penggambaran tokoh dan perwatakannya
·         Menelaah penggambaran latar teks teks cerita moral/fabel
·         Menealaah amanat/pesan/tema teks teks cerita moral/fabel
·         Menelaah bahasa teks teks cerita moral/fabel: struktur kalimat, ejaan, tanda baca
3. Merevisi isi dan bahasa teks cerita moral/fabel

















Mengamati :
·         Peserta didik membaca dua buah teks cerita moral/fabel.

Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks fabel/moral
·         Peserta didik menanya tentang cara merevisi teks cerita moral dari segi salah satu unsur pembangun cerita dan segi bahasa

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks cerita moral fantasi dan manakah yang fiksi ilmiah  dengan memberikan alasan atau data dukung
·         Peserta didik berdiskusi untuk menelaah unsur pembangun cerita moral/fabel (penggambaran tentang tokoh dan perwatakan, latar, alur, tema)
·         Peserta didik berdiskusi untuk menelaah bahasa dalam teks cerita
·         Peserta didik kekurangan/kelelebihan teks cerita moral/fab
·         Merevisi kekurangan teks cerita moral/fabel yang ditemukan dengan melihat salah satu unsur pembangun cerita
·         Peserta didik merevisi kekurangan teks cerita moral/fabel yang ditemukan berdasarkan salah satu unsur pembangun cerita
·         Peserta didik merevisi teks cerita berdasarkan segi bahasa

Mengasosiasi
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang klsifikasi teks untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik membandingkan hasil revisi teks untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks cerita

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas tentang  klasifikasi teks cerita dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas dan santun
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang telaah dan revisi teks dengan percaya diri dan bahasa yang lugas dan santun.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun


Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan manakah teks cerita moral/fabel yang berupa fantasi dan fiksi ilmiah.

Tes  Uji Petik Kerja
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/fabel dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel, dan  tanggung jawab melakukan revisi

Portofolio :
Menilai hasil telaah peserta didik terhadap teks dari segi bahasa untuk menilai perkembangan pemahaman dan keterampilan kebahasaan



4 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari  internet
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
·  Buku referensi tentang genre teks



3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan



1.   Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel

2.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks cerita moral/fabel
·         mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat.

Menanya :
·         Peserta didik menanyakan kelebihan dan kekurangan teks cerita moral/fabel yang dibaca.
·         Peserta didik menanya tentang cara meringkas teks cerita moral/fabel

Mengekplorasi :
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks cerita moral/fabel
·         Peserta didik menemukan teks cerita moral/fabel
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel yang ditemukan secara jujur
·         Peserta didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat
·         Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.
·         Peserta didik menyusun intisari teks dalam bentuk sinopsis

Mengasosiasi :
·         Peserta didik mendikusikan kebenaran Hasil diskusi
·         Peserta didik mendiskusikan ketepatan hasil revisi
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan sinopsis teks fabel/cerita moral yang telah ditulis dengan sinopsis yang sudah diterbitkan


Mengomunikasikan:
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun



Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel

Tes tertulis Membuat ringkasan/sinopsis teks cerita moral/fable secara kelompok dan individu


Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel, dan merevisi teks.
.
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan/sinopsis teks cerita moral/fabel.

Portofolio :
Menilai hasil ringkasan siswa untuk melihat perkembangan menulis




4 JP


·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari  internet
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
·  Buku referensi tentang genre teks



TEKS DISKUSI

3.1  Memahami teks cerita
 moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

3.2        Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan







1.   Pengenalan struktur teks diskusi
Struktur isi:
·         Judul
·         Paragraf pendahuluan yang memuat pertanyaan/pernyataan untuk didiskusikan
·         Rangkaian paragraf yang memuat bukti, alasan, argumen yang mendukung atau menolak pernyataan terkait dengan topik diskusi
·         Simpulan yang memuat pandangan akhir yang mendukung atau menolak pernyataan tentang topik diskusi
Ciri Bahasa
·         Penggunaan istilah-istilah umum terkait dengan topik diskusi
·         Kata-kata yang menunjukkan suatu perbandingan atau pengontrasan
·          penggunaan kata-kata yang mendukung/ menolak argumen
·          
2. Pemahaman isi teks diskusi



Mengamati :
·         Peserta didik mengamati tayangan kegiatan diskusi dari TV/CD atau mengikuti kegiatan diskusi
·         Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan  diskusi.

Mengeksplorasikan
·         Peserta didik membaca transkripsi teks diskusi dengan cermat atau mengikuti kegiatan diskusi

·         Peserta didik mendiskusikan  struktur isi teks diskusi.
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks diskusi.
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks diskusi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks untuk memperkuat pemahaman tentang teks diskusi

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan/melaksanakan diskusi dengan penuh percaya diri tentang struktur teks dan isi teks diskusi
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks diskusi
·     Tugas kelompok, menentukan  struktur isi dan ciri bahasa teks diskusi

Tes unjuk kerja
Melaksanakan kegiatan diskusi



Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam menjawab pertanyaan



4 JP






·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks diskusi dari  internet
·  Contoh teks diskusi dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


3.3       Membedakan teks ulasan, diskusi, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulis

4.2        Menyusun teks ulasan, diskusi, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan




1.   Perbedaan teks diskusi dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks diskusi dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
3.   Langkah menyusun teks diskusi:
·         Memiilih topik diskusi (contoh: pemakaian HP oleh siswa, bermanfaatkah, berpacaran bolehkah atau PR (Pekerjaan Rumah) bermanfaatkah, dll)
·         Menuliskan paragraf pendahuluan yang memuat  pertanyaan/pernyataan tentang topik yang didiskusikan
·         Menuliskan beberapa paragraf yang memuat bukti/pendapat yang mendukung pernyataan tentang topik
·         Menuliskan simpulan yang memuat pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan


Mengamati   :
·         Peserta didik membaca teks diskusi dan teks eksposisi
·         Peserta didik mengamati keadaan/permasalahan sekitar untuk ide tulisan

Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang penyusunan teks dikusi
Mengeksplorasikan
·         Peserta didik  mendiskusikan teks diskusi dan eksposisi dari segi struktur teks
·         Peserta didik mengumpulkan bahan tulisan
·         Memiilih topik diskusi (contoh:  media sosial, bermanfaatkah? atau PR (Pekerjaan Rumah) bermanfaatkah? dll)
·         Peserta didik menuliskan paragraf pendahuluan yang memuat  pertanyaan/pernyataan tentang topik yang didisusikan
·         Peserta didik menuliskan beberapa paragraf yang memuat bukti/pendapat yang mendukung pernyataan tentang topik
·         Peserta didik menuliskan simpulan yang memuat pendapat akhir terkait dengan topik yang didiskusikan
·         Peserta didik menyusun teks diskusi secara kreatif

Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membuat kalimat dengan struktur atau pilihan kata yang berbeda untuk menimbulkan efek yang diinginkan

Mengomunikasikan :
·         Mempresentasikan tulisan di depan kelompok lain  atau teman lain dengan percaya diri dan bahasa yang lugas



Tugas,
·     Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks diskusi dengan teks eksposisi

Tes tertulis
·         Peserta didik menyusun teks diskusi secara individu

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan perbedaan teks diskusi dengan teks eksposisi, dan menyusun teks diskusi

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks diskusi.




4 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks diskusi dari  internet
·  Contoh teks diskusi dari buku/majalah/koran
·  Buku referensi tentang genre teks


3.3.       Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.3        Menelaah dan
merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan



 


1. Klasifikasi teks diskusi
2.Penelahaan teks diskusi dari segi bahasa
3.Merevisi teks diskusi


Mengamati :

·         Peserta didik membaca dua buah teks diskusi.

Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks diskusi
·         Peserta didik menanyakan cara menilai kelebihan dan kekurangan kegiatan diskusi

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks diskusi
·         Peserta didik menelaah teks diskusi dari sebuah model teks diskusi atau teks diskusi yang dibuat sebelumnya dari segi isi dan bahasa
·         Peserta didik merevisi teks diskusi untuk bahan diskusi kelas.
·         Peserta didik melakukan  kegiatan diskusi denganmemperhatikan toleransi
·         Peserta didik membuat notulen kegiatan diskusi yang memuat: kapan, di mana, siapa penyaji, dan siapa pesertanya, mencatat garis besar isi paparan penyaji, mencatat pertanyaan dan jawaban dalam diiskusi.

Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membandingkan  hasil klasifikasi  dan penelahaan teks diskusi antarkelompok dan individu untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks diskusi
·         Peserta didik membandingkan notulen kegiatan diskusi yang telah ditulis antarkelompok untuk memperkuat pemahaman

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun


Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks diskusi
·     Tugas kelompok dan individu, menelaah dan merevisi teks diskusi dari segi bahasa

Tes tertulis
Menelaah teks diskusi dari segi isi dan bahasa


Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks, dan menelaah teks diskusi

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kecermatan dalam menelaah  dan merevisi teks
·         mengamati  sikap peserta didik saat berdiskusi (toleransi, sikap aktif, tanggung jawab)


4JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks diskusi dari  internet
·  Contoh teks diskusi dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan


4.3.      Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan




  1. Langkah menemukan kelebihan dan kekurangan teks diskusi
  2. Langkah menyusun ringkasan teks diskusi

Mengamati
·         Peserta didik mengikuti kegiatan diskusi dengan cermat.

Menanya
·         Peserta didik menanya tentang cara mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks diskusi
·         Peserta didik menanya tentang cara membuat ringkasan teks diskusi.

Mengekplorasi :
·         Peserta didik mengikuti kegiatan diskusi kelas dengan topik tertentu
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan topik, penyajian, dan pelaksanaan diskusi
·         Peserta didik merevisi/mengajukan saran terhadap kekurangan kegiatan diskusi yang ditemukan
·         Peserta didik membaca kembali teks diskusi kelompok dan individu
·         Peserta didik membuat ringkasan teks dengan mengambil intisari/pokok-pokok isi teks



Mengasosiasi :
·         Peserta didik mendikusikan kebenaran hasil diskusi untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik membandingkan  ketepatan hasil revisi teks untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang penalaahn teks dengan penuh rasa percaya diri dan kalimat lugas
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun untuk perbaikan hasil kerja

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks diskusi



Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi keku-rangan teks diskusi dan merevisinya
·     Membuat ringkasan teks diskusi

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam kegiatan diskusi, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan kegiatan diskusi, dan merevisi/member saran kekurangan yang ditemukan.
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangkegiatan diskusi, dan kemauan melakukan revisi.

4 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks diskusi dari  internet
·  Contoh teks diskusi dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks












TEKS ULASAN


3.1  Memahami teks cerita
 moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.1        Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan







1.   Pengenalan struktur teks ulasan
Struktur isi:
·         Judul
·         Paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
·         Paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/ keberpihakan penulis
·         Simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
·          
Ciri Bahasa
·    Penggunakata-kata yang menyatakan sudut pandang penulis/keberpihkan penulis: berbeda dengan, di samping itu, selain itu, dengan kata lain, dll.
·     penggunaan kata yang menyatakan persetujuan/penolakan
·          
2. Pemahaman isi teks ulasan



Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks ulasan dengan cermat.
·          
·         Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks ulasan.

Mengeksplorasikan :
·         Peserta didik embaca teks ulasan dengan cermat.
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks ulasan.
·         Peserta didik membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks ulasan.
·         Peserta didik mendiskusikan  struktur isi teks ulasan.
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks ulasan.
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks ulasan (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Mengasosiasi
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks ulasan untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·         Peserta didik menemukan ragam contoh cerita yang memiliki struktur isi dan fitur bahasa yang mirip dengan ulasan.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  tentang struktur dengan penuh percaya diri.
·         Menanggapi hasil presentasi secara santun.
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks ulasan (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks ulasan
·     Tugas kelompok, menentukan  struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan

Tes tertulis
·         Menjawab pertanyaan terkait isi teks ulasan

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan



4 JP






·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks cerita moral/fa-bel dari  internet
·  Contoh teks cerita moral/fabel dari buku kumpulan dongeng
·  Buku referensi tentang genre teks



3.2        Membedakan teks ulasan, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.2        Menyusun teks ulasan, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan




1. Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi

2. Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya

3. Langkah menyusun teks ulasan:
·         Menentukan topik yang hendak diulas
·         Menuliskan paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
·         Menuliskan rangkaian paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/ keberpihakan penulis
·         Menuliskan simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks ulasan dengan cermat.
·         Peserta didik membaca contoh teks eksposisi.
Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang perbedaan teks ulasan dan eksposisi
·         Peserta didik menanya tentang langkah menyusun teks ulasan

Mengeksplorasi:
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks ulasan dan eksposisi dari struktur isinya.
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks ulasan dan teks eksposisi dari  fitur bahasanya.
·         Peserta didik menentukan topik yang hendak diulas
·         Peserta didik menuliskan paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
·         Peserta didik menuliskan rangkaian paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/ keberpihakan penulis
·         Peserta didik enuliskan simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
·         Peserta didik menulis penyelesaian.

Mengasosiasi:
·         Peserta didik membandingkan  hasil diskusi tentang perbedaan  teks ulasan yang telah ditulis antarkelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks ulasan
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang kelebihan/kekurangan teks ulasan antarkelompok

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang perbedaan teks ulasan dan eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks ulasan dengan bahasa yang lugas
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.



Tugas,
·     Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan dengan teks eksposisi

Tes tertulis
·         Menyusun teks ulasan secara individu

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi, dan menyusun teks ulasan

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks ulasan.

·         Portofolio :
Hasil tulisan peserta didik tentang teks ulasan untuk melihat perkembangan menulis




6 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks ulasan dari  internet
·  Contoh teks ulasan dari buku/majalah/koran
·  Contoh teks eksposisi dari buku/majalah/koran
·  Buku referensi tentang genre teks



3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4.      Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan







1. Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks ulasan

2.  Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks ulasan
·         mengidentifikasi intisari teks mulai dari paragraf pendahuluan, paragraf yang menyatakan penolakan/persetujuan/ keberpihakan penulis, dan simpulan




Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks ulasan dengan cermat.

Menanya :
·         Menanyakan kelebihan dan kekurangan teks ulasan yang dibaca.
4     Menanya tentang cara membuat ringkasan teks ulasan.

Mengekplorasi :
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks ulasan
5     Peserta didik membaca teks ulasan dengan cermat.
6     Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari dari paragraf pendahuluan, paragraf yang menyatakan penolakan/persetujuan/ keberpihakan penulis, dan simpulan
7     Peserta didik menyusun intisari teks dalam bentuk sinopsis
Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan  kebenaran hasil diskusi antarkelompok
·         Peserta didik membandingkan  ketepatan hasil revisi antarkelompok

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  tentang telaah teks dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik mempresentasikan hasil ringkasan dengan percaya diri dengan bahasa yang lugas dan santu
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun untuk perbaikan hasil kerja individu dan kelompok


Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks ulasan

Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks ulasan dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks ulasan, dan merevisi teks.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan teks ulasan.


4 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks ulasan dari  internet
·  Contoh teks ulasan dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


TEKS BIOGRAFI


3.1  Memahami teks      cerita  moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.1        Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan







1. Pengenalan struktur teks biografi
Struktur isi:
·         Judul
·         Pengenalan identitas tokoh
·         Paparan perjuangan/prestasi/hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh

Ciri Bahasa
·         Penggunaan kata sifat Penggunaan kata kerja aksi yang menjelaskan aktivitas tokoh
2. Pemahaman isi teks biografi



Mengamati :
·         Peserta didik mengamati dengan menyebutkan  tokoh-tokoh yang kisah hidupnya ditulis dalam buku biografi
·         Menanya
·         Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks biografi.

Mengeksplorasikan
·         Membaca teks biografi dengan cermat dan bertanya jawab
·         Peserta didik embaca contoh analisis struktur isi teks biografi.
·         Peserta didik membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks biografi.
·         Peserta didik mendiskusikan  struktur isi teks biografi

·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks biografi.
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks biografi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan  ciri teks biografi  antarkelompok dan teman untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·         Peserta didik membandingkan  kebenaran jawaban terhadap isi teks biografi antarteman atau kelompok untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tenga teks biografi

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil simpulan dan diskusi dengan penuh percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.


Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks biografi
·     Tugas kelompok, menentukan  struktur isi dan ciri bahasa teks biografi

Tes tertulis
·         Menjawab pertanyaan terkait isi teks biografi

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.


·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan



4 JP






·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks biografi dari  internet
·  Contoh teks biografi dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks



3.2       Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.2   Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan




1.      Perbedaan teks biografi dengan teks cerita moral dilihat dari struktur isi
2.      Perbedaan teks biografi tdengan teks cerita moral dilihat dari fitur bahasanya


3.      Langkah menyusun teks biografi



Mengamati :
·         Membaca teks biografi dengan cermat.
·         Membaca teks cerita moral dengan cermat.

·         Menanya :
·         Menanya tentang perbedaan teks biografi dan teks cerita moral ayng dibaca
Mengeksplorasi
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks biografi dan teks cerita moral dari struktur isinya.
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks biografi dan teks cerita moral dari  fitur bahasanya.
·         Peserta didik memilih tokoh untuk bahan tulisan teks biografi dengan memberikan alasan
·         Peserta didik menuliskan identitas tokoh
·         Peserta didik menuliskan perjuangan, prestasi, dan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang perbedaan teks biografi  antarteman
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks biografi  untuk memperkuat pemahaman tentang teks

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil menyusun teks biografi dengan penuh rasa percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.



Tugas,
·     Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua buah teks biografi

Tes tertulis
·         Menyusun teks biografi secara individu

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan perbedaan dua buah teks biografi, dan menyusun teks biografi.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks biografi

Portofolio
Hasil tulisan peserta didik tentang teks biografi untuk melihat perkembangan menulis peserta didik




6JP



·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks biografi dari  internet
·  Contoh teks biografi dari buku/majalah/koran

·  Buku referensi tentang genre teks



3.3.      Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.3        Menelaah dan
merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan






1.   Klasifikasi teks biografi

2.   Aspek penelahaan teks biografi
·         Menelaah judul teks biografi
·         Menelaah ketepatan dan kelengkapan identitas tokoh
·         Menelaah perjuangan/prestasi, atau hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh
·         Menelaah bahasa teks biogrfai: struktur kalimat, ejaan, tanda baca

3.   Merevisi isi dan bahasa teks biografi





Mengamati :
·         Peserta didik membaca dua buah teks biografi.

Menanya :     
·         Peerta didik menanya tentang klasifikasi teks biografi
·         Menanya tentang cara menelaah  teks biografi.

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks biografi
·         Peserta didik  membaca teks biografi
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks biografi yang ditemukan secara jujur dari segi bahasa
·      Peserta didik merevisi kekurangan teks biografi yang ditemukan dari  bahasa dan isi

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang klasifikasi untuk memperkuat pemahaman

·         Peserta didik membandingkan hasil telaah tentang kelebihan/kekurangan ringkasan teks biografi  untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks biografi

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  teks tentang telaah tdalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun


Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks biografi

Tes tertulis
·         Membuat  telaah teks dari segi bahasa

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, melakukan telaah   dan teks

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangan teks biografi, dan merevisi teks biografi



4 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks biografi dari  internet
·  Contoh teks biografi dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks



3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4        Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan



1.   Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks biografi
2.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks biografi
·         mengidentifikasi intisari teks biografi
·         menyusunnya dalam bentuk ringkasan






4.    

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks biografi dengan cermat.

Menanya:
·         Peserta didik menanya  cara mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan teks biografi yang dibaca.
·         Peserta didik menanya tentang cara meringkas teks

Mengekplorasi :
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks biografi
·         Peserta didik membaca teks biografi dengan cermat.
·         Mengidentifikasi intisari teks

·         Peserta didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil telaah teks antarkelompok untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks biografi kebenaran hasil diskusi
·         Peserta didik membandingkan hasil ringkasan dengan teman atau kelompok lain untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks biografi

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil ringkasan dengan percaya diri
·         Peserta didik  menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks biografi

Tes  Uji Petik Kerja
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks biografi dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks biografi, dan merevisi teks.
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan teks biografi.

Portofolio
Hasil ringkasan siswa untuk dilihat pekembangan menulis


4JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks biografi dari  internet
·  Contoh teks biografi dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


TEKS PROSEDUR


3.1  Memahami teks cerita
 moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.1         Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan







1. Pengenalan struktur teks prosedur
Struktur isi:
·         Judul
·         Pengantar yang menjelaskan tujuan (misalnya membuat jelly)
·         Sejumlah bahan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu prosedur
·         Urutan langkah-langkah/tahapan untuk membuat/melakukan sesuatu
Ciri Bahasa
·         Penggunaan kata-kata yang menunjukkan urutan/langkah
·         Berupa kalimat perintah
·         Berupa keterangan untuk melakukan/menggunakan sesuatu
2. Pemahaman isi teks prosedur



Mengamati :
·         Peserta didik mengamati alat atau makanan yang memuat teks prosedur
·          
·         Menanya :
·         Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks prosedur.

Mengeksplorasikan
·         Peserta didik membaca teks prosedur dengan cermat.
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks prosedur.
·         Peserta didik membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks prosedur.
·         Peserta didik mendiskusikan  struktur isi teks prosedur.

·         Peserta didik mndiskusikan  ciri bahasa teks prosedur.
·         Peserta didik enjawab/mengajukan pertanyaan isi teks prosedur (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi  untuk menyimpulkan ciri teks prosedur sehingga memperkuat pemahaman  tentang teks
·         Peserta didik membandingkan  kebenaran jawaban terhadap isi teks prosedur

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil simpulan dan diskusi dengan penuh percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks prosedur (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
·         Peserta didika saling menilai kebenaran jawaban teman.

Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks prosedur
·     Tugas kelompok, menentukan  struktur isi dan ciri bahasa teks prosedur

Tes tertulis
·         Menjawab pertanyaan terkait isi teks prosedur

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan


4 JP







·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks prosedur dari  internet
·  Contoh teks prosedur dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


3.1   Membedakan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan

4.2        Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan




1. Perbedaan teks prosedur membuat dengan melakukan sesuatu dilihat dari struktur isi

2. Perbedaan teks prosedur membuat dengan melakukan sesuatu  dilihat dari fitur bahasanya

3. Langkah menyusun teks prosedur



Mengamati :
·         Peserta didik membaca dua buah teks prosedur dengan cermat (prosedur membuat dan melakukan sesuatu).
Menanya :
·         Peserta didik menanya tentang perbedaan dua buah teks prosedur yang dibaca
Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan dua buah teks prosedur dari struktur isinya.
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan dua buah teks prosedur dari  fitur bahasanya.
·         Peerta didik emilih topik untuk teks prosedur (misalnya membuat nasi goreng, mi  goring, dll)
·         Menuliskan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng)
·         Menuliskan pengantar yang menjelaskan tujuan (misalnya pada tulisan ini akan disajikan cara membuat nasi goreng)
·         Menuliskan bahan-bahan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu prosedur (membuat nasi goreng)
·         Menuliskan urutan langkah -langkah/tahapan (misalnya langkah membuat nasi goreng)

Mengasosiasi
·         Peserta didik membandingkan hasil  menyusun teks prosedur untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang t
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekks prosedururangan teks prosedur yang telah ditulis.

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.


Tugas,
·     Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua buah teks prosedur

Uji Petik Kerja
·         Menyusun teks prosedur secara individu

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, mendiskusikan perbedaan dua buah teks prosedur, dan menyusun teks prosedur.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks prosedur.




6 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks prosedur dari  internet
·  Contoh teks prosedur dari buku/majalah/koran

·  Buku referensi tentang genre teks


3.3.      Mengklasifikasi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan 

4.3        Menelaah dan
merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan



1.   Klasifikasi teks prosedur:
  • Prosedur membuat sesuatu
  • Prosedur melakukan sesuatu
2. Aspek penelahaan teks prosedur
·         Menelaah judul teks prosedur
·      Menelaah pengantar     yang memuat tujuan penulisan
·         Menelaah kelengkapan bahan/alat
·         Menelaah ketepatan urutan langkah membuat/melakukan sesuatu
·         Menelaah bahasa teks prosedur: diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
5     Merevisi isi dan bahasa teks prosedur




Mengamati :
·         Peserta didik membaca dua buah teks prosedur.

Menanya :
·         Peerta didik menanya tentang klasifikasi teks prosedur
·         Peserta didik menanya tentang langkah menelaah dan merevisi tek prosedur dari segi isi dan bahasa

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks prosedur
·         Peserta didik melakukan telaah teks prosedur
·         Menelaah judul teks prosedur
-          menelaah pengantar     yang memuat tujuan penulisan
-          Menelaah kelengkapan bahan/alat
-          Menelaah ketepatan urutan langkah membuat/melakukan sesuatu
-          bahasa teks prosedur: diksi, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

·         Merevisi isi dan bahasa teks prosedur berdasarkan hasil telaah

Mengasosiasi:
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang  klasifikasi teks prosedur  untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·         Peserta didik membandingkan hasil ringkasan untuk memperkuat pemahaman keterampilan tentang teks prosedur

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun



Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks prosedur

Tes tertulis
·         Menentukan klasifikasi dan menelaah teks prosedur

·         Menelaah teks prosedur

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks, dan membuat telaah.
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangan teks prosedur, dan merevisi teks prosedur
·          




4 JP


·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks prosedur dari  internet
·  Contoh teks prosedur dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


3.4 Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.5.Meringkas teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan





  1. Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks prosedur
2.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks prosedur
·         mengidentifikasi intisari teks prosedur
·         menyusunnya dalam bentuk ringkasan

  1.  
4.    

 Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks prosedur dengan cermat.

Menanya
·         Peerta didik menanyakan kelebihan dan kekurangan teks prosedur yang dibaca.
·         Peserta didik menanya tentang cara membuat ringkasan teks prosedur.


Mengekplorasi
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks prosedur
·         Peserta didik menemukan teks prosedur
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks prosedur yang ditemukan secara jujur
·         Peserta didik merevisi kekurangan teks prosedur yang ditemukan
·         Peserta didik membaca kembali  teks prosedur dengan cermat.
·         Peserta didik mengidentifikasi intisari teks  prosedur
·         Peserta didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan

Mengasosiasi
·         Peserta didik membandingkan hasil dikusi tentang kelebihan/kekurangan teks antarteman/kelompok untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik membandingkan hasil ringkasan dengan teman/kelompok untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks prosedur


Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan ringkasanb teks yang dibuat dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa lugas
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks prosedur

Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks prosedur dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks prosedur, dan merevisi teks.
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan teks prosedur.



4 JP

·  Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
·  Contoh teks prosedur dari  internet
·  Contoh teks prosedur dari buku
·  Buku referensi tentang genre teks


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar