Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas : VIII
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
1.2
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
|
Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1
Memiliki
perilaku jujur dalam menceritakan sudut pandang moral yang eksplisit
2.2
Memiliki
perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya
yang penuh makna
2.3
Memiliki
perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau
sudut pandang
2.4
Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali tujuan dan metode
serta hasil kegiatan
2.5
Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peristiwa hidup
diri sendiri dan orang lain
|
|
Terintegrasi pada KD di KI 3 dan 4
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
UNIT 1: TEKS
CERITA MORAL/FABEL
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1
Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menangkap
makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan
struktur teks cerita moral/fabel
Struktur
isi:
(1) judul,
(2) perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa yang dialami pelaku,
dan di mana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi, konflik muncul dan para
pelaku mulai bereaksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat (4)
klimaks, konflik mencapai puncaknya,
(5) penyelesaian, konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya,
dan (6) amanat/pesan moral (tersurat/tersirat).
Ciri
Bahasa
dan suasana)
·
Memuat
sudut pandang pengarang(point of view)
2.
Pemahaman
Isi Teks cerita moral/fabel
|
Mengamati :
·
Peserta
didik mengamati tentang sikap-sikap baik dan buruk yang
terjadi di sekitar.
Menanya :
·
Peserta didi
menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks
cerita moral/fabel.
Mengeksplorasikan :
·
Peserta
didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat.
·
Peserta
didik membaca contoh analisis struktur isi teks cerita moral/fabel.
·
Peserta
didik embaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks cerita moral/fabel.
·
Peserta
didik endiskusikan struktur isi teks
cerita moral/fabel.
·
Peserta
didik endiskusikan ciri bahasa teks
cerita moral/fabel.
·
Peserta
didik enjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerita moral/fabel (pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis).
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman.
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil kelompoknya dengan kelompok lain tantang struktur teks untuk memperkuat
pemahaman
·
Peserta
didik mencari contoh cerita
yang memiliki struktur isi dan fitur bahasa yang mirip dengan cerita
moral/fabel.
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
·
Peserta
didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerita moral/fabel (pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis).
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman.
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks cerita moral/fabel
·
Tugas kelompok, menentukan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita
moral/fabel
Tes
tertulis
·
Menjawab pertanyaan terkait
isi teks cerita moral/fabel
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari internet
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
Membedakan
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
1.
Perbedaan
teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen
dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan
teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen
dilihat dari fitur bahasanya
3.
Langkah menyusun
teks cerita moral/fabel:
· Menemukan
bahan untuk menulis cerita moral/fabel dari
berbagai sumber (pengalaman pribadi,
pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
· Mengembangkan
garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
· Menulis
pembuka cerita moral/fabel (orientasi/ perkenalan tokoh dan peristiwahya)
· Menghidupkan
tokoh dengan dialog
· Mengembangkan
latar untuk menghidupkan cerita
· Menulis
penyelesaian
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat.
·
Peserta
didik membaca contoh teks cerpen.
Menanya
:
·
Peserta
didik menanya tentang perbedaan cerpen dan fabel.
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan teks cerita moral/fabel dan cerpen
dari struktur isinya.
·
Pserta didik
mendiskusikan perbedaan teks cerita moral/fabel dan teks cerpen dari
fitur bahasanya.
·
Peserta
didik peserta didik menemukan bahan untuk menulis cerita moral/fabel
dari
berbagai sumber (pengalaman pribadi,
pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.).
·
Peserta
didik mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita
moral/fabel.
·
Peserta
didik menulis pembuka cerita moral/fabel
(orientasi/perkenalan tokoh dan
peristiwanya).
·
Peserta
didik menghidupkan tokoh dengan dialog.
·
Peserta
didik mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita.
·
Peserta
didik menulis penyelesaian.
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks cerita moral/fabel yang
telah ditulis dengan cerita moral yang telah diterbitkan.
·
Peserta
didik mendiskusikan dan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel yang telah ditulis dan
membandingkannya dengan kelompok lain untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas,
·
Tugas kelompok, mendiskusikan
perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen
Uji
Petik Kerja
·
Menyusun
teks cerita moral/fabel secara individu
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan perbedaan teks cerita moral/fabel dengan teks cerpen, dan
menyusun teks moral/fabel
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks cerita moral/fabel.
|
4
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari internet
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
· Contoh
teks cerpen dari buku kumpulan cerpen
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3
Mengklasifikasi
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Klasifikasi
teks cerita moral/fabel:
1.
Aspek
penelahaan teks cerita moral/fabel
·
Menelaah
judul teks
cerita moral/fabel
·
Menelaah
rasionalitas alur teks
cerita moral/fabel
·
Menelaah penggambaran tokoh dan
perwatakannya
·
Menelaah penggambaran latar
teks teks cerita moral/fabel
·
Menealaah amanat/pesan/tema
teks teks cerita moral/fabel
·
Menelaah bahasa teks teks
cerita moral/fabel: struktur kalimat, ejaan, tanda baca
3.
Merevisi isi dan bahasa teks cerita moral/fabel
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca dua buah teks cerita moral/fabel.
Menanya :
·
Peserta
didik menanya tentang klasifikasi teks fabel/moral
·
Peserta
didik menanya tentang cara merevisi teks cerita moral dari segi salah satu
unsur pembangun cerita dan segi bahasa
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam
kategori teks cerita moral fantasi dan manakah yang fiksi ilmiah dengan memberikan alasan atau data dukung
·
Peserta
didik berdiskusi untuk menelaah unsur pembangun cerita moral/fabel
(penggambaran tentang tokoh dan perwatakan, latar, alur, tema)
·
Peserta
didik berdiskusi untuk menelaah bahasa dalam teks cerita
·
Peserta
didik kekurangan/kelelebihan teks cerita moral/fab
·
Merevisi
kekurangan teks
cerita moral/fabel yang ditemukan dengan melihat salah satu unsur pembangun
cerita
·
Peserta
didik merevisi kekurangan teks cerita
moral/fabel yang ditemukan berdasarkan salah satu unsur pembangun cerita
·
Peserta
didik merevisi teks cerita berdasarkan segi bahasa
Mengasosiasi
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang klsifikasi teks untuk memperkuat
pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil revisi teks untuk memperkuat pemahaman dan
keterampilan tentang teks cerita
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas tentang klasifikasi teks cerita dengan penuh rasa
percaya diri dan bahasa yang lugas dan santun
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi tentang telaah dan revisi teks dengan
percaya diri dan bahasa yang lugas dan santun.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
·
Tugas kelompok, menentukan
manakah teks cerita moral/fabel yang berupa fantasi dan fiksi ilmiah.
Tes Uji Petik Kerja
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel dan
merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan
klasifikasi teks
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel,
dan tanggung jawab melakukan revisi
Portofolio :
Menilai hasil telaah peserta
didik terhadap teks dari segi bahasa untuk menilai perkembangan pemahaman dan
keterampilan kebahasaan
|
4
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari internet
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel
2.
Langkah
menyusun ringkasan:
·
membaca teks
cerita moral/fabel
·
mengidentifikasi
intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat.
Menanya :
·
Peserta
didik menanyakan kelebihan dan kekurangan teks cerita
moral/fabel yang dibaca.
·
Peserta
didik menanya tentang cara meringkas teks cerita moral/fabel
Mengekplorasi :
·
Peserta
didik membaca contoh hasil
identifikasi kelebihan/ kekurangan teks cerita moral/fabel
·
Peserta
didik menemukan teks cerita moral/fabel
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel yang
ditemukan secara jujur
·
Peserta
didik membaca teks cerita moral/fabel dengan cermat
·
Peserta
didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik,
klimaks, dan penyelesaian.
·
Peserta
didik menyusun intisari teks dalam bentuk sinopsis
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik mendikusikan kebenaran Hasil diskusi
·
Peserta
didik mendiskusikan ketepatan hasil revisi
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan sinopsis teks
fabel/cerita moral yang telah ditulis dengan sinopsis yang sudah diterbitkan
Mengomunikasikan:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel
Tes tertulis Membuat ringkasan/sinopsis teks cerita moral/fable secara kelompok dan
individu
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks cerita moral/fabel,
dan merevisi teks.
.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan/sinopsis teks cerita moral/fabel.
Portofolio :
Menilai hasil ringkasan
siswa untuk melihat perkembangan menulis
|
4
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari internet
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari buku kumpulan dongeng
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKS ULASAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Memahami teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menangkap
makna teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Pengenalan
struktur teks ulasan
Struktur
isi:
·
Judul
·
Paragraf
pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
·
Paragraf
yang menyatakan persetujuan/penolakan/ keberpihakan penulis
·
Simpulan
yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
·
Ciri
Bahasa
· Penggunakata-kata
yang menyatakan sudut pandang penulis/keberpihkan penulis: berbeda dengan, di
samping itu, selain itu, dengan kata lain, dll.
· penggunaan kata yang menyatakan persetujuan/penolakan
·
2.
Pemahaman isi teks ulasan
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks ulasan dengan cermat.
·
·
Menanya :
·
Peserta
didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks ulasan.
Mengeksplorasikan :
·
Peserta
didik embaca teks ulasan dengan cermat.
·
Peserta
didik membaca contoh analisis struktur isi teks ulasan.
·
Peserta
didik membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks ulasan.
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur isi teks
ulasan.
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri bahasa teks
ulasan.
·
Peserta
didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks ulasan (pertanyaan literal,
inferensial, integratif, kritis).
Peserta didik saling menilai
kebenaran jawaban teman.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks ulasan untuk
memperkuat pemahaman tentang teks
·
Peserta
didik menemukan ragam contoh cerita yang memiliki struktur
isi dan fitur bahasa yang mirip dengan ulasan.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi
tentang struktur dengan penuh percaya diri.
·
Menanggapi
hasil presentasi secara santun.
·
Menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks ulasan (pertanyaan literal, inferensial, integratif,
kritis).
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman.
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks ulasan
·
Tugas kelompok, menentukan struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan
Tes
tertulis
·
Menjawab pertanyaan terkait
isi teks ulasan
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks cerita moral/fa-bel dari internet
· Contoh
teks cerita moral/fabel dari buku kumpulan dongeng
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
Membedakan
teks ulasan, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik
melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun
teks ulasan, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi
dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi
dilihat dari fitur bahasanya
3.
Langkah menyusun teks ulasan:
·
Menentukan
topik yang hendak diulas
·
Menuliskan
paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok persoalan
·
Menuliskan
rangkaian paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/ keberpihakan
penulis
·
Menuliskan
simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks ulasan dengan cermat.
·
Peserta
didik membaca contoh teks eksposisi.
Menanya :
·
Peserta didik
menanya tentang perbedaan teks ulasan dan eksposisi
·
Peserta
didik menanya tentang langkah menyusun teks ulasan
Mengeksplorasi:
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan teks ulasan dan eksposisi
dari struktur isinya.
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks ulasan dan teks
eksposisi
dari fitur bahasanya.
·
Peserta
didik menentukan topik yang hendak diulas
·
Peserta
didik menuliskan paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang diulas/pokok
persoalan
·
Peserta
didik menuliskan rangkaian paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/
keberpihakan penulis
·
Peserta
didik enuliskan simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis
·
Peserta
didik menulis penyelesaian.
Mengasosiasi:
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang perbedaan teks ulasan yang telah ditulis
antarkelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks ulasan
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang kelebihan/kekurangan
teks ulasan antarkelompok
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi tentang perbedaan teks ulasan dan
eksposisi dengan penuh rasa percaya diri.
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks ulasan dengan bahasa yang
lugas
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas,
·
Tugas kelompok, mendiskusikan
perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks ulasan dengan teks eksposisi
Tes tertulis
·
Menyusun
teks ulasan secara individu
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi, dan menyusun teks
ulasan
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks ulasan.
·
Portofolio :
Hasil tulisan peserta didik
tentang teks ulasan untuk melihat perkembangan menulis
|
6
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks ulasan dari internet
· Contoh
teks ulasan dari buku/majalah/koran
· Contoh
teks eksposisi dari buku/majalah/koran
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun
tulisan
4.4.
Meringkas
teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks ulasan
2. Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca teks
ulasan
·
mengidentifikasi
intisari teks mulai dari paragraf pendahuluan, paragraf yang menyatakan
penolakan/persetujuan/ keberpihakan penulis, dan simpulan
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks ulasan dengan cermat.
Menanya :
·
Menanyakan
kelebihan dan kekurangan teks ulasan yang
dibaca.
4
Menanya
tentang cara membuat ringkasan teks ulasan.
Mengekplorasi :
·
Peserta
didik membaca contoh hasil
identifikasi kelebihan/ kekurangan teks ulasan
5
Peserta
didik membaca teks ulasan dengan cermat.
6
Peserta
didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari dari paragraf pendahuluan,
paragraf yang menyatakan penolakan/persetujuan/ keberpihakan penulis, dan
simpulan
7
Peserta
didik menyusun intisari teks dalam bentuk sinopsis
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan kebenaran
hasil diskusi
antarkelompok
·
Peserta
didik membandingkan ketepatan
hasil revisi
antarkelompok
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi
tentang telaah teks dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang
lugas
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil ringkasan dengan percaya diri dengan bahasa yang
lugas dan santu
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun untuk perbaikan
hasil kerja individu dan kelompok
|
Tugas
·
Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks ulasan
Tes tertulis
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks ulasan dan
merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks ulasan, dan merevisi teks.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan teks ulasan.
|
4
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks ulasan dari internet
· Contoh
teks ulasan dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKS
BIOGRAFI
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1
Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menangkap
makna teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks biografi
Struktur
isi:
·
Judul
·
Pengenalan
identitas tokoh
·
Paparan
perjuangan/prestasi/hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh
Ciri
Bahasa
·
Penggunaan
kata sifat Penggunaan kata kerja aksi yang menjelaskan aktivitas tokoh
2.
Pemahaman isi teks biografi
|
Mengamati :
·
Peserta
didik mengamati dengan menyebutkan tokoh-tokoh yang kisah hidupnya
ditulis dalam buku biografi
·
Menanya
·
Peserta
didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks
biografi.
Mengeksplorasikan
·
Membaca teks
biografi dengan cermat dan bertanya jawab
·
Peserta
didik embaca contoh analisis struktur isi teks biografi.
·
Peserta
didik membaca contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks biografi.
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur isi teks
biografi
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri bahasa teks
biografi.
·
Peserta
didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks biografi (pertanyaan literal,
inferensial, integratif, kritis).
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan ciri teks
biografi antarkelompok dan teman untuk memperkuat
pemahaman tentang teks
·
Peserta
didik membandingkan kebenaran
jawaban terhadap isi teks biografi antarteman atau kelompok untuk
memperkuat pemahaman dan keterampilan tenga teks biografi
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil simpulan dan diskusi
dengan penuh percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Peserta
didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks biografi
·
Tugas kelompok, menentukan struktur isi dan ciri bahasa teks biografi
Tes
tertulis
·
Menjawab pertanyaan terkait
isi teks biografi
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4
JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks biografi dari internet
· Contoh
teks biografi dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
Membedakan
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
1.
Perbedaan
teks biografi dengan teks cerita moral dilihat dari
struktur isi
2.
Perbedaan
teks biografi tdengan teks
cerita moral dilihat
dari fitur bahasanya
3.
Langkah menyusun
teks biografi
|
Mengamati :
·
Membaca teks
biografi dengan cermat.
·
Membaca
teks cerita moral dengan cermat.
·
Menanya :
·
Menanya
tentang perbedaan teks biografi dan teks cerita moral ayng dibaca
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks biografi dan teks cerita moral dari struktur isinya.
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks biografi dan
teks cerita moral dari
fitur bahasanya.
·
Peserta
didik memilih tokoh untuk bahan tulisan teks
biografi dengan memberikan alasan
·
Peserta
didik menuliskan identitas tokoh
·
Peserta
didik menuliskan perjuangan, prestasi, dan hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang perbedaan
teks biografi antarteman
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks biografi untuk memperkuat pemahaman tentang
teks
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan
hasil menyusun teks biografi dengan
penuh rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas,
· Tugas
kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua buah teks
biografi
Tes tertulis
·
Menyusun
teks biografi secara individu
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan perbedaan dua buah teks biografi, dan menyusun teks biografi.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks biografi
Portofolio
Hasil tulisan peserta didik tentang teks biografi untuk melihat
perkembangan menulis peserta didik
|
6JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks biografi dari internet
· Contoh
teks biografi dari buku/majalah/koran
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3.
Mengklasifikasi
teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun
tulisan
4.3
Menelaah dan
merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun
tulisan
|
1.
Klasifikasi
teks biografi
2.
Aspek
penelahaan teks biografi
·
Menelaah judul teks biografi
·
Menelaah ketepatan dan kelengkapan identitas tokoh
·
Menelaah
perjuangan/prestasi, atau hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh
·
Menelaah bahasa teks biogrfai: struktur
kalimat, ejaan, tanda baca
3. Merevisi
isi dan bahasa teks biografi
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca
dua buah teks biografi.
Menanya :
·
Peerta
didik menanya tentang klasifikasi teks biografi
·
Menanya
tentang cara menelaah teks biografi.
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan
klasifikasi teks biografi
·
Peserta
didik membaca teks
biografi
·
Peserta
didik mendiskusikan
kelebihan/kekurangan teks biografi yang ditemukan secara jujur dari segi bahasa
· Peserta didik merevisi kekurangan teks
biografi yang ditemukan dari bahasa
dan isi
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang klasifikasi untuk memperkuat
pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil telaah tentang kelebihan/kekurangan ringkasan teks
biografi untuk memperkuat pemahaman
dan keterampilan tentang teks biografi
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan
hasil diskusi teks tentang
telaah tdalam
diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan
bahasa yang lugas
·
Peserta
didik menanggapi
presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan klasifikasi teks biografi
Tes
tertulis
·
Membuat telaah teks dari segi bahasa
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, melakukan
telaah dan teks
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangan teks biografi, dan merevisi
teks biografi
|
4 JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks biografi dari internet
· Contoh
teks biografi dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun
tulisan
4.4
Meringkas
teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks biografi
2.
Langkah
menyusun ringkasan:
·
membaca teks
biografi
·
mengidentifikasi
intisari teks biografi
·
menyusunnya
dalam bentuk ringkasan
4.
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca
teks biografi dengan cermat.
Menanya:
·
Peserta
didik menanya cara mengidentifikasi
kelebihan dan kekurangan teks biografi yang dibaca.
·
Peserta
didik menanya tentang cara meringkas teks
Mengekplorasi :
·
Peserta
didik membaca
contoh hasil identifikasi kelebihan/ kekurangan
teks biografi
·
Peserta
didik membaca teks biografi dengan cermat.
·
Mengidentifikasi
intisari teks
·
Peserta
didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil telaah teks antarkelompok untuk memperkuat
pemahaman dan keterampilan tentang teks biografi kebenaran hasil diskusi
·
Peserta
didik membandingkan hasil ringkasan dengan teman atau kelompok lain untuk
memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks biografi
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan
hasil ringkasan dengan percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas
·
Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks biografi
Tes Uji Petik Kerja
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks biografi dan
merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks biografi, dan merevisi teks.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan teks biografi.
Portofolio
Hasil
ringkasan siswa untuk dilihat pekembangan menulis
|
4JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks biografi dari internet
· Contoh
teks biografi dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKS
PROSEDUR
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Memahami teks cerita
moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita
prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan
|
1. Pengenalan struktur teks prosedur
Struktur
isi:
·
Judul
·
Pengantar
yang menjelaskan tujuan (misalnya membuat jelly)
·
Sejumlah
bahan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu prosedur
·
Urutan
langkah-langkah/tahapan untuk membuat/melakukan sesuatu
Ciri
Bahasa
·
Penggunaan
kata-kata yang menunjukkan urutan/langkah
·
Berupa
kalimat perintah
·
Berupa
keterangan untuk melakukan/menggunakan sesuatu
2.
Pemahaman isi teks prosedur
|
Mengamati :
·
Peserta
didik mengamati alat atau makanan yang memuat teks prosedur
·
·
Menanya
:
·
Menanya
tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks prosedur.
Mengeksplorasikan
·
Peserta
didik membaca
teks prosedur dengan cermat.
·
Peserta
didik membaca
contoh analisis struktur isi teks prosedur.
·
Peserta
didik membaca
contoh analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks prosedur.
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur isi teks prosedur.
·
Peserta didik mndiskusikan
ciri bahasa teks prosedur.
·
Peserta
didik enjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks prosedur (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis).
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi
untuk menyimpulkan ciri teks prosedur sehingga memperkuat
pemahaman tentang teks
·
Peserta
didik membandingkan kebenaran jawaban
terhadap isi teks prosedur
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan
hasil simpulan dan diskusi dengan penuh percaya
diri.
·
Peserta
didik menanggapi
hasil presentasi secara santun.
·
Peserta
didik menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks prosedur (pertanyaan literal, inferensial, integratif,
kritis).
·
Peserta
didika saling
menilai kebenaran jawaban teman.
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks prosedur
·
Tugas kelompok, menentukan struktur isi dan ciri bahasa teks prosedur
Tes
tertulis
·
Menjawab pertanyaan terkait
isi teks prosedur
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan isi teks, dan menjawab pertanyaan.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4 JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks prosedur dari internet
· Contoh
teks prosedur dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1
Membedakan
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
1. Perbedaan teks prosedur membuat dengan melakukan sesuatu dilihat dari
struktur isi
2. Perbedaan teks prosedur membuat dengan melakukan sesuatu dilihat dari fitur bahasanya
3. Langkah menyusun
teks prosedur
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca
dua buah teks prosedur dengan cermat (prosedur membuat dan melakukan sesuatu).
Menanya :
·
Peserta
didik menanya tentang perbedaan dua buah teks prosedur yang dibaca
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan
perbedaan dua buah teks
prosedur dari struktur isinya.
·
Peserta
didik mendiskusikan
perbedaan dua buah teks prosedur dari fitur bahasanya.
·
Peerta
didik emilih topik untuk teks prosedur (misalnya membuat nasi goreng, mi goring, dll)
·
Menuliskan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng)
·
Menuliskan
pengantar yang menjelaskan tujuan (misalnya pada tulisan ini akan disajikan
cara membuat nasi goreng)
·
Menuliskan
bahan-bahan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu prosedur (membuat nasi
goreng)
·
Menuliskan
urutan langkah -langkah/tahapan (misalnya langkah membuat nasi goreng)
Mengasosiasi
·
Peserta
didik membandingkan hasil menyusun
teks prosedur untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang t
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekks prosedururangan teks prosedur yang telah
ditulis.
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan
hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri dan
bahasa yang lugas.
·
Peserta
didik menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas,
· Tugas
kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua buah teks
prosedur
Uji
Petik Kerja
·
Menyusun
teks prosedur secara individu
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks,
mendiskusikan perbedaan dua buah teks prosedur, dan menyusun teks prosedur.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam menulis teks prosedur.
|
6 JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks prosedur dari internet
· Contoh
teks prosedur dari buku/majalah/koran
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3.
Mengklasifikasi
teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun
tulisan
4.3
Menelaah dan
merevisi teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
|
1.
Klasifikasi
teks prosedur:
2. Aspek
penelahaan teks prosedur
·
Menelaah judul teks prosedur
·
Menelaah
pengantar yang memuat tujuan
penulisan
·
Menelaah
kelengkapan bahan/alat
·
Menelaah
ketepatan urutan langkah membuat/melakukan sesuatu
·
Menelaah bahasa teks prosedur: diksi, struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
5 Merevisi
isi dan bahasa teks prosedur
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca
dua buah teks prosedur.
Menanya :
·
Peerta
didik menanya tentang klasifikasi teks prosedur
·
Peserta
didik menanya tentang langkah menelaah dan merevisi tek prosedur dari segi
isi dan bahasa
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan
klasifikasi teks prosedur
·
Peserta
didik melakukan telaah teks prosedur
·
Menelaah judul teks prosedur
-
menelaah
pengantar yang memuat tujuan
penulisan
-
Menelaah
kelengkapan bahan/alat
-
Menelaah
ketepatan urutan langkah membuat/melakukan sesuatu
-
bahasa teks prosedur: diksi, struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
·
Merevisi isi dan bahasa teks
prosedur berdasarkan hasil telaah
Mengasosiasi:
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi tentang
klasifikasi teks prosedur untuk
memperkuat pemahaman tentang teks
·
Peserta
didik membandingkan hasil ringkasan untuk memperkuat pemahaman keterampilan
tentang teks prosedur
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan
hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Peserta
didik menanggapi
presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan klasifikasi teks prosedur
Tes
tertulis
·
Menentukan
klasifikasi dan menelaah teks prosedur
·
Menelaah
teks prosedur
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan
klasifikasi teks, dan membuat telaah.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kekritisannya menilai kelebihan/kekurangan teks prosedur, dan merevisi
teks prosedur
·
|
4 JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks prosedur dari internet
· Contoh
teks prosedur dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur,
dan cerita biografi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun
tulisan
4.5.Meringkas
teks cerita moral/fabel, ulasan,
diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun
tulisan
|
2.
Langkah
menyusun ringkasan:
·
membaca teks
prosedur
·
mengidentifikasi
intisari teks prosedur
·
menyusunnya
dalam bentuk ringkasan
4.
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca
teks prosedur dengan cermat.
Menanya
·
Peerta
didik menanyakan kelebihan dan kekurangan teks prosedur yang dibaca.
·
Peserta
didik menanya tentang cara membuat ringkasan teks prosedur.
Mengekplorasi
·
Peserta
didik membaca
contoh hasil identifikasi kelebihan/ kekurangan
teks prosedur
·
Peserta
didik menemukan
teks prosedur
·
Peserta
didik mendiskusikan
kelebihan/kekurangan teks prosedur yang ditemukan secara jujur
·
Peserta
didik merevisi kekurangan teks prosedur yang ditemukan
·
Peserta
didik membaca kembali teks prosedur
dengan cermat.
·
Peserta
didik mengidentifikasi
intisari teks prosedur
·
Peserta
didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi
·
Peserta
didik membandingkan hasil dikusi tentang kelebihan/kekurangan teks
antarteman/kelompok untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil ringkasan dengan teman/kelompok untuk memperkuat
pemahaman dan keterampilan tentang teks prosedur
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan
ringkasanb teks yang dibuat dengan penuh
rasa percaya diri dan bahasa lugas
·
Peserta
didik menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Tugas
·
Tugas kelompok, menentukan kelebihan/keku-rangan teks prosedur
Tes tertulis
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks prosedur dan
merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks prosedur, dan merevisi teks.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan kretavitasnya dalam membuat ringkasan teks prosedur.
|
4 JP
|
· Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP
· Contoh
teks prosedur dari internet
· Contoh
teks prosedur dari buku
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar