Satuan Pendidikan :
SMP
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI
2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI
4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
1.2
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha
Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
|
|
|
|
|
|
|
2.1
Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna
kejadian dalam konteks budaya masyarakat
2.2
Memiliki
perilaku cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat
Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya
2.3
Memiliki
perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang
tentang suatu masalah
2.4
Memiliki
rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali
kesimpulan hasil kegiatan ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
TEKS
EKSEMPLUM
|
||||||
3.1
Memahami
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan
struktur teks eksemplum
Struktur
isi:
·
Struktur isi
teks eksemplum: (1) tesis/ pernyataan
umum, (2) rangkaian contoh sebagai pendukung
tesis, dan (3) simpulan
Ciri
Bahasa
·
Penggunaan
kata sifat penggunaan kata kerja aksi
·
Penggunaan
istilah-istilah teknis
2.
Pemahaman
Isi Teks Eksemplum
3.
Pemahaman
kata, istilah dalam teks Eksemplum
|
Mengamati
:
·
Peserta
didik membaca teks eksemplum dengan cermat
·
Peserta
didik membaca contoh analisis struktur isi teks eksemplum
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks eksemplum
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi
teks eksemplum
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur isi teks eksemplum
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri bahasa teks
eksemplum
·
Peserta
didik menjawab pertanyaan isi teks eksemplum
(pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menemukan contoh teks eksemplum
·
Peserta
didik menyimpulkan ciri teks eksemplum
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks eksemplum
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menenmukan
contoh teks eksemplum
·
Tugas kelompok, mendiskusikan
struktur isi dan ciri bahasa teks eksemplum
Tes Tulis
·
Tes
tertulis, menjawab
pertanyaan tenrkait isi teks eksemplum
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi
untuk menilai
rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks eksemplum dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.2
Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
1.
Perbedaan
teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan
teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
3.
Langkah
menyusun teks eksemplum
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks eksemplum dengan cermat
·
Peserta
didik membaca teks eksposisi
Menanya
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks eksemplum
· Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks
eksposisi
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan teks eksemplum dan eksposisi dari struktur
isnya
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks
eksemplum dan eksposisi dari fitur
bahasanya
·
Peserta
didik menentukan tesis/pernyataan umum dari fenomena yang diamati dari lingkungan
sekitar
·
Peserta
didik meneuliskan bukti-bukti/alasan pendukung tesis.
·
Peserta
didik menyusun simpulan.
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menyimpulkan perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks eksemplum
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik memajang hasil karyanya (teks eksemplum)
·
Peserta
didik saling menilai tulisan teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
perbedaan teks eksemplum dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur
bahasanya
Tes tulis
·
Tes
tertulis,
menemukan perbedaan teks eksemplum dan eksposisi dilihat dari struktur isi
dan fitur bahasanya
Portofolio
Hasil tulisan peserta didik
menyusun teks eksemplum untuk dilihat perkembangan menulis mereka
Observasi
Format pengamatan sikap saat
peserta didik berdiskusi dan
mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras,
disiplin)
|
6
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks eksemplum dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.3. Mengklasifikasi
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Klasifikasi teks eksemplum
2. Aspek
penelaha-an teks eksemplum
· Menelaah judul teks eksemplum
· Menelaah tesis tekseksemplum
· Menelaah rangkaian contoh
sebagai pendukung tesis
· Menelaah simpulan.
3.
Merevisi isi dan bahasa teks eksemplum
|
Mengamati
·
Peserta
didik Membaca dua buah teks eksemplum.
Menanya
·
Peserta
didik menanya tentang klasifikasi teks eksemplum
·
Peserta
didik menanya tentang cara menelaah teks eksemplum
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan klasifikasi teks eksemplum
·
Peserta
didik membaca teks eksemplum dengan cermat.
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks eksemplum yang ditemukan secara
jujur
·
Peserta
didik merevisi kekurangan teks
eksemplum yang ditemukan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil klasifikasi teks eksemplum untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi
tentang cara menelaah untuk menemukan
langkah yang tepat dalam menelaah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan
tentang teks eksemplum
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa
percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan klasifikasi teks eksemplum
Tes tertulis
·
Membuat
revisi teks
eksemplumi.
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan
klasifikasi teks,.
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan
merevisi teks
Portofolio
Hasil revisi peserta didik terhadap teks untuk
melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
|
4
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks eksemplum dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4.
Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
4.4.
Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
baik secara lisan maupun tulisan
|
1. Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks eksemplum
2. Langkah
menyusun ringkasan
·
membaca teks
eksemplum
·
mengidentifikasi
intisari teks eksemplum
·
menyusunnya
dalam bentuk ringkasan
|
Mengamati
·
Membaca teks
eksemplum dengan cermat.
·
Menanya
tentang cara membuat ringkasan teks eksemplum.
Menanya
·
Menanya kelebihan dan kekurangan teks eksemplum yang dibaca.
·
Menanya
tentang cara meringkas teks eksemplum
Mengekplorasi
·
Membaca
contoh hasil identifikasi kelebihan/ kekurangan
teks eksemplum
·
Membaca
teks
eksemplum dengan cermat.
·
Mengidentifikasi
intisari teks
·
Menyusun
intisari teks dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi dan
menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan
keterampilan tentang teks esksemplum
·
Peserta
didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk
memperkuat pemahaman tentang teks
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu,
mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks eksemplum
·
Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks eksemplum
Tes tertulis
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum dan merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan dalam meringkas teks
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks eksemplum dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
TEKS TANGGAPAN KRITIS
|
||||||
3.1
Memahami
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan
struktur teks tanggapan
Struktur
isi:
·
Definisi
teks tanggapan kritis
·
Struktur isi
teks tanggapan kritis: (1) resume/ sinopsis dari isi teks yang hendak
ditanggapi,
(2) deskripsi kelebihan/ke-kurangan teks, (3) judgment berupa penilaian menyeluruh
terhadap kualitas teks.
·
Fitur
bahasa teks tanggapan kritis
2.
Pemahaman isi teks tanggapan kritis
3.
Pemahaman
kata, istilah dalam teks tanggapan kritis
|
Mengamati
:
·
Peserta
didik membaca teks tanggapan dengan cermat
·
Peserta
didik membaca contoh analisis struktur isi teks tanggapan
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks tanggapan kritis
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi
teks tanggapan kritis
Mengeksplorasi :
·
Peserta didik
mendiskusikan struktur isi teks tanggapan kirtis
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri bahasa teks
eksemplum
·
Peserta
didik menjawab pertanyaan isi teks tanggapan kritis
(pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menemukan contoh teks tanggapan kritis
·
Peserta
didik menyimpulkan ciri teks tanggapan
kritis
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tanggapan
kritis
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks tanggapan
·
Tugas kelompok, mendiskusikan
struktur isi dan ciri bahasa teks tanggapan kritis
Tes Tulis
·
Tes
tertulis, menjawab
pertanyaan tenrkait isi teks tanggapan kritis
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi
untuk menilai
rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks tanggapan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.3
Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
1.
Perbedaan
teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2.
Perbedaan
teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
3.
Langkah
menyusun teks eksemplum
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tanggapan kritis dengan cermat
·
Peserta
didik membaca teks eksposisi
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tanggapan kritis
· Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks
eksposisi
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan teks tanggapan
dan eksposisi dari struktur isnya
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks
tanggapan dan eksposisi dari fitur bahasanya
·
Peserta
didik menentukan tesis/pernyataan umum dari fenomena yang diamati dari
lingkungan sekitar
·
Peserta
didik meneuliskan bukti-bukti/alasan pendukung tesis.
·
Peserta
didik menyusun simpulan.
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menyimpulkan perbedaan teks tanggapan dengan teks eksposisi
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tanggapan
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik memajang hasil karyanya (teks tanggapan )
·
Peserta
didik saling menilai tulisan teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
perbedaan teks tanggapan kritis dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan
fitur bahasanya
Tes tulis
·
Tes
tertulis,
menemukan perbedaan teks tanggapan kritis
dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Portofolio
Hasil tulisan peserta didik
menyusun teks tanggapan untuk dilihat perkembangan menulis mereka
Observasi
Format pengamatan sikap saat
peserta didik berdiskusi dan
mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras,
disiplin)
|
6
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks tanggapan kritis dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4. Mengklasifikasi
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Klasifikasi teks tanggapan kritis
2.
Aspek
penelahaan teks tanggapan
·
Menelaah
judul teks
tanggapan kritis
·
Menelaah
tesis/pendahuluan
teks
tanggapan kritis
·
Menelaah
rangkaian
contoh sebagai pendukung tesis
·
Menelaah simpulan.
3.
Merevisi isi dan bahasa teks tanggapan kritis
|
Mengamati
·
Peserta
didik Membaca dua buah teks tanggapan kritis
Menanya
·
Peserta
didik menanya tentang klasifikasi teks tanggapan
·
Peserta
didik menggapan kritisnanya tentang cara menelaah teks tanggapan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan klasifikasi teks tanggapan
kritis
·
Peserta
didik membaca teks tanggapan dengan cermat.
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks tanggapan yang ditemukan secara
jujur
·
Peserta
didik merevisi kekurangan teks
tanggapan kritis yang ditemukan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil klasifikasi teks tanggapan
kritis untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi
tentang cara menelaah untuk menemukan
langkah yang tepat dalam menelaah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan
tentang teks tanggapan kritis
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa
percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan klasifikasi teks eksemplum
Tes tertulis
·
Membuat
revisi teks
tanggapan kritis
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan
klasifikasi teks tanggapan
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan
merevisi teks
Portofolio
Hasil revisi peserta didik terhadap teks untuk
melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
|
4
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
·
Contoh teks tanggapan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
4.4. Meringkas
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
|
1. Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks
teks tanggapan kritis
2. Langkah
menyusun ringkasan
·
membaca teks
tanggapan kritis
·
mengidentifikasi
intisari teks
·
menyusun
teks tanggapan kritis dalam bentuk
ringkasan
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks tanggapan dengan cermat.
·
Peserta
didik menanya tentang cara membuat ringkasan teks
tanggapan kritis
Menanya :
·
Peserta
didik menanya kelebihan
dan kekurangan teks tanggapan yang dibaca.
·
Peserta
didik menanya tentang cara meringkas teks tanggapan
Mengekplorasi
·
Pesertadidik
membaca contoh hasil identifikasi kelebihan/ kekurangan
teks tanggapan
·
Peserta
didik membaca teks tanggapan dengan cermat.
·
Peserta
didik mengidentifikasi intisari teks tanggpan
·
Peserta
didik menyusun intisari teks tanggapan
kritis dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi dan
menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan
keterampilan tentang teks tanggapan
·
Peserta
didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk
memperkuat pemahaman tentang teks tanggapan
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu,
mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks tanggapan
·
Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks tanggapan
Tes tertulis
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks tanggapan dan merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan dalam meringkas teks
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks tanggapan kritis
dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
TEKS TANTANGAN
|
||||||
3.1.Memahami
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
1. Pengenalan
struktur teks tantangan
Struktur
isi:
·
Definisi
teks tantangan
·
Struktur isi
teks tantangan: (1) pengantar yang berisi pernyataan tentang topik
yang hendak dibantah
(2) argumen, memuat rangkaian bukti atau alasan
untuk mendukung bantahan (3) simpulan berupa pernyataan yang menegaskan
bantahan.
2. Fitur bahasa teks tantangan
|
Mengamati
:
·
Peserta didik
membaca teks tantangan dengan cermat
·
Peserta
didik membaca contoh analisis struktur isi teks tantangan
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks tanggapan kritis
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi
teks tantangan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur isi teks tantangan
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri bahasa teks
tantangan
·
Peserta
didik menjawab pertanyaan isi teks tantangan
(pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menemukan contoh teks tantangan kritis
·
Peserta
didik menyimpulkan ciri teks tantangan
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tantangan
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks tantangan
·
Tugas kelompok, mendiskusikan
struktur isi dan ciri bahasa teks teks tantangan
Tes Tulis
·
Tes
tertulis, menjawab
pertanyaan terkait isi teks tantangan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi
untuk menilai
rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks tantangandari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.2.Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
1. Perbedaan teks tantangan dengan teks
eksposisi dilihat dari struktur isi
3.
Perbedaan
teks tantangan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
4.
Langkah
menyusun teks tantangan
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tantangan dengan cermat
·
Peserta
didik membaca teks eksposisi
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tantangan
· Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks
tantangan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan teks tantangan
dan eksposisi dari struktur isnya
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks
tantangan dan eksposisi dari fitur bahasanya
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menyimpulkan perbedaan teks tantangan dengan teks eksposisi
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tantangan
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik memajang hasil karyanya (teks tantangan)
·
Peserta
didik saling menilai tulisan teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
perbedaan teks tantangan dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur
bahasanya
Tes tulis
·
Tes
tertulis,
menemukan perbedaan teks tantangan dan
eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Portofolio
Hasil tulisan peserta didik
menyusun teks tantangan untuk dilihat perkembangan menulis mereka
Observasi
Format pengamatan sikap saat
peserta didik berdiskusi dan
mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras,
disiplin)
|
6
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks tantangan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.3.Mengklasifikasi
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Klasifikasi teks tantangan
2.
Aspek penelahaan teks tantangan
3.
Merevisi isi dan bahasa teks tantangan
|
Mengamati
·
Peserta
didik Membaca dua buah teks tantangan
Menanya
·
Peserta
didik menanya tentang klasifikasi teks tantangan
·
Peserta
didik menanya tentang cara menelaah teks tantangan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan klasifikasi teks tantangan
·
Peserta
didik membaca teks tantangan dengan cermat.
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks tantangan yang ditemukan secara
jujur
·
Peserta
didik merevisi kekurangan teks
tantangan yang ditemukan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil klasifkasi i teks
tantangan antarteman untuk
memperkuat pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi
tentang cara menelaah untuk menemukan
langkah yang tepat dalam menelaah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan
tentang teks tantangan
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa
percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan klasifikasi teks tantangan
Tes tertulis
·
Membuat
revisi teks
tantangan
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan
klasifikasi teks tantangan
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan
merevisi teks
Portofolio
Hasil revisi peserta didik terhadap teks untuk
melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
|
4
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
·
Contoh teks tantangan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4.Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
4.4. Meringkas
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
secara lisan maupun tulisan
|
1. Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks tantangan
2. Langkah
menyusun ringkasan
·
membaca teks
tantangan
·
mengidentifikasi
intisari teks tantangan
·
menyusun
teks tantangan dalam bentuk ringkasan
|
Mengamati :
·
Peserta
didik membaca teks tantangan dengan cermat.
Menanya :
·
Peserta
didik menanya kelebihan
dan kekurangan teks tantangan yang dibaca.
·
Peserta
didik menanya tentang cara meringkas teks tantangan
Mengekplorasi :
·
Pesrta didik
membaca contoh hasil identifikasi kelebihan/ kekurangan
teks tantangan
·
Peserta
didik membaca teks tantangan dengan cermat.
·
Peserta
didik engidentifikasi intisari teks
·
Peserta
didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi dan
menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan
keterampilan tentang teks tantangan
·
Peserta
didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk
memperkuat pemahaman tentang teks tantangan
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu,
mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks tantangan
·
Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks tantangan
Tes tertulis
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks tantangan
dan merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan dalam meringkas teks
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks tantangan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
TEKS REKAMAN PERCOBAAN
|
||||||
3.1 Memahami
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis,
tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan
struktur teks rekaman percobaan
·
Definisi
teks rekaman percobaan
·
Struktur isi
teks rekaman percobaan: (1) pendahuluan: latar
belakang, masalah, dan tujuan (2) landasan teori/kajian pustaka (3) metode
penelitian, (4) paparan data dan hasil percobaan, dan (5) simpulan
·
Fitur
bahasa teks rekaman percobaan
|
Mengamati
:
·
Peserta
didik membaca teks rekaman percobaan dengan cermat
·
Peserta
didik membaca contoh analisis struktur isi teks rekaman percobaan
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks rekaman percobaan
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi
teks rekaman percobaan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur isi teks rekaman percobaan
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri bahasa teks
rekaman percobaan
·
Peserta
didik menjawab pertanyaan isi teks rekaman percobaan
(pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menemukan contoh teks rekaman percobaan
·
Peserta
didik menyimpulkan ciri teks rekaman
percobaan
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks rekaman
percobaan
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·
Peserta
didik saling menilai kebenaran jawaban teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
contoh teks rekaman percobaan
·
Tugas kelompok, mendiskusikan struktur
isi dan ciri bahasa teks teks tantangan
Tes Tulis
·
Tes
tertulis, menjawab
pertanyaan terkait isi teks tantangan
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi
untuk menilai
rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks rekaman percobaan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.5.Membedakan
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik
melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
1. Perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur
isi
2. Perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur
bahasanya
3. Langkah menyusun teks rekaman
percobaan
|
Mengamati
:
·
Peserta
didik membaca teks rekaman percobaan
dengan cermat
·
Peserta
didik membaca teks eksposisi
Menanya
:
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tantangan
· Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks
rekaman percobaan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan teks rekaman percobaan dan eksposisi dari struktur isnya
·
Peserta
didik mendiskusikan perbedaan teks
rekaman percobaan dan eksposisi
dari fitur bahasanya
Mengasosiasi
:
·
Peserta
didik menyimpulkan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks eksposisi
·
Peserta
didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks rekaman
percobaan
Mengomunikasikan
:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Peserta
didik memajang hasil karyanya (rekaman percobaan)
·
Peserta
didik saling menilai tulisan teman
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan
perbedaan teks rekaman percobaan dan
eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Tes tulis
·
Tes
tertulis,
menemukan perbedaan teks rekaman percobaan dan eksposisi dilihat dari
struktur isi dan fitur bahasanya
Portofolio
Hasil tulisan peserta didik
menyusun teks rekaman percobaan untuk
dilihat perkembangan menulis mereka
Observasi
Format pengamatan sikap saat
peserta didik berdiskusi dan
mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras,
disiplin)
|
6
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks rekaman percobaan dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.6.Mengklasifikasi
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum,
tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Klasifikasi teks tantangan
2.
Aspek penelahaan teks rekaman percobaan
3.
Merevisi isi dan bahasa teks rekaman
percobaan
|
Mengamati
·
Peserta
didik Membaca dua buah teks rekaman percobaan
Menanya
·
Peserta
didik menanya tentang klasifikasi teks rekaman
percobaan
·
Peserta
didik menanya tentang cara menelaah teks rekaman percobaan
Mengeksplorasi :
·
Peserta
didik mendiskusikan klasifikasi teks rekaman
percobaan
·
Peserta
didik membaca teks rekaman percobaan dengan cermat.
·
Peserta
didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks rekaman percobaan yang ditemukan secara jujur
·
Peserta
didik merevisi kekurangan teks rekaman
percobaan yang ditemukan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil klasifkasi teks rekaman
percobaan antarteman untuk
memperkuat pemahaman
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi
tentang cara menelaah untuk menemukan
langkah yang tepat dalam menelaah teks rekaman percobaan untuk memperkuat
pemahaman dan keterampilan tentang teks
rekaman percobaan
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa
percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Tugas
· Tugas
kelompok, menentukan klasifikasi teks rekaman percobaan
Tes tertulis
·
Membuat
revisi teks
rekaman percobaan
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan
klasifikasi teks tantangan
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan
merevisi teks
Portofolio
Hasil revisi peserta didik terhadap teks untuk
melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
|
4
JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks rekaman percobaan
dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
2.4
Mengidentifikasi
kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan
4.4.
Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan
baik secara lisan maupun tulisan
|
1. Langkah-langkah
menemukan kelebihan/kekurangan teks rekaman percobaan
2. Langkah
menyusun ringkasan
· membaca
teks rekaman percobaan
· mengidentifikasi
intisari teks rekaman percobaan
· menyusun
teks rekaman percobaan dalam bentuk ringkasan
|
Mengamati :
·
Peserta didik
membaca teks rekaman percobaan dengan
cermat.
Menanya :
·
Peserta
didik menanya kelebihan
dan kekurangan teks rekaman percobaan yang
dibaca.
·
Peserta
didik menanya tentang cara meringkas teks rekaman percobaan
Mengekplorasi :
·
Peserta
didik membaca contoh hasil
identifikasi kelebihan/ kekurangan teks rekaman percobaan
·
Peserta
didik membaca teks rekaman percobaan dengan cermat.
·
Peserta
didik mengidentifikasi intisari teks
·
Peserta
didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi :
·
Peserta
didik membandingkan hasil diskusi dan
menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan
keterampilan tentang teks rekaman percobaan
·
Peserta
didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk
memperkuat pemahaman tentang teks rekaman percobaan
Mengomunikasikan :
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·
Peserta
didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu,
mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks rekaman
percobaan
·
Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks rekaman
percobaan
Tes tertulis
·
, Mengidentifikasi
kekurangan teks rekaman percobaan dan merevisinya
Observasi
·
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi
kelebihan/kekurangan teks
·
Mengamati
sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya
diri, ketekunan dalam meringkas teks
|
4JP
|
·
Buku Siswa Bahasa Indonesia
SMP Kelas IX
·
Contoh teks rekaman percobaan
dari Internet
·
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar