Selasa, 02 Juni 2015

Silabus K-13 kelas 9


Satuan Pendidikan        : SMP

Kelas                              : IX

Kompetensi Inti    :
KI 1   :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3   :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4   :   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
1.3   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis





2.1     Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam menangani kejadian dan memberikan makna kejadian dalam konteks budaya masyarakat
2.2     Memiliki perilaku cinta tanah air dan semangat kebangsaan atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya
2.3     Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah
2.4     Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah






TEKS EKSEMPLUM
3.1        Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan



1.   Pengenalan struktur teks eksemplum
Struktur isi:
·         Struktur isi teks eksemplum: (1) tesis/ pernyataan umum, (2) rangkaian contoh sebagai pendukung tesis, dan (3) simpulan

Ciri Bahasa
·         Penggunaan kata sifat penggunaan kata kerja aksi
·         Penggunaan istilah-istilah teknis

2.   Pemahaman Isi Teks Eksemplum
3.   Pemahaman kata, istilah dalam teks Eksemplum

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks eksemplum dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks eksemplum

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks eksemplum
·  Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksemplum

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan struktur isi teks eksemplum
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks eksemplum
·         Peserta didik menjawab pertanyaan isi teks eksemplum
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menemukan contoh teks eksemplum
·         Peserta didik menyimpulkan ciri teks eksemplum
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks eksemplum

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman

Tugas
·     Tugas individu, menenmukan contoh teks eksemplum
·     Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks eksemplum

Tes Tulis
·     Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks eksemplum

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks eksemplum dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.2        Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan


1.   Perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
3.   Langkah menyusun teks eksemplum
Mengamati
·         Peserta didik membaca teks eksemplum dengan cermat
·         Peserta didik membaca teks eksposisi

Menanya
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks eksemplum
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi

Mengeksplorasi
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks eksemplum dan eksposisi dari struktur isnya
·         Peserta didik  mendiskusikan perbedaan teks eksemplum dan eksposisi dari  fitur bahasanya
·         Peserta didik menentukan tesis/pernyataan umum dari fenomena yang diamati dari lingkungan sekitar
·         Peserta didik meneuliskan bukti-bukti/alasan pendukung tesis.
·         Peserta didik menyusun simpulan.


Mengasosiasi :
·         Peserta didik menyimpulkan perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks eksemplum
Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik memajang hasil karyanya (teks eksemplum)
·         Peserta didik saling menilai tulisan teman

Tugas
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksemplum dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Tes tulis
·     Tes tertulis, menemukan perbedaan teks eksemplum dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Portofolio
Hasil tulisan peserta didik menyusun teks eksemplum untuk dilihat perkembangan menulis mereka

Observasi
Format pengamatan sikap saat peserta didik berdiskusi  dan mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras, disiplin)

6 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks eksemplum dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.3.      Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4.3  Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan



1. Klasifikasi teks eksemplum

2. Aspek penelaha-an teks eksemplum
· Menelaah judul teks eksemplum
· Menelaah tesis tekseksemplum
· Menelaah rangkaian contoh sebagai pendukung tesis
· Menelaah simpulan.
3. Merevisi isi dan bahasa teks eksemplum


Mengamati
·         Peserta didik Membaca dua buah teks eksemplum.

Menanya
·         Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks eksemplum
·         Peserta didik menanya tentang cara menelaah teks eksemplum

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks eksemplum
·         Peserta didik membaca teks eksemplum dengan cermat.
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks eksemplum yang ditemukan secara jujur
·         Peserta didik merevisi kekurangan teks eksemplum yang ditemukan


Mengasosiasi :
·           Peserta didik membandingkan hasil  klasifikasi teks eksemplum untuk memperkuat pemahaman

·         Peserta didik membandingkan hasil  diskusi tentang cara  menelaah untuk menemukan langkah yang tepat dalam menelaah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks eksemplum

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks eksemplum

Tes tertulis
·         Membuat revisi teks eksemplumi.


Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks,.

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan merevisi  teks

 Portofolio
Hasil  revisi peserta didik terhadap teks untuk melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
4 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks eksemplum dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.4.      Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4. Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan


1.   Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks eksemplum
2.   Langkah menyusun ringkasan
·         membaca teks eksemplum
·         mengidentifikasi intisari teks eksemplum
·         menyusunnya dalam bentuk ringkasan


Mengamati
·         Membaca teks eksemplum dengan cermat.
·         Menanya tentang cara membuat ringkasan teks eksemplum.


Menanya
·         Menanya kelebihan dan kekurangan teks eksemplum yang dibaca.
·         Menanya tentang cara meringkas teks eksemplum

Mengekplorasi
·         Membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks eksemplum
·         Membaca teks eksemplum dengan cermat.
·         Mengidentifikasi intisari teks
·         Menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan


Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan  hasil diskusi dan menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks esksemplum
·         Peserta didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

Jenis Tagihan:
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks eksemplum
·     Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks eksemplum

Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum dan merevisinya
Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan dalam meringkas teks

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks eksemplum dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
TEKS TANGGAPAN KRITIS
3.1        Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan



1.   Pengenalan struktur teks tanggapan
Struktur isi:
·         Definisi teks tanggapan kritis
·         Struktur isi teks tanggapan kritis: (1) resume/ sinopsis dari isi teks yang hendak ditanggapi, (2) deskripsi kelebihan/ke-kurangan teks, (3) judgment berupa penilaian menyeluruh terhadap kualitas teks.
·         Fitur bahasa teks tanggapan kritis

2. Pemahaman isi teks tanggapan kritis
3.   Pemahaman kata, istilah dalam teks tanggapan kritis

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks tanggapan dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks tanggapan

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks tanggapan kritis
·  Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks tanggapan kritis

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan struktur isi teks tanggapan kirtis
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks eksemplum
·         Peserta didik menjawab pertanyaan isi teks tanggapan kritis
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menemukan contoh teks tanggapan kritis
·         Peserta didik menyimpulkan ciri teks tanggapan kritis
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tanggapan kritis

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman



Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks tanggapan
·     Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks tanggapan kritis

Tes Tulis
·     Tes tertulis, menjawab pertanyaan tenrkait isi teks tanggapan kritis

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tanggapan  dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.3        Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan


1.   Perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks eksemplum dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
3.   Langkah menyusun teks eksemplum
Mengamati
·         Peserta didik membaca teks tanggapan kritis dengan cermat
·         Peserta didik membaca teks eksposisi

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tanggapan kritis
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks tanggapan  dan eksposisi dari struktur isnya
·         Peserta didik  mendiskusikan perbedaan teks tanggapan  dan eksposisi dari  fitur bahasanya
·         Peserta didik menentukan tesis/pernyataan umum dari fenomena yang diamati dari lingkungan sekitar
·         Peserta didik meneuliskan bukti-bukti/alasan pendukung tesis.
·         Peserta didik menyusun simpulan.

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menyimpulkan perbedaan teks tanggapan dengan teks eksposisi
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tanggapan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik memajang hasil karyanya (teks tanggapan )
·         Peserta didik saling menilai tulisan teman

Tugas
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks tanggapan kritis dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Tes tulis
·     Tes tertulis, menemukan perbedaan teks tanggapan kritis  dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Portofolio
Hasil tulisan peserta didik menyusun teks tanggapan untuk dilihat perkembangan menulis mereka

Observasi
Format pengamatan sikap saat peserta didik berdiskusi  dan mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras, disiplin)

6 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tanggapan kritis dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.4.      Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4.3  Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan



1. Klasifikasi teks tanggapan kritis


2.   Aspek penelahaan teks tanggapan
·         Menelaah judul teks tanggapan kritis
·         Menelaah tesis/pendahuluan  teks  tanggapan kritis
·         Menelaah rangkaian contoh sebagai pendukung tesis
·         Menelaah simpulan.
3. Merevisi isi dan bahasa teks tanggapan kritis


Mengamati
·         Peserta didik Membaca dua buah teks tanggapan kritis

Menanya
·         Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks tanggapan
·         Peserta didik menggapan kritisnanya tentang cara menelaah teks tanggapan

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks tanggapan kritis
·         Peserta didik membaca teks tanggapan  dengan cermat.
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks tanggapan yang ditemukan secara jujur
·         Peserta didik merevisi kekurangan teks tanggapan kritis yang ditemukan

Mengasosiasi :
·           Peserta didik membandingkan hasil  klasifikasi teks tanggapan kritis untuk memperkuat pemahaman

·         Peserta didik membandingkan hasil  diskusi tentang cara  menelaah untuk menemukan langkah yang tepat dalam menelaah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks tanggapan kritis

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks eksemplum

Tes tertulis
·         Membuat revisi teks tanggapan kritis


Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks tanggapan

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan merevisi  teks

 Portofolio
Hasil  revisi peserta didik terhadap teks untuk melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
4 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tanggapan dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.4      Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4. Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan


1.  Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks  teks tanggapan kritis
2.  Langkah menyusun ringkasan
·         membaca teks tanggapan kritis
·         mengidentifikasi intisari teks
·         menyusun teks tanggapan kritis  dalam bentuk ringkasan


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks tanggapan dengan cermat.
·         Peserta didik menanya tentang cara membuat ringkasan teks tanggapan kritis


Menanya :
·         Peserta didik menanya kelebihan dan kekurangan teks tanggapan  yang dibaca.
·         Peserta didik menanya tentang cara meringkas teks tanggapan

Mengekplorasi
·         Pesertadidik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks tanggapan
·         Peserta didik membaca teks tanggapan dengan cermat.
·         Peserta didik mengidentifikasi intisari teks tanggpan
·         Peserta didik menyusun intisari teks tanggapan kritis dalam bentuk ringkasan

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan  hasil diskusi dan menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks tanggapan
·         Peserta didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks tanggapan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri

·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

Jenis Tagihan:
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks tanggapan
·     Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks tanggapan

Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks tanggapan dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan dalam meringkas teks

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tanggapan kritis  dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
TEKS TANTANGAN
3.1.Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan



1.  Pengenalan struktur teks tantangan
Struktur isi:
·         Definisi teks tantangan
·         Struktur isi teks tantangan: (1) pengantar yang berisi pernyataan tentang topik yang hendak dibantah (2) argumen, memuat rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan (3) simpulan berupa pernyataan yang menegaskan bantahan.
2.   Fitur bahasa teks tantangan

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks tantangan dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks tantangan

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks tanggapan kritis
·  Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks tantangan

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan struktur isi teks tantangan
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks tantangan
·         Peserta didik menjawab pertanyaan isi teks tantangan
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menemukan contoh teks tantangan kritis
·         Peserta didik menyimpulkan ciri teks tantangan
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tantangan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman

Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks tantangan
·     Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks teks tantangan

Tes Tulis
·     Tes tertulis, menjawab pertanyaan terkait isi teks tantangan

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tantangandari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.2.Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan


1. Perbedaan teks tantangan dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
3.   Perbedaan teks tantangan dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
4.   Langkah menyusun teks tantangan
Mengamati
·         Peserta didik membaca teks tantangan dengan cermat
·         Peserta didik membaca teks eksposisi

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tantangan
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tantangan

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks tantangan  dan eksposisi dari struktur isnya
·         Peserta didik  mendiskusikan perbedaan teks tantangan  dan eksposisi dari  fitur bahasanya

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menyimpulkan perbedaan teks tantangan dengan teks eksposisi
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks tantangan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik memajang hasil karyanya (teks tantangan)
·         Peserta didik saling menilai tulisan teman


Tugas
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks tantangan dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Tes tulis
·     Tes tertulis, menemukan perbedaan teks tantangan  dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Portofolio
Hasil tulisan peserta didik menyusun teks tantangan untuk dilihat perkembangan menulis mereka

Observasi
Format pengamatan sikap saat peserta didik berdiskusi  dan mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras, disiplin)

6 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tantangan dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.3.Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4.3  Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan



1. Klasifikasi teks tantangan

2. Aspek penelahaan teks tantangan
3. Merevisi isi dan bahasa teks tantangan


Mengamati
·         Peserta didik Membaca dua buah teks tantangan

Menanya
·         Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks tantangan
·         Peserta didik menanya tentang cara menelaah teks tantangan



Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks tantangan
·         Peserta didik membaca teks tantangan dengan cermat.
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks tantangan yang ditemukan secara jujur
·         Peserta didik merevisi kekurangan teks tantangan yang ditemukan


Mengasosiasi :
·           Peserta didik membandingkan hasil  klasifkasi i teks tantangan antarteman untuk memperkuat pemahaman

·         Peserta didik membandingkan hasil  diskusi tentang cara  menelaah untuk menemukan langkah yang tepat dalam menelaah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks tantangan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri

·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks tantangan

Tes tertulis
·         Membuat revisi teks tantangan


Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks tantangan

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan merevisi  teks

 Portofolio
Hasil  revisi peserta didik terhadap teks untuk melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
4 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tantangan dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.4.Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4. Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan


1.   Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks tantangan
2.   Langkah menyusun ringkasan
·         membaca teks tantangan
·         mengidentifikasi intisari teks tantangan
·         menyusun teks tantangan dalam bentuk ringkasan

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks tantangan dengan cermat.

Menanya :
·         Peserta didik menanya kelebihan dan kekurangan teks tantangan yang dibaca.
·         Peserta didik menanya tentang cara meringkas teks tantangan

Mengekplorasi :
·         Pesrta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks tantangan
·         Peserta didik membaca teks tantangan dengan cermat.
·         Peserta didik engidentifikasi intisari teks
·         Peserta didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan
Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan  hasil diskusi dan menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks tantangan
·         Peserta didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks tantangan
Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Jenis Tagihan:
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks tantangan

·     Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks tantangan

Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks tantangan  dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan dalam meringkas teks

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks tantangan  dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
TEKS REKAMAN PERCOBAAN
3.1  Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

4.1 Menangkap makna
teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan



1.   Pengenalan struktur teks rekaman percobaan
  1. Struktur isi:
·         Definisi teks rekaman percobaan
·         Struktur isi teks rekaman percobaan: (1) pendahuluan: latar belakang, masalah, dan tujuan (2) landasan teori/kajian pustaka (3) metode penelitian, (4) paparan data dan hasil percobaan, dan (5) simpulan
·         Fitur bahasa teks rekaman percobaan

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks rekaman percobaan dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh analisis struktur isi teks rekaman percobaan

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks rekaman percobaan
·  Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks rekaman percobaan

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan struktur isi teks rekaman percobaan
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks rekaman percobaan
·         Peserta didik menjawab pertanyaan isi teks rekaman percobaan
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menemukan contoh teks rekaman percobaan
·         Peserta didik menyimpulkan ciri teks rekaman percobaan
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks rekaman percobaan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman

Tugas
·     Tugas individu, menemukan contoh teks rekaman percobaan
·     Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks teks tantangan

Tes Tulis
·     Tes tertulis, menjawab pertanyaan terkait isi teks tantangan

Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses diskusi untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks rekaman percobaan dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.5.Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan

4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan


1. Perbedaan teks rekaman percobaan  dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2. Perbedaan teks rekaman percobaan  dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya
3. Langkah menyusun teks rekaman percobaan
Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks rekaman percobaan  dengan cermat
·         Peserta didik membaca teks eksposisi

Menanya :
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks tantangan
·  Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa teks rekaman percobaan

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks rekaman percobaan   dan eksposisi dari struktur isnya
·         Peserta didik  mendiskusikan perbedaan teks rekaman percobaan  dan eksposisi dari  fitur bahasanya

Mengasosiasi :
·         Peserta didik menyimpulkan perbedaan teks rekaman percobaan dengan teks eksposisi
·         Peserta didik mendiskusikan kebenaran jawaban terhadap isi teks rekaman percobaan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik memajang hasil karyanya (rekaman percobaan)
·         Peserta didik saling menilai tulisan teman




Tugas
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks rekaman percobaan  dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Tes tulis
·     Tes tertulis, menemukan perbedaan teks rekaman percobaan dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Portofolio
Hasil tulisan peserta didik menyusun teks rekaman percobaan  untuk dilihat perkembangan menulis mereka

Observasi
Format pengamatan sikap saat peserta didik berdiskusi  dan mengerjakan tugas yang diberikan (toleransi, tanggung jawab, kerja keras, disiplin)

6 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks rekaman percobaan dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
3.6.Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

4.3  Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan



1. Klasifikasi teks tantangan

2. Aspek penelahaan teks rekaman percobaan
3. Merevisi isi dan bahasa teks rekaman percobaan


Mengamati
·         Peserta didik Membaca dua buah teks rekaman percobaan

Menanya
·         Peserta didik menanya tentang klasifikasi teks rekaman percobaan
·         Peserta didik menanya tentang cara menelaah teks rekaman percobaan



Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan klasifikasi teks rekaman percobaan
·         Peserta didik membaca teks rekaman percobaan dengan cermat.
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks rekaman percobaan  yang ditemukan secara jujur
·         Peserta didik merevisi kekurangan teks rekaman percobaan yang ditemukan


Mengasosiasi :
·           Peserta didik membandingkan hasil  klasifkasi  teks rekaman percobaan antarteman untuk memperkuat pemahaman

·         Peserta didik membandingkan hasil  diskusi tentang cara  menelaah untuk menemukan langkah yang tepat dalam menelaah teks rekaman percobaan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks  rekaman percobaan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri

·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun

Tugas
·     Tugas kelompok, menentukan klasifikasi teks rekaman percobaan

Tes tertulis
·         Membuat revisi teks rekaman percobaan


Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan klasifikasi teks tantangan

·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan, dan dalam menelaah dan merevisi  teks

 Portofolio
Hasil  revisi peserta didik terhadap teks untuk melihat perkembangan menulis melalui revisi teks
4 JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks rekaman percobaan  dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks
2.4      Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan mupun tulisan

4.4. Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan


1.   Langkah-langkah menemukan kelebihan/kekurangan teks rekaman percobaan
2.   Langkah menyusun ringkasan
· membaca teks rekaman percobaan
· mengidentifikasi intisari teks rekaman percobaan
· menyusun teks rekaman percobaan dalam bentuk ringkasan


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks  rekaman percobaan dengan cermat.

Menanya :
·         Peserta didik menanya kelebihan dan kekurangan teks rekaman percobaan yang dibaca.
·         Peserta didik menanya tentang cara meringkas teks rekaman percobaan



Mengekplorasi :
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/ kekurangan teks rekaman percobaan
·         Peserta didik membaca teks rekaman percobaan dengan cermat.
·         Peserta didik mengidentifikasi intisari teks
·         Peserta didik menyusun intisari teks dalam bentuk ringkasan

Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan  hasil diskusi dan menemukan cara tentang cara menelaah teks untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks rekaman percobaan
·         Peserta didik membandingkan hasil revisi antarteman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks rekaman percobaan

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi dengan penuh rasa percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
Jenis Tagihan:
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/keku-rangan teks rekaman percobaan

·     Tugas kelompok, mendiskusikan kelebihan/keku-rangan teks rekaman percobaan

Tes  tertulis
·     , Mengidentifikasi kekurangan teks rekaman percobaan  dan merevisinya

Observasi
·         Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses membaca teks, menentukan mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks
·         Mengamati sikap peserta didik untuk menilai rasa percaya diri, ketekunan dalam meringkas teks

4JP
·         Buku Siswa Bahasa Indonesia  SMP  Kelas IX 
·         Contoh teks rekaman percobaan  dari Internet
·         Buku referensi tentang genre teks








Tidak ada komentar:

Posting Komentar