1. SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
I.
TEKS HASIL OBSERVASI
|
||||||
1.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah
keberagaman bahasa dan budaya
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan
tulis
|
|
Terintegrasi pada pembelajaran di KD pada KI-3
dan KD pada KI-4
|
|
|
|
|
2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi
secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.2
Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat
tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
2.3
Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam
mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada
masyarakat
2.4
Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah
suatu proses berbentuk linear
2.5
Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon
secara pribadi peristiwa jangka pendek
|
|
Terintegrasi pada pembelajaran di KD-KD pada
KI-3 dan KI-4
|
|
|
|
|
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1
Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks hasil observasi
Struktur isi:
·
Judul
·
Pembuka/ definisi umum
·
Isi : deskripsi khusus
·
Penutup :
Ciri Bahasa
·
Penggunaan kata sifat
·
Penggunaan kata kerja aksi
2.
Pemahaman Isi Teks Hasil Observasi
3.
Pemahaman kata, istilah dalam teks hasil observasi
|
Mengamati :
· Peserta didik membaca teks laporan
observasi melalui pemodelan teks
Menanya
·
Peserta didik dengan atau
tanpa bantuan guru menanya tentang teks hasil observasi (
struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab tentang
hal-hal yang berkaitan dengan tema
·
Peserta didik mengenal dan mendiskusikan struktur
teks hasil observasi
·
Peserta didik mengenal dan mendiskusikan ciri bahasa teks hasil observasi
·
Peserta didik memahami dan menerapkan penggunaan kata dalam kalimat
·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks hasil laporan observasi
·
Peserta didik mengenal unsur kebahasaan (kata rujukan, frasa, imbuhan, konjungsi dan, tetapi, sehingga, atau,
dan kata baku)
·
Peserta didik membaca dan
mendiskusikan cerita sastra yang
berkaitan dengan tema
Mengasosiasi :
·
Peserta didik melabeli gambar dengan kata yang tepat dan
mendeskripsikan berdasarkan bentuk, warna, dan kegunaan
·
Peserta didik mengurutkan unsur teks hasil laporan observasi
·
Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks di sekitar
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan struktur teks hasil laporan observasi
·
Peserta didik mendeskripsikan gambar dari hasil melabeli secara
lisan atau tertulis
·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks sastra yang berkaitan
dengan tema
|
Tugas :
·
Tugas individu, menemukan contoh teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, melabeli dan mendeskripsikan gambar
Observasi :
- Menilai kemampuan Peserta
didik dalam memahami struktur teks hasil laporan observasi dalam kegiatan
kelompok dan atau individu
- Menilai sikap Peserta
didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan
berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu
Portofolio :
- Menilai hasil pemahaman
Peserta didik tentang struktur teks
laporan hasil observasi dalam bentuk laporan hasil kerja kelompok dan atau individu
- Menilai hasil pemahaman
Peserta didik dalam penerapan kaidah kebahasaan melalui hasil kerja kelompok
dan atau individu
Tes
tertulis
- Menilai pemahaman Peserta didik tentang isi teks
laporan hasil observasi
- Menilai pemahaman Peserta
didik tentang struktur teks hasil laporan observasi
-
Menilai pemahaman Peserta didik tentang penerapan kaidah kebahasaan
dalam teks ((kata rujukan, frasa,
imbuhan, konjungsi dan, tetapi, sehingga, atau, dan kata baku)
|
4JP
|
· Buku Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks hasil observasi dari internet
· Contoh teks hasil observasi dari media massa
cetak
|
|
3.2
Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari
struktur isi
2.
Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari
fitur bahasanya
3. Langkah Menyusun teks hasil observasi
·
memilih objek pengamatan
·
Mengamati objek
·
Menentukan judul
·
Menulis klasifikasi umum
·
Menjabarkan deskripsi unsur-unsur penting dari
objek yang diamati
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca contoh
teks hasil observasi dengan cermat
·
Peserta didik membaca contoh teks deskripsi
Menanya :
·
Peserta didik dengan
atau tanpa bantuan guru mempertanyakan tentang perbedaan
teks hasil observasi dan deskripsi dari segi struktur teks
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan penyusunan teks hasil laporan observasi
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan teks hasil observasi dan
deskripsi dari struktur isinya
·
Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks hasil observasi dan
deskripsi dari ciri-ciri bahasanya
·
Peserta didik memilih objek pengamatan dari lingkungan dan atau sumber lainnya ntuk bahan penulisan laporan observasi
·
Peserta didik mengumpulkan data atau bahan untuk laporan hasil
observasi melalui wawancara dengan lingkungan sekitar dengan penuh tanggung
jawab
·
Peserta didik menyusun teks laporan hasil observasi secara
berkelompok berdasarkan pemahaman tentang teks
( menentukan judul, menuliskan definisi umum, menguraikan
deskripsi, dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan EYD dan menghargai pendapat teman dalam kelompok.
·
Peserta didik menyusun teks laporan hasil observasi secara mandiri
berdasarkan pemahaman tentang teks ( menentukan judul, menuliskan definisi umum, menguraikan
deskripsi, dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan
penggunaan EYD.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan dan menyimpulkan struktur teks hasil
observasi
·
Peserta didik membandingkan teks yang disusun kelompok berdasarkan
struktur teks
·
Peserta didik membandingkan teks yang disusun sendiri dengan teks
teman lain berdasarkan struktur teks
Mengomunikasikan :
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
persamaan dan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dalam berbagai bentuk (uraian, tabel, atau peta
konsep) de
·
Mempresentasikan hasil penyusunan teks hasil laporan observasi kelompok
dengan percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Menanggapi presentasi kelompok lain secara lugas dan santun
·
Menanggapi presentasi teman dengan lugas dan santun
·
Memajangkan hasil kerja
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks hasil
observasi dan deskripsi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, menentukan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks
hasil observasi dengan teks deskripsi
Observasi :
- Menilai kemampuan Peserta
didik dalam memamahami perbedaan
struktur teks hasil laporan observasi dan teks lain (deskripsi) dalam
kegiatan kelompok dan atau individu
- Menilai sikap Peserta
didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan
berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu
Portofolio :
- Menilai hasil pemahaman
Peserta didik tentang struktur teks
laporan hasil observasi yang dibandingkan dengan teks lain (deskripsi) dalam bentuk laporan hasil kerja kelompok dan atau individu
- Menilai perkembangan
menulis Peserta didik melalui tugas menyusun teks laporan observasi secara
bertahap
- Menilai hasil pemahaman
Peserta didik dalam penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui
hasil kerja kelompok dan atau individu pada berbagai tugas menulis
Tes
tertulis
-
Menilai
pemahaman Peserta didik tentang pemahaman strutur teks laporan
observasi
-
Menilai pemahaman Peserta didik dalam menyusu teks
laporan observasi
|
8 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks hasil observasi dari internet
· Contoh teks hasil observasi dari media massa
cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
1. Klasifikasi teks hasil observasi:
2. Kekurangan teks teks hasil observasi dari aspek
isi dan bahasanya
3. Penelaahan dan revisi teks (struktur dan kaidah
kebahasaan)
|
Mengamati :
·
Membaca teks hasil observasi secara cermat
·
Membaca teks berita dengan cermat
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mengungkapkan hal yang berkaitan dengan klasifikasi/kategori teks hasil observasi dan
teks berita
·
Peserta didik dengan atau bantuan guru mengungkapkan hal yang
berkaitan dengan kekurangan teks hasil observasi
Mengeksplorasi :
·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
·
Peserta didik secara kelompok mendiskusikan manakah dari kedua teks
tersebut yang termasuk dalam kategori teks laporan dan
teks berita dari segi struktur teks
·
Peserta didik secara kelompok mendiskusikan
kekurangan teks hasil laporan observasi dari segi struktur dan kaidah
kebahasaan.
·
Peserta didik menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis
kelompok lain dari aspek judul, klasifikasi/definisi umum, deskripsi khusus,
dan kaidah kebahasaan dengan penuh tanggung jawab
·
Peserta didik merevisi teks hasil observasi kelompok sesuai dengan
hasil penelaahaan dengan penuh tanggung jawab
·
Peserta didik menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis teman
dari aspek judul, klasifikasi/definisi umum, deskripsi khusus, dan kaidah
kebahasaan
·
Peserta didik merevisi teks hasil observasi teman sesuai dengan
hasil penelaahaan dengan penuh tanggung jawab
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik membandingkan hasil telaah dengan kelompok lain untuk
memperkuat konsep tentang teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan hasil penelaahan terhadap teks yang dibuat teman/kelompok
untuk perbaikan dengan percaya diri dan bahasa yang santun
·
Peserta didik menjelaskan hasil revisi untuk kelompok atau teman
lain dengan percaya diri dan bahasa
yang santun
·
Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara
santun dan lugas
|
Tugas
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks hasil
observasi dan teks berita dilihat dari struktur teks
·
Tugas kelompok, menentukan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks
hasil observasi dengan teks deskripsi
Observasi :
- Menilai kemampuan peserta
didik dalam memamahami perbedaan
struktur teks hasil laporan observasi dan teks lain (deskripsi) dalam
kegiatan kelompok dan atau individu
- Menilai kemampuan Peserta
didik dalam menelaah teks hasil laporan observasi
- Menilai kemampuan Peserta
didik dalam merevisi teks hasil laporan observasi
- Menilai sikap Peserta
didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan
berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu
Portofolio :
- Menilai hasil pemahaman
peserta didik tentang struktur teks
laporan hasil observasi yang dibandingkan dengan teks lain (teks berita) dalam bentuk laporan hasil kerja kelompok dan atau individu
- Menilai perkembangan
menulis Peserta didik melalui tugas merevisi
teks laporan observasi
- Menilai hasil pemahaman
dan kemampuan peserta didik dalam
penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui hasil kerja kelompok
dan atau individu pada berbagai tugas menulis
Tes
tertulis
-
Menilai
kemampuan peserta didik tentang pemahaman strutur teks laporan
observasi
-
Menilai pemahaman peserta didik dalam merevisi teks
hasillaporan observasi
|
4JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks hasil observasi dari internet
· Contoh teks hasil observasi dari media massa
cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.4. Meringkas teks
hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Kekurangan teks laporan hasil observasi
2.
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca teks hasil observasi
·
mengidentifikasi intisari teks mulai dari klasifikasi
umum dan deskripsi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks hasil observasi dengan cermat
·
Membaca contoh hasil identifikasi kekurangan teks hasil observasi
Menanya
·
Peserta didik dengan atau bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan
cara mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi (struktur dan ciri-ciri
bahasa)
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan tentang
hal-hal yang berkaitan dengan meringkas teks
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca teks hasil observasi dengan struktur teks yang kurang sesuai melalui pemodelan
dengan cermat
·
Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks laporan hasil observasi
(struktur dan kaidah kebahasaan) dengan memperhatikan toleransi dalam
diskusi.
·
Peserta didik membaca kembali teks laporan hasil observasi dan
menyusun ringkasan berdasarkan intisari teks (klasifikasi/definisi umum dan
deskripsi) dengan memperhatikan EYD
Mengasosiasi:
·
Peserta didik dapat membandingkan hasil analisis terhadap kekurangan
teks hasil laporan observasi untuk memperkuat pemahaman terhadap teks
·
Peserta didik dapat membandingkan cara meringkas dari kelompok atau
teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan hasil
diskusi tentang kekurangan teks laporan hasil observasi yang
dibuat teman/kelompok untuk perbaikan
dengan percaya diri, kalimat lugas, dan bahasa yang santun.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil ringkasan dengan percaya
diri,kalimat lugas, dan bahasa yang santun
|
Tugas
·
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks hasil observasi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks hasil observasi
Observasi :
- Menilai kemampuan peserta
didik dalam mengidentifikasi kekurangan
struktur teks hasil laporan observasi dari segi struktur pada kegiatan
kelompok dan atau individu
- Menilai kemampuan peserta
didik dalam mengidentifikasi kekurangan
struktur teks hasil laporan observasi dari segi kebahasaan (kata baku,
konjungsi, ejaan) dalam kegiatan kelompok dan individu
- Menilai kemampuan peserta
didik dalam meringkas teks laporan hasil observasi dalam kegiatan kelompok
dan atau individu
- Menilai sikap peserta
didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan
berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu
Portofolio :
- Menilai perkembangan
menulis peserta didik melalui tugas meringkas teks
- Menilai hasil pemahaman
dan kemampuan peserta didik dalam
penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui hasil kerja kelompok
dan atau individutugas meringkas teks
Tes
tertulis
-
Menilai
kemampuan peserta didik tentang pemahaman strukur teks laporan
observasi
-
Menilai pemahaman peserta didik dalam merevisi teks
hasillaporan observasi
|
4 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks hasil observasi dari internet
· Contoh teks hasil observasi dari media massa
cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
TEKS
DESKRIPSI
|
||||||
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1
Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks deskripsi
Struktur isi:
· Judul
· Kalimat topik
· Deskripsi rinci/khusus seolah pembaca
mendengar/melihat/
merasakan objek yang dideskripsikan
Ciri Bahasa
·
Penggunaan kata sifat penggunaan kata kerja aksi
·
2.
2. Pemahaman Isi Teks deskripsi
-
Pemahaman kata, istilah dalam teks deskripsi
-
Pemahaman isi teks
|
Mengamati :
·
Peserta didik mengamati suatu objek (benda mati atau benda hidup) yang ada di sekitar
Menanya
·
Peserta didik menanya tentang hal-hal yang
berkaitan dengan teks deskripdi cara mendeskripsikan sebuah objek
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca teks deskripsi melalui
pemodelan dengan cermat
·
Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil
deskripsi
(pertanyaan
literal,
inferensial,
integratif, dan
kritis)
·
Peserta didik mendiskusikan
struktur isi teks deskripsi
·
Peserta didik mendiskusikan
ciri/fitur bahasa teks deskripsi
·
Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan hasil
diskusi tentang struktur teks deskriptif untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta didik menemukan contoh teks hasil deskripsi
dari berbagai media dan melihat kembali
struktur teksnya berdasarkan pemahaman yang diperoleh
·
Peserta didik dapat membuat kalimat yang berbeda dengan kata atau istilah yang dipelajari
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa teks deskripsi dengan penuh percaya diri
·
Peserta didik menjelaskan peran pemilihan kata/kalimat dalam menyampaikan
makna/tujuan
·
Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·
Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman
|
Tugas :
·
Tugas individu, menenmukan contoh teks deskripsi
·
Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri
bahasa teks deskripsi
·
Tugas individu, menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks deskripsi
·
Tugas kelompok, menemukan makna kata-kata sulit dan istilah dalam
teks deskripsi yang dibaca
Tes tertulis,
·
menjawab pertanyaan terkait isi teks deskripsi
·
menjawab pertanyaan terkait struktur teks deskripsi
OBSERVASI
·
Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan
|
4JP
|
· Contoh teks deskripsi dari internet
· Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
· Buku Siswa kls VII, Kemdikbud
|
|
3.2
Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Perbedaan teks deskripsi dengan teks hasil observasi dilihat dari
struktur isi
2.
Perbedaan teks deskripsi dengan teks hasil observasi dilihat dari
fitur bahasanya
Langkah Menyusun teks deskripsi
·
Memilih objek pengamatan
·
Mengamati objek
·
Menentukan judul
·
Menulis kalimat topik
·
Menyusun deskripsi sesuai dengan kalimat topik secara rinci/khusus
seolah pembaca mendengar /melihat/merasakan objek yang
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks hasil deskripsi dengan
cermat
Menanya
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri
bahasa teks deskripsi
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan
langkah-langkah menyusun teks deskripsi
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan teks hasil deskripsi dan observasi dari struktur isinya
·
Peserta didik mendiskusikan perbedaan teksi deskripsi dan observasi dari fitur bahasanya
·
Peserta didik memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau
media elektronik untuk bahan penulisan deskripsi
·
Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan
deskripsi
·
Peserta didik menentukan judul tulisan
·
Peserta didik menulis kalimat topik
·
Peserta didik menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara
rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang
dideskripsikan
Mengasosiasi :
·
Peserta didik membandingkan hasil pemahaman tentang struktur dan
ciri bahasa deskripsi dengan hasil teman
·
Peserta didik membandingkan hasil tulisan deskripsi dengan teman/kelompok
untuk memperkuat pemahaman tentang teks deskripsi
Mengomunikasi
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang persamaan dan perbedaan teks hasil
deskripsi dan observasi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks deskrispsi
·
Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun
|
Tugas :
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks deskripsi dan
hasil observasi dilihat dari struktur
isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, menemukan perbedaan struktur isi dan
ciri bahasa teks deskripsi dengan teks hasil observasi
Tes :
·
Tes tertulis, menemukan perbedaan teks deskripsi dan
hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
OBSERVASI
·
pengamatan sikap
untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam
mempresentasikan dan menanggapi presentasi
PORTOFOLIO
Hasil tugas menulis Peserta didik tentang deskrispsi
untuk melihat perkembangan menulis Peserta didik
|
4 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks deskripsi dari internet
· Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Klasifikasi teks deskripsi:
·
deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan yang muncul, misalnya
galak, sedih, gembira)
·
deskripsi eksplanatori (sesuai dengan fakta: tempat, orang, suasana)
Aspek penelahaan teks deskripsi
·
Menelaah judul teks deskripsi
·
Menelaah kalimat topik teks deskripsi
·
Menelaah deskripsi teks deskripsi
·
Menelaah bahasa teks deskripsi: struktur kalimat,
ejaan, tanda baca
Merevisi isi dan bahasa teks deskripsi
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca dua buah teks hasil deskrispsi (sugesti dan eksplanatori) secara
cermat
Menanya
·
Peserta didik dengan atau bantuan guru mengungkapkan hal yang berkaitan dengan cara
pengklasifikasian teks deskrispsi
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks deskripsi
·
Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang
termasuk dalam kategori deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan) dengan memberikan alasan
·
Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang
termasuk dalam kategori deskripi eksplanatori (berdasarkan fakta/tempat/orang/sua-sana dengan memberikan alasan
Berkelompok dan individu
·
Peserta didik menelaah teks deskripsi yang telah ditulis kelompok lain dari aspek judul, kalimat topik, dan cara
pendeskrispsian secara cermat
·
Peserta didik menelaah teks deskripsi dari segi pemakaian bahasa (ejaan dan tanda
baca)
·
Peserta didik merevisi teks deskripsi sesuai
dengan hasil penelaahaan kelompok atau
teman lain
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks deskrispsi
dengan hasil teman untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta didik membandingkan hasil penelaah tentang
·
Peserta didik mengidentifikasi teks deskripsi yang pernah dibaca/didengar dan
mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri
bahasa yang telah dipahami
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang teks
deskrispsi (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
·
Menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun
|
Jenis Tagihan:
·
Tugas individu, menentukan manakah teks deskripsi yang berupa deskripsi sugesti dan eksplanatori
·
Tugas kelompok, menentukan manakah teks deskripsi yang
berupa deskripsi sugesti dan ekaplanatori
Bentuk Instrumen:
·
Objektif pilihan ganda dan uraian untuk
mengidentifikasi teks deskripsi sugesti dan eksplanatori
·
Format
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam
menanggapi hasil presentasi
|
4JP
|
· Buku teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks deskripsi dari internet
· Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun
tulisan
|
1. Kelebihan teks deskripsi dari aspek isi dan
bahasanya
2. Kekurangan teks teks deskripsi dari aspek isi
dan bahasanya
3.
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca Teks eksposisi
·
mengidentifikasi intisari teks mulai dari
thesis, argumen, dan simpulan
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks deskripsi dengan
cermat
·
Peserta didik membaca contoh hasil
identifikasi
kelebihan/kekurangan teks hasil deskripsi
Menanya
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara
mengidentifikasi kekurangan teks deskripsi (struktur dan kaidah kebahasaan)
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang cara
meringkas teks
Mengeksplorasi :
Kelompok dan individu
·
Peserta didik membaca teks deskripsi (struktur
dan kaidah kebahasaannya) kurang sesuai
·
Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks deskripsi dari segi kebahasaan
·
Peserta didik membaca kembali teks deskrispsi
·
Peserta didik membaca kembali teks deskripsi
yang telah dibuat
·
Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari kalimat topik dan pendeskripsian
·
Peserta didik menyusun ringkasan teks deskripsi dengan memperhatikan pokok-pokok isi
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik membandingkan hasil revisi teks dari segi kaidah
kebahasaan untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta didik membandingkan hasil ringkasan teks untuk memperkuat
pemahaman
Mengomunikasikan
·
Peserta didik membacakan hasil revisi teks dengan percaya diri
·
Peserta didik membacakan ringkasan teks deskripsi
yang telah dibuat
·
Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas
|
TUGAS
·
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks deskripsi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks deskripsi
Observasi :
·
pengamatan sikap
untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam
mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
·
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri,
kesantunan, dan kejujuran dalam meringkas teks deskripsi
Tes tertulis
Menilai keterampilan
Peserta didik dalam memperbaiki teks observasi dari segi kebahasaan
Portofolio:
Menilai hasil ringkasan peserta didik tentang teks
deskrispsi untuk melihat perkembangan menulis Peserta didik
|
4JP
|
· Buku Teks Peserta didik Kls VII
· Contoh teks deskripsi dari internet
· Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|
TEKS
EKSPOSISI
|
||||||
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara
lisan maupun tulisan
|
1. Pengenalan struktur Teks eksposisi
Struktur isi:
·
Judul
·
Tesis/pembukaan
·
Argumen/isi
·
Simpulan/penegasan ulang/penutup
Ciri Bahasa
·
Menggunakan kata yang
menunjukkan sikap penulis
·
Menggunakan kata sambung yang
menunjukkan hubungan sebab-akibat
2. Pemahaman kata, istilah dalam teks
eksposisi
3. Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati :
·
Peserta didik memperhatikan gambar/tayangan/sajian puisi suatu topik dan bertanya
jawab
·
Membaca teks eksposisi Peserta didik melalui pemodelan dengan
cermat
Menanya
·
Peserta didik dengan atau
tanpa bantuan guru mempertanyakan tentang
teks eksposisi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang kata atau istilah dalam teks eksposisi untuk memperjelas
pemahaman
Mengeksplorasi
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksposisi
(pertanyaan
literal,
inferensial,
integratif, dan
kritis)
·
Mendiskusikan struktur isi
teks eksposisi (judul, tesis/pembukaan, argument/isi, simpulan/penegasan ulang/penutup)
·
Mendiskusikan ciri bahasa
teks eksposisi (kata/kalimat yang menunjukkan sikap penulis, pemakaian kata
sambung untuk menunjukkan hubungan sebab akibat)
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi dengan teman tentang
struktur teks eksposisi
Mengomunikasikan :
·
Peserta didik menjelaskan teks eksposisi dari
segi struktur dan ciri-ciri bahasa
·
Peserta didik menjelaskan isi teks eksposisi
|
Tugas :
·
Tugas individu, menemukan contoh teks eksposisi
·
Tugas kelompok, menemukan struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi
Tes tertulis :
menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi
teks eksposisi
Unjuk kerja,:
·
mempresentasikan hasil diskusi
Observasi :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mempresesntasikan hasil pemahaman
isiteks eksposisi
|
4JP
|
· Buku Teks Peserta didik
Kls
VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksposisi dari internet
· Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.2
Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Perbedaan teks eksposisi dan deskripsi dari segi struktur
isi
2.
Langkah Menyusun Teks eksposisi
·
Menentukan tesis/pembukaan
·
Menyusun argumen/isi
·
Menyusun simpulan/penegasan ulang/penutup
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca teks eksposisi dan teks deskrispsi
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau bantuan guru mempertanyakan tentang struktur teks eksposisi
·
Peserta didik denganatau tanpa bantuan guru menanya tentang langkah
menyusun teks eksposisi
Mengeksplorasi :
Kelompok dan indivdu
·
Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksposisi dan deskrispsi
dari struktur isi
·
Peserta didik mendiskusikan
·
Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks
eksposisi
·
Peserta didik menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
·
Peserta didik menentukan tesis
·
Peserta didik menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
·
Peserta didik membuat kesimpulan/penutup
tulisan
Mengasosiasi :
·
Peserta didik membandingkan hasil penyusunan teks eksposisi dengan
teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks
Mengomunikasi :
·
Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks eskposisi dengan
penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun
|
Tugas :
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksposisi
argumentatif dan persuasif dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi
dan ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan persuasif
Tes tertulis :
·
Tes tertulis, menemukan perbedaan teks eksposisi
argumentatif dan persuasigf dilihat
dari struktur isi dan fitur bahasanya
Observasi :
·
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri,
kesantunan, dan tanggung dalam
kegiatan individu dan kelompok
·
pengamatan kepada Peserta didik untuk menilai kecermatan dan tanggung jawab
dalam menyususn teks eksposisi
Portofolio:
Menilai perkembangan menulis peserta didik untuk teks
eksposisi
|
6 JP
|
· Buku Teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
· Buku Teks Peserta didik Kls 7, Kemdikbud
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Klasifikasi teks eksposisi
- Eksposisi argumentatif
- Eksposisi persuasif
2.
Aspek penelahaan Teks eksposisi
·
Menelaah judul teks eksposisi
·
Menelaah tesis teks eksposisi
·
Menelaah argumen pendukung thesis
·
Menelaah bahasa teks eksposisi: struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
3. Merevisi isi dan bahasa teks eksposisi
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan eksposisi persuasif secara cermat
Menanya
·
Peserta didik dengan atau bantuan guru endorong menanya hal yang berkaitan
dengan klasifikasi teks eksposisi
Mengeksplorasi
·
Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks ekposisi
·
Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang
termasuk dalam kategori teks eksposisi argumentatif dan
peruasif disertai alasan dan data
·
Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah dituls kelompok/teman dari segi tesis dan merevisinya bila kurang sesuai
·
Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi argumen pendukung dan merevisinya
bila kurang sesuai
·
Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan,
dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks eksposisi
argumentatif dan persuasif dari hasil diskusi untuk memperkuat pemahaman
·
Peserta didik membandingkan hasil penelahaan teks eksposisi dari
segi bahasa untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan :
·
Peserta didik menjelaskan klasifikasi teks
eksposisi argumentatif dan persuasif dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
·
Peserta didik mempresentasikan hasil penelahaan teks eksposisi
dengan kalimat lugas dan percaya diri
·
Peserta didik menanggapi presentasi teman dengan bahasa yang santun
|
Tugas :
·
Tugas kelompok,
menentukan klasifikasi teks
·
Tugs individu, menelaah teks dan merevisi teks
Tes tertulis:
- Merevisi teks dari segi
kebahasaan
Observasi:
·
Format
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri dan kesantunan dalam menjelaskan pemahaman
Portoflio :
Teks eksposisi hasil revisi peserta didik
|
4 JP
|
· Buku Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksposisi dari internet
· Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.4. Meringkas teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun
tulisan
|
1. Kekurangan teks teks eksposisi dari aspek isi
dan bahasanya
2.
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca Teks eksposisi
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca teks eksposisi dengan cermat
·
Peserta didik membaca contoh hasil
identifikasi kekurangan teks
eksposisi
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengidentifikasian
kekurangan sebuah teks eksposisi yang
dimodelkan
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang
berkaitan tentang cara menyusun ringkasan
Mengeksplorasi :
·
Peserta didik mendiskusikan kekurangan sebuah teks eksposisi dari segi struktur isi
·
Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks eksposisi dari segi
kaidah bahasa
·
Peserta didik Peserta didik membaca kembali teks eksposisi yang telah dibuat
dalam kelompok
·
Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari kalimat topic dan pendeskripsian
·
Peserta didik menyusun ringkasan teks eksposisi dengan memperhatikan
pokok-pokok isi
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan hasil ringkasan antarteman untuk
memperkuat pemahaman dan keterampilan
tentang cara meringkas
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri
bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya
diri dan bahasa yang santun
·
Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan
santun
|
Tugas :
·
Tugas individu, mengidentifikasi kekurangan teks
eksposisi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi kekurangan teks
eksposisi
·
Tugas individu, meringkas teks eksposisi
·
Tugas kelompok, meringkas teks eksposisi
Tes tertulis :
Merevisi teks dari segi kebahasaan
Observasi :
·
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kerja sama, tanggung jawab dalam
mengidentifikasi kekurangan teks eksposisi dalam kelompok
·
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri ,
tanggung jawab dalam meringkas teks
·
pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam
menanggapi presentasi teman/kelompok lain
Portofolio :
Menilia hasil ringkasan peserta didik untuk teks
eksposisi untuk melihat perkembangan menulis
|
4 JP
|
· Buku teks Peserta didik KLs VII, Kemdikbud
· contoh teks eksposisi dari internet
· Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
TEKS EKSPLANASI
|
||||||
3.1
Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.1.
Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks eksplanasi
Struktur isi:
(1) judul, (2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena, (3) rincian penjelasan
yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu
terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan (4) simpulan.
Ciri Bahasa
·
Memuat istilah
·
Memuat kata sambung yang menunjukkan adanya suatu tahapan
·
Struktur kalimatnya menggunakan kata
sambung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat
·
Menjelaskan kondisi (menjelaskan fenomena bukan menceritakan
masa lalu)
2.
Pemahaman kata, istilah dalam teks eksplanasi
3.
Pemahaman isi teks eksplanasi
|
Mengamati :
· Memahami alam sekitar/lingkungan melalui gambar, tayangan, lagu, puisi, dll.
·
Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Menanya
·
Peserta didik dengn atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks eksplanasi
( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·
Peserta didik dengan atau tanpa menanya tentang
kata atau istilah dalam teks
eksplanasi
·
Peserta didik dengan atau tanpa enanya hal yang berkaitan dengan isi tek eksplanasi
Mengeksplorasikan
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
·
Mendiskusikan struktur isi
teks eksplanasi
(1)
judul,
(2)
pernyataan umum tentang suatu peristiwa
atau suatu fenomena,
(3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian
paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu
terjadi, dan
(4)
simpulan
·
Peserta didik mendiskusikan
ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata
sambung yang menunjukkan sebab akibat)
·
Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
·
Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi
(pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks
eksplanasi untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang isi teks
eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam memahami isi teks eksplanasi
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan teks eksplanasi dari segi struktur dan
ciri bahasa yang runtut
·
Menjelaskan isi teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut
|
TUGAS:
·
Tugas individu, menenmukan contoh teks eksplanasi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks
eksplanasi
·
Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks eksplanasi
·
Tugas kelompok, menemukan kata-kata sulit dan istilah dalam teks
eksplanasi yang dibaca
·
Tes tertulis :
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks
eksplanasi
·
Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi
struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dan menjawab /mengajukan
pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
Unjuk kerja:
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang
struktur teks eksplanasi
Observasi :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam
presentasi hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
|
4 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksplanasi dari internet
· Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
·
Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.2
Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi dilihat dari
struktur isi
2.
Perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi dilihat dari fitur
bahasanya
·
memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan.
·
Menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak
dijelaskan (proses fotosintesis).
·
Menuliskan rangkaian tahapan terkait dengan fenomena yang dijelaskan
(tahapan fotosintesis)
·
Menuliskan simpulan
|
Mengamati
·
Membaca teks hasil observasi dengan cermat
·
Membaca contoh teks deskripsi
Menanya
·
mendorong Peserta didik mempertanyakan tentang
struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan teks eksplanasi dan eksposisi dari struktur isinya
·
Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisi dari fitur bahasanya
·
Peserta didik memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan
·
Peserta didik menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang
hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
·
Peserta didik menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan
fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
·
Peserta didik menuliskan simpulan
Mengasosiasi
·
Membandingkan
hasil diskusi tentang struktur teks yang eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks eksplanasi
Mengomunikasi
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
·
Mempresentasikan hasil menyusun teks eksplanasi dengan bahasa yang
lugas
|
TUGAS
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksplanasi dan
eksposisii dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi perbedaan struktur isi
dan ciri bahasa teks eksplanasi dengan teks eksposisi
Tes tertulis
Menjawab pertannyaan tentang perbedaan teks eksplanasi
dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
Observasi :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kelugasan kalimat, dan kecermatan dalam berdiskusi
Pengamatan sikap untuk menilai keja sama, tanggung
jawab. Kecermatan dalam menyusun teks eksplanasi secara individu dan kelompok
Portofolio :
Hasil tulisan peserta didik tentang teks eksplanasi
untuk menilai perkembangan menulis
|
4JP
|
· Buku Teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksplanasi dari internet
· Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.3
Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan
4.3
Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
2.
Aspek penelahaan teks eksplanasi
·
Menelaah judul teks eksplanasi
·
Menelaah
klasifikasi umum teks eksplanasi
·
Menelaah rangkaian tahapan/proses teks eksplanasi
·
Menelaah bahasa teks eksplanasi:diksi, struktur kalimat, paragraf
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua buah teks eksplanasi dan teks eksposisi secara cermat
Menanya
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya hal- hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks eksplanasi
(struktur dan ciri bahasa)
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal
yang berkaitan dengan cara menelaah dan merevisi teks eksplanasi
Mengeksplorasi :
·
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
·
Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang
termasuk dalam kategori teks eksplanasi dan teks eksposisi dengan memberikan kutipan kalimat yang mendukung
·
Peserta didik menelaah teks eksplanasi yang telah ditulis
teman/kelompok lain dari aspek judul, pernyataan umum, rangkaian tahapan/proses, dan simpulan
·
Peserta didik merevisi teks eksplanasi sesuai degan hasil
penelaahaan
Mengasosiasikan :
·
Membandingkan
ntang hasil diskusi t teks eksplanasi
berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa dengan
lugas
·
Membacakan hasil penelaahan di depan teman dengan
kalimat lugas
|
Tugas
·
Tugas individu, menenmukan contoh teks eksplanasi
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks
eksplanasi
·
Tugas individu, menelaah teks eksplanasi yang ditulis teman
·
Tugas kelompok, menelaah dan merevisi teks eksplanasi yang ditulis kelompok lain
Tes tertulis
menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks
eksplanasi
Unjuk kerja :
Mempresentasikan bentuk teks eksplanasi
Observasi :
·
pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam
mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
·
pengamatan sikap untuk menilai kerja keras, tanggung
jawab, kecermatan dalam menelaah dan merevisi teks eksplanasi
|
4JP
|
· Buku Teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksplanasi dari internet
· Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun
tulisan
|
1. Kelebihan teks eksplanasi dari aspek isi dan
bahasanya
2. Kekurangan teks teks eksplanasi dari aspek isi
dan bahasanya
3.
Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca teks eksplanasi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks eksplanasi dengan cermat
·
Peserta didik membaca contoh hasil
identifikasi
kelebihan/kekurangan teks eksplanasi
Menanya
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan
cara mengidentifikasi kekurangan teks eksplanasi (struktur dan ciri-ciri
bahasa)
·
Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara meringkas teks
eksplanasi
Mengeksplorasikan
·
Membaca teks hasil observasi (yang struktur dan ciri-ciri bahasanya)
kurang sesuai melalui pemodelan
·
Mendiskusikan kelebihan teks eksplanasi yang ditemukan
·
Mendiskusikan kekurangan teks eksplanasi yang ditemukan dari segi kebahasaan
·
Membaca kembali teks eksplanasi yang telah dibuat
dalam kelompok
·
Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan
literal, inferensial, integratif, kritis)
·
Mengidentifikasi intisari teks mulai dari pernyataan umum, ragkaian tahapan/proses,
dan simpulan
·
Menyusun ringkasan teks
eksplanasi memperhatikan ide pokok dan menggunakan kalimat efektif
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang hasil penelaahan
kelebihan dan kekurangan teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan
tentang teks
·
Peserta didik membandingkan hasil ringkasan teman untuk memperoleh
cara atau langkah meringkas yang efektif
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
kelebihan/kekurangan teks observasi (dari segi struktur dan cirri
bahasa) dengan penuh rasa percaya diri
·
Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas
|
Tugas
·
Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan
teks eksplanasi
·
Tugas kelompok, menentukan kelebihan/kekurangan
teks eksplanasi
Tes
·
Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurang-an teks eksplanasi
Observasi :
·
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam identifikasi
kelebihan/kekurangan teks eksplanasi
·
Pengamatan sikap untuk menilai kecermatan, kerja keras,
tanggung jawab dalam meringkas teks eksplanasi
Portofolio:
Hasil ringkasan Peserta didik tentang eksplanasi
|
4 JP
|
· Buku Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks eksplanasi dari internet
· Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
TEKS CERITA PENDEK (CERPEN)
|
||||||
3.1
Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
|
1.
Pengenalan struktur teks cerpen
Struktur
isi:
(1) judul, (2) perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa
yang dialami pelaku, dan di mana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi,
konflik muncul dan para pelaku mulai bereaksi terhadap konflik, kemudian
konflik meningkat (4) klimaks, konflik mencapai puncaknya, (5) penyelesaian, konflik terpecahkan dan
menemukan penyelesaiannya, dan (6) amanat/pesan moral (tersurat/tersirat).
Ciri Bahasa
dan suasana)
pelaku
3.
2. Pemahaman isi teks cerpen
3. Pemahaman kata, istilah dalam teks cerpen
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca teks cerpen dengan cermat
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks cerpen ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan isi cerpen
Mengeksplorasikan :
·
Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerpen
·
Peserta didik mendiskusikan
struktur isi teks cerpen (judul, tokoh dan
penokohan, latar, konflik, klimaks, leraian, amanat)
·
Peserta didik mendiskusikan
ciri bahasa teks cerpen
·
Peserta didik mendiskusikan makna kalimat atau
kata yang diucapkan tokoh dalam
teks cerpen yang dibaca
·
Peserta didik membuat kalimat lain yang
maknanya sama
·
Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks
cerpen (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan :
·
Peserta didik mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan nyata
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks
cerpen untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil
diskusi tentang struktur teks cerpen dengan percaya diri dan bahasa yang
lugas
|
TUGAS
·
Tugas individu, menenmukan contoh teks cerpen
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi struktur isi dan ciri
bahasa teks cerpen
·
Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks cerpen
·
Tugas kelompok, mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks
cerpen yang dibaca
TES :
·
Tes tertulis, menjawab pertanyaan terkait isi teks
cerpen
Unjuk kerja:
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
OBSERVASI :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya
diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mengerjakan tugas mendiskusikan
struktur cerpen
|
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks cerpen dari internet
· Contoh teks cerpen dari media massa cetak
· Buku kumpulan cerpen
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
3.2
Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.1
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi,
eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan maupun
tulisan
|
1.
Perbedaan teks cerpen dengan teks hasil observasi dilihat dari
struktur isi
2.
Perbedaan teks cerpen dengan teks hasil observasi dilihat dari fitur
bahasanya
3.
Langkah Menyusun teks cerpen
·
Menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berbegai sumber
(pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran
majalah, dll.)
·
Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
·
Menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan
peristiwanhya)
·
Menghidupkan tokoh dengan dialog
·
Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·
Menulis penyelesaian
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca teks cerpen dengan cermat
·
Peserta didik membaca contoh teks hasil observasi
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau bantuan guru menanya hal-hal yang berkaitan dengan cara membedakan teks cerpen dengan teks
lain
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya cara membuat cerpen berdasarkan
pengalaman diri sendiri/orang lain dari lagu atau cerita yang didengar
Mengesplorasikan :
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan teks cerpen dan hasil
observasi (atau teks
lainnya) dari struktur isnya
·
Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks cerpen dan hasil
observasi (atau teks lainnya) dari fitur bahasanya
·
Mendengarkan lagu
tentang kisah seseorang yang membahagiakan, menyedihkan, mengharukan,
membahagiakan, dll.
Mis : lagu Chrisye, Ebiet, grup band remaja, dll dan bertanya jawab tentang isi lagu
·
Peserta didik menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berbegai
sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran
majalah, dll.)
·
Peserta didik mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
·
Peserta didik menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan
peristiwanhya)
·
Peserta didik menghidupkan tokoh dengan dialog
·
Peserta didik membuat klimaks cerita
·
Peserta didik mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·
Peserta didik menulis penyelesaian cerpen
Mengasosiasikan
·
Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur cerpen
dena teks lain untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·
Peserta didik membandingkan teks cerpen yang dihasilkan untuk
memperkuat keterampilan membuat teks cerpen
Mengomunikasikan :
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks cerpen
·
Mempresentasikan cerpen yang telah dibuat dengan lafal dan intonasi serta penghayatan
yang tepat
·
Menanggapi masukan teman yang berkaitan dengan pengembangan cerpen
|
TUGAS
·
Tugas individu, menemukan perbedaan teks cerpen dan
teks hasil observasi dilihat dari
struktur isi dan fitur bahasanya
·
Tugas kelompok, mengidentifikasi perbedaan struktur isi
dan ciri bahasa teks cerpen dengan teks hasil observasi
·
Tugas kelompok menyusun cerpen
·
Tugas individu, menyusun teks cerpen
Tes tertulis
·
menemukan perbedaan teks cerpen dan teks hasil observasi
dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·
menyusun teks cerpen berdasarkan struktur
OBSERVASI :
·
Pengamatan sikap untuk menilai kerja sama, kecermatan,
dan tanggung jawab dalam mencari perbadaan struktur teks cerpen dan teks
hasil
·
Pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam
menyusun teks cerpen
Portofolio:
Hasil karya Peserta didik dalm bentuk teks
cerpen untuk dilihat perkembangan menulisnya
|
4 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks cerpen dari internet
· Contoh teks cerpen dari media massa cetak
· Buku kumpulan cerpen
· Buku referen-si
tentang genre teks
|
|
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan
maupun tulisan
4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
1. Klasifikasi teks cerpen berdasarkan tema
(sosial, budaya, agama, dll)
2. Aspek penelahaan teks cerpen
·
Menelaah judul teks cerpen
·
Menelaah pembuka
·
Menelaah penggambaran tokoh dan perwatakannya
·
Menelaah penggambaran latar teks cerpen
·
Menealaah amanat/pesan/tema teks cerpen
·
Menelaah bahasa teks cerpen: struktur kalimat, ejaan,
tanda baca
3.
Merevisi isi dan bahasa teks cerpen
|
Mengamati :
·
Membaca teks cerpen dengan berbagai tema yang sesuai dengan
perkembangan Peserta didik
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya cara menelaah dan merevisi teks cerpen
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang cara
menelaah teks cerpen
Mengeksplorasikan :
·
Peserta didik menelaah teks cerpen yang telah ditulis kelompok lain dari aspek judul, alur, tokoh dan perwatakannya,
latar, tema/amanat/pesan secara jujur
·
Peserta didik merevisi teks cerpen dari aspek bahasa (EYD)
Mengomunikasikan :
·
Membacakan hasil telaah cerpen dari segi judul,tokoh dan
perwatakannya, latar, amanat, dan tema dengan percaya diri dan menggunakan
Bahasa Indonesia yang tepat
·
Membacakan hasil revisi kepada kelompok lain
dengan bahasa yang lugas
|
TUGAS
·
Tugas kelompok, membaca dan menentukan klasifikasi cerpen
berdasarkan tema yang terkanduuung di dalam cerpen
·
Tugas individu, membaca dan menentukan klasifikasi cerpen
berdasarkan tema
·
Tugas individu, menelaah teks cerpen yang ditulis teman
·
Tugas kelompok, menelaah dan merevisi teks cerpen yang ditulis kelompok lain
TES TERTULIS
·
Menelaah dan merevisi
teks cerpen yang ditulis teman/kelompok lain
OBSERVASI
· Pengamatan sikap untuk
menilai kerja sama, tanggung jawab, kecermatan dalam kerja kelompok dan
individu untuk menentukan klasifikasi cerpen dari segi tema
· Pengamatan sikap untuk
menilai kejujuran dalam menelaah teks cerpen milik teman/kelompok lain
· Pengamatan sikap untuk
menilai penggunaan bahasa dan kesantuanan bahasa saat presentasi hasil revisi
teks
Portofolio
Hasil revisi
teks cerpen untuk melihat perkembangan menulis Peserta didik
|
4 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks cerpen dari internet
· Contoh teks cerpen dari media massa cetak
· Buku kumpulan cerpen
· Buku
referensi tentang genre teks
|
|
3.4
Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun
tulisan
|
1. Identifikasi
kelebihan/kekurangan teks cerpen dari pengembangan salah satu unsur pembangun
cerpen dn dari segi bahasa
2. Langkah menyusun ringkasan:
·
membaca teks cerpen
·
mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap
perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.
|
Mengamati :
·
Peserta didik membaca atau mendengarkan teks
cerpen dengan cermat
Menanya :
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara
menilai kelebihan dan kekurangan sebuah cerpen
·
Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan tentang
langkah menyusun ringkasan cerpen
Menegeksplorasikan :
·
Peserta didik membaca contoh hasil
identifikasi
kelebihan/kekurangan teks cerpen dari salah satu unsur pembangun
cerpen dan dari segi bahasa
·
Peserta didik membaca teks cerpen teks cerpen yang dipilih Peserta didik
·
Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks berdasarkan
salah satu unsur pembangun cerpen dan dari segi bahasa yang ditemukan dengan alasan dengan data/kutipan yang
mendukung
·
Peserta didik mendiskusikan langkah meringkas cerpen
·
Peserta didik meringkas cerpen dengan kalimat efektif dan
memperhatikan penggunaan EYD
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang kelebihan ayau
kekurangan teks cerpen dari salah satu
unsur pembangun cerpen dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·
Peserta didik mempresentasikan hasil ringkasan cerpen dengan percaya diri dan menggunakan bahasa yang lugas.
·
Peserta didik menyampaikan tanggapan atau menanggapi saran teman
untuk perbaikan hasil kerja dengan santun
|
TUGAS
·
Tugas kelompok
dan individu : mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks cerpen
·
Tugas kelompok dan individu : meringkas teks cerpen
TES TERTULIS
Meringkas teks cerpen
OBSERVASI :
Pengamatan sikap dalam menilai kerja sama, tanggung
jawab, toleransi Peserta didik dalam diskusi tentang sanalisis kelebihan atau
kekurangan teks cerpen dari salah satu
unsur pembangun cerpen dan dari segi bahasa
Pengamatan sikap dalam menilai percaya diri,
kecermatan, kesantunan dalam presentasi menyajikan ringkasan
|
4 JP
|
· Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
· Contoh teks cerpen dari internet
· Contoh teks cerpen dari media massa cetak
· Buku kumpulan cerpen
· Buku referensi tentang genre teks
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar