Selasa, 02 Juni 2015

Silabus K-13 Kelas 7


1.           SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


Satuan Pendidikan        : SMP

Kelas                              : VII

Kompetensi Inti    :        
KI 1       : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3       : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4       : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
I.                   TEKS HASIL OBSERVASI
1.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis






Terintegrasi pada pembelajaran di KD pada KI-3 dan KD pada KI-4








2.1   Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
2.2   Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
2.3   Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
2.4   Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
2.5   Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek








Terintegrasi pada pembelajaran di KD-KD pada KI-3 dan KI-4














3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan










1.   Pengenalan struktur teks hasil observasi
Struktur isi:
·         Judul
·         Pembuka/ definisi umum
·         Isi : deskripsi khusus
·         Penutup :

Ciri Bahasa
·         Penggunaan kata sifat
·         Penggunaan kata kerja aksi
2.   Pemahaman Isi Teks Hasil Observasi
3.   Pemahaman kata, istilah dalam teks hasil observasi


Mengamati :
· Peserta didik membaca teks laporan observasi     melalui pemodelan teks

Menanya
·         Peserta didik  dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang   teks hasil observasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)

Mengeksplorasi
·         Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan tema
·         Peserta didik mengenal dan mendiskusikan  struktur  teks hasil observasi
·         Peserta didik mengenal dan mendiskusikan  ciri bahasa teks hasil observasi
·         Peserta didik memahami dan menerapkan penggunaan kata dalam kalimat
·         Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks  hasil laporan observasi
·         Peserta didik mengenal unsur kebahasaan (kata rujukan, frasa, imbuhan, konjungsi dan, tetapi, sehingga, atau, dan kata baku)
·         Peserta didik membaca  dan mendiskusikan  cerita sastra yang berkaitan dengan tema

Mengasosiasi :
·         Peserta didik melabeli gambar dengan kata yang tepat dan mendeskripsikan berdasarkan bentuk, warna, dan kegunaan
·         Peserta didik mengurutkan unsur teks hasil laporan observasi
·         Peserta didik menemukan dan memperbaiki kata tak baku dalam teks di sekitar

Mengomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan struktur teks  hasil laporan observasi
·         Peserta didik mendeskripsikan gambar dari hasil melabeli secara lisan atau tertulis
·         Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks sastra yang berkaitan dengan tema
Tugas :
·     Tugas individu, menemukan contoh teks hasil observasi
·     Tugas kelompok, melabeli dan mendeskripsikan gambar

Observasi :
-      Menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami struktur teks hasil laporan observasi dalam kegiatan kelompok dan atau  individu
-      Menilai sikap Peserta didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu

Portofolio :
-      Menilai hasil pemahaman Peserta didik tentang struktur  teks laporan hasil observasi dalam bentuk laporan hasil  kerja kelompok dan atau individu
-      Menilai hasil pemahaman Peserta didik dalam penerapan kaidah kebahasaan melalui hasil kerja kelompok dan atau individu


Tes tertulis
-      Menilai  pemahaman Peserta didik tentang isi teks laporan hasil observasi
-      Menilai pemahaman Peserta didik tentang struktur teks hasil laporan observasi
-      Menilai pemahaman Peserta didik tentang penerapan kaidah kebahasaan dalam teks ((kata rujukan, frasa, imbuhan, konjungsi dan, tetapi, sehingga, atau, dan kata baku)




4JP
·  Buku Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks hasil observasi dari internet
·  Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak


3.2        Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

4.2   Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan











1.   Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks hasil observasi dengan teks deskripsi dilihat dari fitur bahasanya
3.   Langkah Menyusun teks hasil observasi
·         memilih objek pengamatan
·         Mengamati objek
·         Menentukan judul
·         Menulis klasifikasi umum
·         Menjabarkan deskripsi unsur-unsur penting dari objek yang diamati

Mengamati
·         Peserta didik membaca contoh  teks hasil observasi dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh teks deskripsi

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan tentang perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dari segi struktur teks
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan penyusunan teks hasil laporan observasi

Mengeksplorasi:
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks hasil observasi dan deskripsi dari struktur isinya
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dari  ciri-ciri  bahasanya
·         Peserta didik memilih objek pengamatan dari lingkungan dan atau sumber lainnya ntuk bahan penulisan laporan observasi
·         Peserta didik mengumpulkan data atau bahan untuk laporan hasil observasi melalui wawancara dengan lingkungan sekitar dengan penuh tanggung jawab
·         Peserta didik menyusun teks laporan hasil observasi secara berkelompok berdasarkan pemahaman tentang teks
 ( menentukan judul,  menuliskan definisi umum, menguraikan deskripsi, dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD dan menghargai pendapat teman dalam kelompok.
·         Peserta didik menyusun teks laporan hasil observasi secara mandiri berdasarkan pemahaman tentang teks ( menentukan judul,  menuliskan definisi umum, menguraikan deskripsi, dan menuliskan penutup) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD.

Mengasosiasikan
·         Peserta didik membandingkan dan menyimpulkan struktur teks hasil observasi
·         Peserta didik membandingkan teks yang disusun kelompok berdasarkan struktur teks
·         Peserta didik membandingkan teks yang disusun sendiri dengan teks teman lain berdasarkan struktur teks

Mengomunikasikan :
·         Mempresentasikan hasil diskusi  tentang persamaan dan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dalam berbagai bentuk (uraian, tabel, atau peta konsep) de
·         Mempresentasikan hasil penyusunan teks hasil laporan observasi kelompok dengan percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Menanggapi presentasi kelompok lain secara lugas dan santun
·         Menanggapi presentasi teman dengan lugas dan santun
·         Memajangkan hasil kerja




Tugas
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks hasil observasi dan deskripsi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·     Tugas kelompok, menentukan  perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks hasil observasi dengan teks deskripsi

Observasi :
-      Menilai kemampuan Peserta didik dalam memamahami perbedaan  struktur teks hasil laporan observasi dan teks lain (deskripsi) dalam kegiatan kelompok dan atau  individu
-      Menilai sikap Peserta didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu

Portofolio :
-      Menilai hasil pemahaman Peserta didik tentang struktur  teks laporan hasil observasi yang dibandingkan dengan teks lain (deskripsi)  dalam bentuk laporan hasil  kerja kelompok dan atau individu
-      Menilai perkembangan menulis Peserta didik melalui tugas menyusun teks laporan observasi secara bertahap
-      Menilai hasil pemahaman Peserta didik dalam penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui hasil kerja kelompok dan atau individu pada berbagai tugas menulis



Tes tertulis
-      Menilai  pemahaman Peserta didik tentang pemahaman strutur teks laporan observasi
-      Menilai pemahaman Peserta didik dalam menyusu teks laporan observasi






 8 JP

·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks hasil observasi dari internet
·  Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks

3.3        Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan


4.3         Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan




































1. Klasifikasi teks hasil observasi:
  • teks laporan (report text)
  • teks berita
2.   Kekurangan teks teks hasil observasi dari aspek isi dan bahasanya
3.   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan kaidah kebahasaan)




Mengamati :
·         Membaca teks hasil observasi  secara cermat
·         Membaca teks berita dengan cermat

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru  mengungkapkan hal yang berkaitan dengan klasifikasi/kategori teks hasil observasi dan teks berita
·         Peserta didik dengan atau bantuan guru mengungkapkan hal yang berkaitan dengan kekurangan teks hasil observasi

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks
·         Peserta didik secara kelompok mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks laporan dan teks berita dari segi struktur teks
·          Peserta didik secara kelompok mendiskusikan kekurangan teks hasil laporan observasi dari segi struktur dan kaidah kebahasaan.
·         Peserta didik menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis kelompok lain dari aspek judul, klasifikasi/definisi umum, deskripsi khusus, dan kaidah kebahasaan dengan penuh tanggung jawab
·         Peserta didik merevisi teks hasil observasi kelompok sesuai dengan hasil penelaahaan dengan penuh tanggung jawab
·         Peserta didik menelaah teks hasil observasi yang telah ditulis teman dari aspek judul, klasifikasi/definisi umum, deskripsi khusus, dan kaidah kebahasaan
·         Peserta didik merevisi teks hasil observasi teman sesuai dengan hasil penelaahaan dengan penuh tanggung jawab

Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membandingkan hasil telaah dengan kelompok lain untuk memperkuat konsep tentang teks laporan hasil observasi

Mengomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan hasil penelaahan terhadap teks yang dibuat teman/kelompok untuk perbaikan dengan percaya diri dan bahasa yang santun
·         Peserta didik menjelaskan hasil revisi untuk kelompok atau teman lain  dengan percaya diri dan bahasa yang santun
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas




Tugas
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks hasil observasi dan teks berita dilihat dari struktur teks
·     Tugas kelompok, menentukan  perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks hasil observasi dengan teks deskripsi

Observasi :
-      Menilai kemampuan peserta didik dalam memamahami perbedaan  struktur teks hasil laporan observasi dan teks lain (deskripsi) dalam kegiatan kelompok dan atau  individu
-      Menilai kemampuan Peserta didik dalam menelaah teks hasil laporan observasi
-      Menilai kemampuan Peserta didik dalam merevisi teks hasil laporan observasi
-      Menilai sikap Peserta didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu

Portofolio :
-      Menilai hasil pemahaman peserta didik tentang struktur  teks laporan hasil observasi yang dibandingkan dengan teks lain (teks berita)  dalam bentuk laporan hasil  kerja kelompok dan atau individu
-      Menilai perkembangan menulis Peserta didik melalui tugas merevisi  teks laporan observasi
-      Menilai hasil pemahaman dan kemampuan  peserta didik dalam penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui hasil kerja kelompok dan atau individu pada berbagai tugas menulis



Tes tertulis
-      Menilai  kemampuan peserta didik tentang pemahaman strutur teks laporan observasi
-      Menilai pemahaman peserta didik dalam merevisi teks hasillaporan observasi


















4JP

·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks hasil  observasi dari internet
·  Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks








3.4        Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.4. Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1.   Kekurangan teks laporan hasil observasi
2.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks hasil observasi
·         mengidentifikasi intisari teks mulai dari klasifikasi umum dan deskripsi


Mengamati
·         Peserta didik membaca teks hasil observasi dengan cermat
·         Membaca contoh hasil  identifikasi  kekurangan teks hasil observasi

Menanya
·         Peserta didik dengan atau bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi (struktur dan ciri-ciri bahasa)
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan meringkas teks

Mengeksplorasi
·         Peserta didik membaca teks hasil observasi  dengan struktur  teks yang kurang sesuai melalui pemodelan dengan cermat
·         Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks laporan hasil observasi (struktur dan kaidah kebahasaan) dengan memperhatikan toleransi dalam diskusi.
·         Peserta didik membaca kembali teks laporan hasil observasi dan menyusun ringkasan berdasarkan intisari teks (klasifikasi/definisi umum dan deskripsi) dengan memperhatikan EYD

Mengasosiasi:
·         Peserta didik dapat membandingkan hasil analisis terhadap kekurangan teks hasil laporan observasi untuk memperkuat pemahaman terhadap teks
·         Peserta didik dapat membandingkan cara meringkas dari kelompok atau teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks


Mengomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan hasil diskusi tentang kekurangan teks laporan hasil observasi  yang dibuat teman/kelompok untuk perbaikan dengan percaya diri, kalimat lugas, dan bahasa yang santun.
·         Peserta didik mempresentasikan hasil ringkasan dengan percaya diri,kalimat lugas, dan bahasa yang santun

Tugas
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks hasil observasi

Observasi :
-      Menilai kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi kekurangan   struktur teks hasil laporan observasi dari segi struktur pada kegiatan kelompok dan atau  individu
-      Menilai kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi kekurangan   struktur teks hasil laporan observasi dari segi kebahasaan (kata baku, konjungsi, ejaan) dalam kegiatan kelompok dan individu
-      Menilai kemampuan peserta didik dalam meringkas teks laporan hasil observasi dalam kegiatan kelompok dan atau individu
-      Menilai sikap peserta didik dalam tanggung jawab, toleransi, percaya diri, kecermatan, kesantunan berbahasa dalam kegiatan kelompok dan atau individu

Portofolio :
-      Menilai perkembangan menulis peserta didik melalui tugas meringkas teks
-      Menilai hasil pemahaman dan kemampuan  peserta didik dalam penerapan kaidah kebahasaan (pilihan kata, EYD) melalui hasil kerja kelompok dan atau individutugas meringkas teks

Tes tertulis
-      Menilai  kemampuan peserta didik tentang pemahaman strukur teks laporan observasi
-      Menilai pemahaman peserta didik dalam merevisi teks hasillaporan observasi









4 JP
·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks hasil  observasi dari internet
·  Contoh teks hasil observasi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks




TEKS DESKRIPSI

3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan


4.1        Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan


1.   Pengenalan struktur teks deskripsi
Struktur isi:
· Judul
· Kalimat topik
· Deskripsi rinci/khusus seolah pembaca mendengar/melihat/
merasakan objek yang dideskripsikan

Ciri Bahasa
·         Penggunaan kata sifat penggunaan kata kerja aksi
·          
2.   2. Pemahaman Isi Teks deskripsi
-      Pemahaman kata, istilah dalam teks deskripsi
-      Pemahaman isi teks

Mengamati :
·         Peserta didik mengamati suatu objek (benda mati atau benda hidup) yang ada di sekitar


Menanya
·         Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks deskripdi cara mendeskripsikan sebuah objek

Mengeksplorasi
·         Peserta didik membaca teks deskripsi melalui pemodelan dengan cermat
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil deskripsi
      (pertanyaan literal,     
       inferensial, integratif, dan
       kritis)
·         Peserta didik mendiskusikan  struktur isi teks deskripsi
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri/fitur bahasa teks deskripsi
·         Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca


Mengasosiasikan
·         Peserta didik membandingkan hasil  diskusi tentang struktur teks deskriptif untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik menemukan contoh teks hasil deskripsi  dari berbagai media dan melihat kembali struktur teksnya berdasarkan pemahaman yang diperoleh
·         Peserta didik dapat membuat kalimat yang berbeda  dengan kata atau istilah yang dipelajari

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa teks deskripsi dengan penuh percaya diri
·         Peserta didik menjelaskan peran pemilihan kata/kalimat dalam menyampaikan makna/tujuan
·         Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun
·         Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman



Tugas :

·     Tugas individu, menenmukan contoh teks deskripsi
·     Tugas kelompok, mendiskusikan struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi
·         Tugas individu, menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks deskripsi
·         Tugas kelompok, menemukan makna kata-kata sulit dan istilah dalam teks deskripsi yang dibaca



Tes tertulis,
·         menjawab pertanyaan terkait isi teks deskripsi
·         menjawab pertanyaan terkait struktur teks deskripsi

OBSERVASI
·     Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan



4JP

·  Contoh teks deskripsi dari internet
·  Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks
·  Buku Siswa kls VII, Kemdikbud

3.2        Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

4.2        Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan



1.   Perbedaan teks deskripsi dengan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks deskripsi dengan teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanya

Langkah Menyusun teks deskripsi
·         Memilih objek pengamatan
·         Mengamati objek
·         Menentukan judul
·         Menulis kalimat topik
·         Menyusun deskripsi sesuai dengan kalimat topik secara rinci/khusus seolah pembaca mendengar /melihat/merasakan objek yang


Mengamati
·         Peserta didik membaca teks hasil deskripsi dengan cermat

Menanya
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks deskripsi
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan langkah-langkah menyusun teks deskripsi

Mengeksplorasi
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks hasil deskripsi dan observasi dari struktur isinya
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teksi deskripsi  dan observasi dari  fitur bahasanya
·         Peserta didik memilih objek pengamatan dari lingkungan, media cetak, dan atau media elektronik untuk bahan penulisan deskripsi
·         Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan dari berbagai media untuk membuat tulisan deskripsi
·         Peserta didik menentukan judul tulisan
·         Peserta didik menulis kalimat topik
·         Peserta didik menjabarkan kalimat topik dengan penjabaran deskripsi secara rinci sehingga pembaca merasakan menangkap /merasakan objek yang dideskripsikan


Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil pemahaman tentang struktur dan ciri bahasa deskripsi dengan hasil teman
·         Peserta didik membandingkan hasil tulisan deskripsi dengan teman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks deskripsi

Mengomunikasi
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  tentang persamaan dan perbedaan teks hasil deskripsi  dan observasi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks deskrispsi
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun


Tugas :
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks deskripsi dan hasil observasi  dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·     Tugas kelompok, menemukan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks deskripsi dengan teks hasil observasi

Tes :
·     Tes tertulis, menemukan perbedaan teks deskripsi dan hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

OBSERVASI
·          pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mempresentasikan dan menanggapi presentasi

PORTOFOLIO
Hasil tugas menulis Peserta didik tentang deskrispsi untuk melihat perkembangan menulis Peserta didik



4 JP


·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks deskripsi dari internet
·  Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks

3.3        Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan 

4.3   Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan














































Klasifikasi teks deskripsi:
·         deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan yang muncul, misalnya galak, sedih, gembira)
·         deskripsi eksplanatori (sesuai dengan fakta: tempat, orang, suasana)

Aspek penelahaan teks deskripsi
·         Menelaah judul teks deskripsi
·         Menelaah kalimat topik teks deskripsi
·         Menelaah deskripsi teks deskripsi
·         Menelaah bahasa teks deskripsi: struktur kalimat, ejaan, tanda baca

Merevisi isi dan bahasa teks deskripsi


Mengamati :
·         Peserta didik membaca dua buah teks hasil  deskrispsi (sugesti dan eksplanatori) secara cermat

Menanya
·         Peserta didik dengan atau bantuan guru  mengungkapkan hal yang berkaitan dengan cara pengklasifikasian  teks deskrispsi

Mengeksplorasi
·         Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks deskripsi
·         Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori deskripsi sugesti (berdasarkan sifat/kesan)  dengan memberikan alasan
·         Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori deskripi eksplanatori (berdasarkan fakta/tempat/orang/sua-sana dengan memberikan alasan
Berkelompok dan individu
·         Peserta didik  menelaah teks deskripsi yang telah ditulis kelompok  lain dari aspek judul, kalimat topik, dan cara pendeskrispsian secara cermat
·         Peserta didik menelaah teks deskripsi dari segi pemakaian bahasa (ejaan dan tanda baca)
·         Peserta didik merevisi teks deskripsi sesuai dengan hasil penelaahaan kelompok atau teman lain

Mengasosiasikan
·         Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks deskrispsi dengan hasil teman untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik membandingkan hasil penelaah tentang
·         Peserta didik mengidentifikasi teks deskripsi yang pernah dibaca/didengar dan mengetahui perbedaannya dengan teks lain berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa yang telah dipahami

Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi  tentang teks deskrispsi (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
·         Menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun


Jenis Tagihan:
·     Tugas individu, menentukan manakah teks deskripsi  yang berupa deskripsi sugesti dan eksplanatori
·     Tugas kelompok, menentukan manakah teks deskripsi yang berupa deskripsi sugesti dan ekaplanatori

Bentuk Instrumen:
·     Objektif pilihan ganda dan uraian untuk mengidentifikasi teks deskripsi sugesti dan eksplanatori
·      Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam menanggapi hasil presentasi


4JP

·  Buku teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks deskripsi dari internet
·  Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks
3.4        Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
1.   Kelebihan teks deskripsi dari aspek isi dan bahasanya
2.   Kekurangan teks teks deskripsi dari aspek isi dan bahasanya
3.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca Teks eksposisi
·         mengidentifikasi intisari teks mulai dari thesis, argumen, dan simpulan
Mengamati
·         Peserta didik membaca teks deskripsi dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks hasil deskripsi

Menanya
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks deskripsi (struktur dan kaidah kebahasaan)
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang cara meringkas teks

Mengeksplorasi :
Kelompok dan individu
·         Peserta didik membaca teks deskripsi  (struktur dan kaidah kebahasaannya) kurang sesuai
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks deskripsi dari segi kebahasaan
·         Peserta didik membaca kembali teks deskrispsi
·         Peserta didik membaca kembali teks deskripsi yang telah dibuat
·         Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topik dan pendeskripsian
·         Peserta didik menyusun ringkasan teks deskripsi  dengan memperhatikan pokok-pokok isi

Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membandingkan hasil revisi teks dari segi kaidah kebahasaan untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik membandingkan hasil ringkasan teks untuk memperkuat pemahaman

Mengomunikasikan
·         Peserta didik membacakan hasil revisi teks dengan percaya diri
·         Peserta didik membacakan ringkasan teks deskripsi  yang telah dibuat
·         Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas



TUGAS
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi

Observasi :
·          pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks deskripsi
·         pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam meringkas teks deskripsi

Tes tertulis
Menilai keterampilan  Peserta didik dalam memperbaiki teks observasi dari segi kebahasaan

Portofolio:
Menilai hasil ringkasan peserta didik tentang teks deskrispsi untuk melihat perkembangan menulis Peserta didik

4JP

·  Buku Teks Peserta didik Kls VII
·  Contoh teks deskripsi dari internet
·  Contoh teks deskripsi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks
TEKS EKSPOSISI


3.1       Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan


1. Pengenalan struktur Teks eksposisi
Struktur isi:
·         Judul
·         Tesis/pembukaan
·         Argumen/isi
·         Simpulan/penegasan ulang/penutup

Ciri Bahasa
·         Menggunakan kata yang menunjukkan sikap penulis
·         Menggunakan kata sambung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat

2. Pemahaman kata, istilah dalam teks eksposisi
3. Pemahaman isi teks eksposisi


Mengamati :
·         Peserta didik memperhatikan gambar/tayangan/sajian puisi suatu topik dan bertanya jawab
·         Membaca teks eksposisi Peserta didik melalui pemodelan dengan cermat

Menanya
·          Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan tentang teks eksposisi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang kata atau istilah  dalam teks eksposisi untuk memperjelas pemahaman


Mengeksplorasi
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksposisi
      (pertanyaan literal,     
       inferensial, integratif, dan
       kritis)
·         Mendiskusikan  struktur isi teks eksposisi (judul, tesis/pembukaan, argument/isi, simpulan/penegasan ulang/penutup)
·         Mendiskusikan  ciri bahasa teks eksposisi (kata/kalimat yang menunjukkan sikap penulis, pemakaian kata sambung untuk menunjukkan hubungan sebab akibat)

Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi dengan teman tentang struktur teks eksposisi

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik menjelaskan  teks eksposisi dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
·         Peserta didik menjelaskan isi teks eksposisi


Tugas :
·     Tugas individu, menemukan contoh teks eksposisi
·     Tugas kelompok, menemukan  struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi

Tes tertulis :
 menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksposisi


Unjuk kerja,:
·     mempresentasikan hasil diskusi

Observasi :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mempresesntasikan hasil pemahaman isiteks eksposisi



4JP

·  Buku Teks Peserta didik
Kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksposisi dari internet
·  Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks

3.2        Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

4.2        Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan



1.   Perbedaan teks eksposisi dan deskripsi dari segi struktur isi

2.   Langkah Menyusun Teks eksposisi
·         Menentukan tesis/pembukaan
·         Menyusun argumen/isi
·         Menyusun simpulan/penegasan ulang/penutup


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks eksposisi dan teks deskrispsi

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau bantuan guru mempertanyakan tentang struktur  teks eksposisi
·         Peserta didik denganatau tanpa bantuan guru menanya tentang langkah menyusun teks eksposisi

Mengeksplorasi :
Kelompok dan indivdu
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksposisi dan deskrispsi dari struktur isi
·         Peserta didik mendiskusikan
·         Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks eksposisi
·         Peserta didik menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
·         Peserta didik menentukan tesis
·         Peserta didik menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
·         Peserta didik membuat kesimpulan/penutup tulisan


Mengasosiasi :
·         Peserta didik membandingkan hasil penyusunan teks eksposisi dengan teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks

Mengomunikasi :
·         Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks eskposisi  dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun


Tugas :
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan persuasif dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·     Tugas kelompok, mendiskusikan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksposisi argumentatif dan persuasif 

Tes tertulis :
·     Tes tertulis, menemukan perbedaan teks eksposisi argumentatif dan persuasigf   dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Observasi :
·     pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan tanggung  dalam kegiatan individu dan kelompok
·     pengamatan kepada Peserta didik  untuk menilai kecermatan dan tanggung jawab dalam menyususn teks eksposisi

Portofolio:

Menilai perkembangan menulis peserta didik untuk teks eksposisi


6 JP


·  Buku Teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
·  Buku Teks Peserta didik Kls 7, Kemdikbud
·  Buku referensi tentang genre teks

3.3        Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan 

4.3        Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


1.   Klasifikasi teks eksposisi
-      Eksposisi argumentatif
-      Eksposisi persuasif

2.   Aspek penelahaan Teks eksposisi
·         Menelaah judul teks eksposisi
·         Menelaah tesis teks eksposisi
·         Menelaah argumen pendukung thesis
·         Menelaah bahasa teks eksposisi: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.   Merevisi isi dan bahasa teks eksposisi

Mengamati :
·         Peserta didik membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan eksposisi persuasif  secara cermat

Menanya
·         Peserta didik dengan atau bantuan guru endorong menanya hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks eksposisi

Mengeksplorasi
·         Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks ekposisi
·         Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksposisi argumentatif  dan peruasif disertai alasan dan data
·         Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah dituls  kelompok/teman dari segi tesis dan merevisinya  bila kurang sesuai
·         Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman  lain  dari segi argumen pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
·         Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat


Mengasosiasikan :
·         Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari hasil diskusi untuk memperkuat pemahaman
·         Peserta didik membandingkan hasil penelahaan teks eksposisi dari segi bahasa untuk memperkuat pemahaman

Mengomunikasikan :
·         Peserta didik menjelaskan  klasifikasi teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari segi struktur  dan ciri-ciri bahasa
·         Peserta didik mempresentasikan hasil penelahaan teks eksposisi dengan kalimat lugas dan percaya diri
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman dengan bahasa yang santun


Tugas :
·     Tugas kelompok,  menentukan klasifikasi teks
·     Tugs individu, menelaah teks dan merevisi teks


Tes tertulis:
-      Merevisi teks dari segi kebahasaan

Observasi:
·      Format pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri dan kesantunan dalam menjelaskan pemahaman

Portoflio :
Teks eksposisi hasil revisi  peserta didik


4 JP

·  Buku Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksposisi dari internet
·  Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
Buku referensi tentang genre teks

3.4                Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.4. Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

1.   Kekurangan teks teks eksposisi dari aspek isi dan bahasanya

2.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca Teks eksposisi
  • mengidentifikasi intisari teks mulai dari tesis/pembukaan, argumen/isi, dan simpulan/penegasan ulang/penutup


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks eksposisi dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kekurangan teks eksposisi

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru  menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengidentifikasian kekurangan  sebuah teks eksposisi yang dimodelkan
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal yang berkaitan tentang cara menyusun ringkasan

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik mendiskusikan kekurangan sebuah teks eksposisi dari segi struktur isi
·         Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks eksposisi dari segi kaidah bahasa
·         Peserta didik Peserta didik membaca kembali teks eksposisi yang telah dibuat dalam kelompok
·         Peserta didik mengidentifikasi intisari teks mulai dari  kalimat topic dan pendeskripsian
·         Peserta didik menyusun ringkasan teks eksposisi dengan memperhatikan pokok-pokok isi


Mengasosiasikan
·         Peserta didik membandingkan hasil ringkasan antarteman untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan  tentang cara meringkas

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi  tentang teks laporan (struktur dan ciri-ciri bahasa) dalam diskusi kelas dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang santun
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok secara jujur dan santun


Tugas :
·     Tugas individu, mengidentifikasi kekurangan teks eksposisi
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi kekurangan teks eksposisi
·         Tugas individu, meringkas teks eksposisi
·         Tugas kelompok, meringkas teks eksposisi

Tes tertulis :
Merevisi teks dari segi kebahasaan


Observasi :
·     pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri,  kerja sama, tanggung jawab dalam mengidentifikasi kekurangan teks eksposisi dalam kelompok
·     pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri , tanggung jawab dalam meringkas teks
·     pengamatan sikap untuk menilai kesantunan dalam menanggapi presentasi teman/kelompok lain


Portofolio :
Menilia hasil ringkasan peserta didik untuk teks eksposisi untuk melihat perkembangan menulis


4 JP

·  Buku teks Peserta didik KLs VII, Kemdikbud
·  contoh teks eksposisi dari internet
·  Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks

TEKS EKSPLANASI

3.1   Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan


4.1.      Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan



1.   Pengenalan struktur teks eksplanasi
Struktur isi:
(1) judul, (2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa  atau suatu fenomena, (3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan (4) simpulan.

Ciri Bahasa
·         Memuat istilah
·         Memuat kata sambung yang menunjukkan adanya suatu tahapan
·         Struktur kalimatnya menggunakan kata sambung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat
·         Menjelaskan kondisi  (menjelaskan fenomena bukan menceritakan masa lalu)
2.   Pemahaman kata, istilah dalam teks eksplanasi

3.   Pemahaman isi teks eksplanasi

Mengamati :
·      Memahami alam sekitar/lingkungan melalui gambar, tayangan, lagu, puisi, dll.
·         Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Menanya
·         Peserta didik dengn atau tanpa bantuan guru menanya  tentang teks eksplanasi
( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·         Peserta didik dengan atau tanpa menanya tentang  kata  atau istilah dalam teks eksplanasi
·         Peserta didik dengan atau tanpa enanya hal yang berkaitan dengan isi tek eksplanasi


Mengeksplorasikan
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
·         Mendiskusikan  struktur isi teks eksplanasi
(1) judul,
(2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa  atau suatu fenomena,
 (3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan
(4) simpulan
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata sambung yang menunjukkan sebab akibat)
·         Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi 
(pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)

Mengasosiasikan :

·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan  dalam memahami isi teks eksplanasi

Mengomunikasikan
·         Menjelaskan teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa yang runtut
·         Menjelaskan isi teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut

TUGAS:

·     Tugas individu, menenmukan contoh teks eksplanasi
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi  struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi
·         Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks eksplanasi
·         Tugas kelompok, menemukan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
·      
Tes tertulis :
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksplanasi
·     Uraian bebas dan pilihan ganda, mengidentiifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dan menjawab /mengajukan pertanyaan tentang isi teks eksplanasi


Unjuk  kerja:
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi

Observasi :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam presentasi hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi



4 JP


·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksplanasi dari internet
·  Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
·         Buku referensi tentang genre teks

3.2   Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan


4.2        Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan


1.   Perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks eksplanasi dengan teks eksposisi dilihat dari fitur bahasanya

  1. Langkah Menyusun teks eksplanasi
·         memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan.
·         Menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (proses fotosintesis).
·         Menuliskan rangkaian tahapan terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
·         Menuliskan simpulan

Mengamati
·         Membaca teks hasil observasi dengan cermat
·         Membaca contoh teks deskripsi

Menanya
·         mendorong Peserta didik mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi

Mengeksplorasi
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks eksplanasi dan eksposisi dari struktur isinya
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksplanasi  dan eksposisi dari  fitur bahasanya
·         Peserta didik memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan
·         Peserta didik menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
·         Peserta didik menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
·         Peserta didik menuliskan simpulan

Mengasosiasi
·         Membandingkan hasil diskusi tentang struktur  teks yang eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks eksplanasi

Mengomunikasi  
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang  struktur teks eksplanasi
·         Mempresentasikan hasil menyusun teks eksplanasi dengan bahasa yang lugas




TUGAS
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisii dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi dengan teks eksposisi

Tes tertulis
Menjawab pertannyaan tentang perbedaan teks eksplanasi dan eksposisi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya

Observasi :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kelugasan kalimat, dan kecermatan dalam berdiskusi
Pengamatan sikap untuk menilai keja sama, tanggung jawab. Kecermatan dalam menyusun teks eksplanasi secara individu dan kelompok

Portofolio :
Hasil tulisan peserta didik tentang teks eksplanasi untuk menilai perkembangan menulis


4JP


·  Buku Teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksplanasi dari internet
·  Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks

3.3      Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan 

4.3        Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


  1. Klasifikasi teks eksplanasi berdasarkan struktur isi
2.   Aspek penelahaan teks eksplanasi
·         Menelaah judul teks eksplanasi
·         Menelaah klasifikasi umum teks eksplanasi
·         Menelaah rangkaian tahapan/proses teks eksplanasi
·         Menelaah bahasa teks eksplanasi:diksi,  struktur kalimat, paragraf
  1. Merevisi isi dan bahasa teks eksplanasi

Mengamati
·         Peserta didik membaca dua buah teks eksplanasi dan teks eksposisi secara cermat

Menanya
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru  menanya hal- hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks  eksplanasi  (struktur dan ciri bahasa)
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara menelaah dan merevisi teks eksplanasi

Mengeksplorasi :
·         Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi teks eksplanasi
·         Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksplanasi dan teks eksposisi dengan memberikan kutipan kalimat yang mendukung
·         Peserta didik menelaah teks eksplanasi yang telah ditulis teman/kelompok lain dari aspek judul, pernyataan umum,  rangkaian tahapan/proses, dan simpulan
·         Peserta didik merevisi teks eksplanasi sesuai degan hasil penelaahaan


Mengasosiasikan :
·         Membandingkan ntang hasil diskusi t teks eksplanasi berdasarkan struktur dan ciri-ciri bahasa untuk memperkuat pemahaman

Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi  teks eksplanasi  dari segi struktur dan ciri bahasa dengan lugas
·         Membacakan hasil penelaahan di depan teman dengan kalimat lugas



Tugas
·     Tugas individu, menenmukan contoh teks eksplanasi
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi  struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi
·         Tugas individu, menelaah teks eksplanasi yang ditulis teman
·         Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks eksplanasi yang ditulis kelompok lain


Tes tertulis
menjawab/mengajukan pertanyaan terkait isi teks eksplanasi


Unjuk  kerja :
Mempresentasikan bentuk teks eksplanasi

Observasi :
·         pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
·         pengamatan sikap untuk menilai kerja keras, tanggung jawab, kecermatan dalam menelaah dan merevisi teks eksplanasi






4JP


·  Buku Teks Peserta didik Kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksplanasi dari internet
·  Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks

3.4         Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan


4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

1.   Kelebihan teks eksplanasi dari aspek isi dan bahasanya
2.   Kekurangan teks teks eksplanasi dari aspek isi dan bahasanya

3.   Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks eksplanasi
  • mengidentifikasi intisari teks mulai dari pernyataan umum, rangkaian tahapan/proses, dan simpulan

Mengamati
·         Peserta didik membaca teks eksplanasi dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks eksplanasi

Menanya
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara mengidentifikasi kekurangan teks eksplanasi (struktur dan ciri-ciri bahasa)
·         Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara meringkas teks eksplanasi


Mengeksplorasikan
·         Membaca teks hasil observasi  (yang struktur dan ciri-ciri bahasanya) kurang sesuai melalui pemodelan
·         Mendiskusikan kelebihan teks eksplanasi yang ditemukan
·         Mendiskusikan kekurangan teks eksplanasi  yang ditemukan  dari segi kebahasaan
·         Membaca kembali teks eksplanasi yang telah dibuat dalam kelompok
·         Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
·         Mengidentifikasi intisari teks mulai dari  pernyataan umum, ragkaian tahapan/proses, dan simpulan
·         Menyusun ringkasan teks eksplanasi memperhatikan ide pokok dan menggunakan kalimat efektif


Mengasosiasikan
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang hasil penelaahan kelebihan dan kekurangan teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks
·         Peserta didik membandingkan hasil ringkasan teman untuk memperoleh cara atau langkah meringkas yang efektif

Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang  kelebihan/kekurangan teks observasi (dari segi struktur dan cirri bahasa) dengan penuh rasa percaya diri
·         Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun dan lugas









Tugas
·     Tugas individu, mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks eksplanasi
·     Tugas kelompok, menentukan kelebihan/kekurangan teks eksplanasi


Tes
·     Uji petik kerja, mengidentifikasi kelebihan/kekurang-an teks eksplanasi

Observasi :
·     Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kejujuran dalam identifikasi kelebihan/kekurangan teks eksplanasi
·     Pengamatan sikap untuk menilai kecermatan, kerja keras, tanggung jawab dalam meringkas teks eksplanasi

Portofolio:
Hasil ringkasan Peserta didik tentang eksplanasi


4 JP


·  Buku Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks eksplanasi dari internet
·  Contoh teks eksplanasi dari media massa cetak
·  Buku referensi tentang genre teks
TEKS CERITA PENDEK (CERPEN)

3.1        Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan


4.1        Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan


1.   Pengenalan struktur teks cerpen
Struktur isi:
(1) judul, (2) perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa yang dialami pelaku, dan di mana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi, konflik muncul dan para pelaku mulai bereaksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat (4) klimaks, konflik mencapai puncaknya,  (5) penyelesaian, konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya, dan (6) amanat/pesan moral (tersurat/tersirat).

Ciri Bahasa
  • Memuat kata-kata sifat untuk mendeskripsikan pelaku, penampilan fisik, atau kepribadiannya.
  • Memuat kata-kata keterangan untuk menggambarkan latar (latar waktu, tempat,
dan suasana)
  • Memuat kata kerja yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang dialami para
pelaku

3.   2. Pemahaman isi teks cerpen

3. Pemahaman kata, istilah dalam teks cerpen


Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks cerpen  dengan cermat

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks cerpen  ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan isi cerpen


Mengeksplorasikan :
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks cerpen
·         Peserta didik mendiskusikan  struktur isi teks cerpen  (judul, tokoh dan penokohan, latar, konflik, klimaks, leraian, amanat)
·         Peserta didik mendiskusikan  ciri bahasa teks  cerpen
·         Peserta didik mendiskusikan makna kalimat  atau kata yang diucapkan  tokoh dalam teks cerpen yang dibaca
·         Peserta didik membuat  kalimat lain yang maknanya sama
·         Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan terkait dengan isi teks cerpen (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)


Mengasosiasikan :
·         Peserta didik mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan nyata
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks cerpen untuk memperkuat pemahaman

Mengomunikasikan
·         Mempresentasikan  hasil diskusi tentang struktur teks cerpen dengan percaya diri dan bahasa yang lugas


TUGAS
·     Tugas individu, menenmukan contoh teks cerpen
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen
·         Tugas individu, menjawab pertanyaan isi teks cerpen
·         Tugas kelompok, mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks cerpen yang dibaca

TES :
·     Tes tertulis, menjawab pertanyaan terkait isi teks cerpen


Unjuk kerja:
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.

OBSERVASI :
Pengamatan sikap untuk menilai rasa percaya diri, kesantunan, dan kecermatan dalam mengerjakan tugas mendiskusikan struktur cerpen



·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks cerpen dari internet
·  Contoh teks cerpen dari media massa cetak
·  Buku kumpulan cerpen
·  Buku referensi tentang genre teks

3.2        Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan

4.1        Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan


1.   Perbedaan teks cerpen dengan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi
2.   Perbedaan teks cerpen dengan teks hasil observasi dilihat dari fitur bahasanya

3.   Langkah Menyusun teks cerpen
·         Menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berbegai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·         Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
·         Menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwanhya)
·         Menghidupkan tokoh dengan dialog
·         Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·         Menulis penyelesaian

Mengamati :
·         Peserta didik membaca teks cerpen dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh teks hasil observasi

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau bantuan guru menanya hal-hal yang berkaitan dengan  cara membedakan teks cerpen dengan teks lain
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya cara membuat cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri/orang lain dari lagu atau cerita yang didengar


Mengesplorasikan :
·         Peserta didik mendiskusikan persamaan teks cerpen dan hasil observasi (atau teks lainnya)  dari struktur isnya
·         Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks cerpen dan hasil observasi  (atau teks lainnya) dari  fitur bahasanya
·         Mendengarkan lagu  tentang kisah seseorang yang membahagiakan, menyedihkan, mengharukan, membahagiakan, dll.
Mis : lagu Chrisye, Ebiet, grup band remaja, dll dan bertanya jawab tentang isi lagu
·         Peserta didik menemukan bahan untuk menulis cerpen dari berbegai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·         Peserta didik mengembangkan garis besar kerangka/alur cerpen
·         Peserta didik menulis pembuka cerpen (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwanhya)
·         Peserta didik menghidupkan tokoh dengan dialog
·         Peserta didik membuat klimaks cerita
·         Peserta didik mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·         Peserta didik menulis penyelesaian cerpen



Mengasosiasikan
·         Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur cerpen dena teks lain untuk memperkuat pemahaman tentang teks
·         Peserta didik membandingkan teks cerpen yang dihasilkan untuk memperkuat keterampilan membuat teks cerpen

Mengomunikasikan :
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks cerpen
·         Mempresentasikan cerpen yang telah dibuat  dengan lafal dan intonasi serta penghayatan yang tepat
·         Menanggapi masukan teman  yang berkaitan dengan pengembangan cerpen




TUGAS
·     Tugas individu, menemukan perbedaan teks cerpen dan teks hasil observasi  dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·     Tugas kelompok, mengidentifikasi perbedaan struktur isi dan ciri bahasa teks cerpen dengan teks hasil observasi
·     Tugas kelompok menyusun cerpen
·         Tugas individu, menyusun teks cerpen



Tes  tertulis
·     menemukan perbedaan teks cerpen dan teks hasil observasi dilihat dari struktur isi dan fitur bahasanya
·     menyusun teks cerpen berdasarkan struktur

OBSERVASI :
·     Pengamatan sikap untuk menilai kerja sama, kecermatan, dan tanggung jawab dalam mencari perbadaan struktur teks cerpen dan teks hasil
·     Pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks cerpen

Portofolio:

Hasil karya Peserta didik dalm bentuk teks cerpen untuk dilihat perkembangan menulisnya


4 JP


·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks cerpen dari internet
·  Contoh teks cerpen dari media massa cetak
·  Buku kumpulan cerpen
·  Buku referen-si tentang genre teks
3.3  Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan 


4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,  dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


1. Klasifikasi teks cerpen berdasarkan tema (sosial, budaya, agama, dll)


2. Aspek penelahaan teks cerpen
·         Menelaah judul teks cerpen
·         Menelaah pembuka
·         Menelaah penggambaran tokoh dan perwatakannya
·         Menelaah penggambaran latar teks cerpen
·         Menealaah amanat/pesan/tema teks cerpen
·         Menelaah bahasa teks cerpen: struktur kalimat, ejaan, tanda baca
3.   Merevisi isi dan bahasa teks cerpen

Mengamati :

·         Membaca teks cerpen dengan berbagai tema yang sesuai dengan perkembangan Peserta didik

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya cara menelaah dan merevisi  teks cerpen
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang cara menelaah teks cerpen

Mengeksplorasikan :
·         Peserta didik menelaah teks cerpen yang telah ditulis kelompok lain dari aspek judul, alur, tokoh dan perwatakannya, latar, tema/amanat/pesan secara jujur
·         Peserta didik merevisi teks cerpen dari aspek bahasa (EYD)

       Mengomunikasikan :
·         Membacakan hasil telaah cerpen dari segi judul,tokoh dan perwatakannya, latar, amanat, dan tema dengan percaya diri dan menggunakan Bahasa Indonesia yang tepat
·          Membacakan hasil revisi kepada kelompok lain dengan  bahasa yang lugas      


TUGAS
·         Tugas kelompok, membaca dan menentukan klasifikasi cerpen berdasarkan tema yang terkanduuung di dalam cerpen
·         Tugas individu, membaca dan menentukan klasifikasi cerpen berdasarkan tema
·         Tugas individu, menelaah teks cerpen yang ditulis teman
·         Tugas kelompok, menelaah dan merevisi  teks cerpen yang ditulis kelompok lain

TES TERTULIS
·     Menelaah dan merevisi  teks cerpen yang ditulis teman/kelompok lain

OBSERVASI
·     Pengamatan sikap untuk menilai kerja sama, tanggung jawab, kecermatan dalam kerja kelompok dan individu untuk menentukan klasifikasi cerpen dari segi tema
·     Pengamatan sikap untuk menilai kejujuran dalam menelaah teks cerpen milik teman/kelompok lain
·     Pengamatan sikap untuk menilai penggunaan bahasa dan kesantuanan bahasa saat presentasi hasil revisi teks

Portofolio
Hasil revisi  teks cerpen untuk melihat perkembangan menulis Peserta didik


4 JP


·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks cerpen dari internet
·  Contoh teks cerpen dari media massa cetak
·  Buku kumpulan cerpen
·  Buku referensi tentang genre teks

3.4        Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan

1. Identifikasi kelebihan/kekurangan teks cerpen dari pengembangan salah satu unsur pembangun cerpen dn dari segi bahasa
2. Langkah menyusun ringkasan:
·         membaca teks cerpen
·         mengidentifikasi intisari teks mulai dari tahap perkenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.

Mengamati :
·         Peserta didik membaca atau mendengarkan  teks  cerpen dengan cermat

Menanya :
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru  menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan cara menilai kelebihan dan kekurangan sebuah cerpen
·         Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan tentang langkah menyusun ringkasan cerpen

Menegeksplorasikan :
·         Peserta didik membaca contoh hasil  identifikasi  kelebihan/kekurangan teks cerpen dari salah satu unsur pembangun cerpen dan dari segi bahasa
·         Peserta didik membaca teks cerpen  teks cerpen yang dipilih Peserta didik
·         Peserta didik mendiskusikan kelebihan/kekurangan teks berdasarkan salah satu unsur pembangun cerpen dan dari segi bahasa yang ditemukan  dengan alasan dengan data/kutipan yang mendukung
·         Peserta didik mendiskusikan langkah meringkas cerpen
·         Peserta didik meringkas cerpen dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan EYD

Mengomunikasikan:
·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang kelebihan ayau kekurangan  teks cerpen dari salah satu unsur pembangun cerpen dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
·         Peserta didik mempresentasikan hasil   ringkasan cerpen dengan percaya diri  dan menggunakan bahasa yang lugas.
·         Peserta didik menyampaikan tanggapan atau menanggapi saran teman untuk perbaikan hasil kerja dengan santun





TUGAS
·     Tugas  kelompok dan individu : mengidentifikasi kelebihan/kekurangan teks cerpen
·     Tugas kelompok dan individu : meringkas teks cerpen

TES TERTULIS
Meringkas teks cerpen


OBSERVASI :
Pengamatan sikap dalam menilai kerja sama, tanggung jawab, toleransi Peserta didik dalam diskusi tentang sanalisis kelebihan atau kekurangan  teks cerpen dari salah satu unsur pembangun cerpen dan dari segi bahasa

Pengamatan sikap dalam menilai percaya diri, kecermatan, kesantunan dalam presentasi menyajikan ringkasan



 4 JP


·  Buku Teks Peserta didik kls VII, Kemdikbud
·  Contoh teks cerpen dari internet
·  Contoh teks cerpen dari media massa cetak
·  Buku kumpulan cerpen
·  Buku referensi tentang genre teks











Tidak ada komentar:

Posting Komentar